Semua orang sudah tahu bahwa makanan siap saji dan cepat saji yang dikategorikan sebagai junk food merupakan makanan yang sudah terbukti dapat merusak kesehatan tubuh manusia, namun pada kenyataannya makanan seperti itu makin laku dijual.bagaimana-caranya-agar-tidak-mudah-tergoda-oleh-makanan-cepat-saji-yang-tidak-sehat-junk-food

Semakin hari semakin banyak bermunculan penjual makanan seperti ayam goreng kriuk, aneka gorengan kriuk yang berminyak dan makanan olahan lain yang tidak jelas dan tidak kita ketahui campuran bahan makanannya.

Memilih untuk hidup sehat atau tidak itu bukan cuma soal gaya hidup, bukan juga karena faktor lingkungan sekitar tapi juga soal informasi yang didapat dan kerelaan untuk berubah.

Kemauan untuk hidup sehat akan mengarahkan seseorang untuk mencari informasi mengenai seperti apa makanan sehat itu dan mulai untuk tidak mengkonsumsi makana yang tidak sehat seperti junk food.

Berikut ini adalah informasi penting tentang bagaimana cara sederhana untuk menghindari kecanduan terhadap makanan junkfood.

1. Usahakan untuk sebisa mungkin memasak sendiri makanan kita

Memasak sendiri makanan akan membuat kita sadar bahwa makanan yang kita masak berbeda dengan makanan cepat saji atau makanan lain yang dijual.

Bahwa makanan yang kita masak rasanya mungkin tidak seenak yang dijual tapi bumbu yang kita masukan dalam makanan kita adalah bumbu-bumbu pilihan kita sendiri yang tentunya kita tahu bahan makanan itu sehat atau tidak.

Ketika mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food maka kita tidak pernah tahu kombinasi bumbu seperti apa yang dimasukan ke dalam makanan itu, bumbu yang digunakan hanya untuk memberikan cita rasa yang membuat orang akan ketagihan untuk terus membeli.

Saya sering memasak sendiri di rumah dan tidak pernah sedikit pun terpikirkan untuk menggunakan penyedap rasa buatan pabrik, semua bumbu menggunakan bahan alami.

Ketika sekali-sekali mencicipi makanan cepat saji, terasa sekali perbedaan ramuan bumbu yang terkandung dalam makanan tersebut, ada perbedaan yang sangat mencolok dan menurut saya itu adalah bumbu buatan yang dibuat untuk memberikan sensasi rasa lezat dan membuat ketagihan.

Memasak makanan sendiri dengan bumbu dan bahan makanan yang sehat adalah cara yang paling efektif untuk menghindari dari keinginan untuk mengkonsumsi makanan cepat saji. Kita akan tersadar bahwa ada yang aneh dengan makanan junkfood dan itu tidak baik bagi kesehatan.

2. Makanan cepat saji itu cuma enak di mulut saja.

Tanamkan dalam pikiran kita selalu bahwa makanan cepat saji yang tidak ada kombinasi bahan makanan selain tepung dan daging yang digoreng dangan banyak bumbu buatan pabrik di dalamnya adalah jenis makanan yang rendah gizi dan cuma enak di mulut tapi tidak enak di perut, susah dicerna, banyak mengandung lemak jenuh dan membuat kita susah untuk buang air besar.

Bandingkan dengan makanan yang bisa kita siapkan sendiri yang lengkap kombinasi antara sat karbohidrat, kaya serat alami, vitamin dan protein; kombinasi zat gizi seperti ini rasanya tidak bakal kita temui dalam makanan cepat saji, tetapi harus kita sediakan sendiri.

3. Biar repot sekarang asal jangan repot di kemudian hari

Mengkonsumsi makanan sehat adalah tabungan bagi hari esok kita, jika menabung zat yang menyehatkan bagi tubuh maka nanti akan memberikan kita tubuh yang sehat juga dikemudian hari.

Namun jika menabung zat berbahaya dalam tubuh maka suatu saat penyakit yang akan kita dapatkan, penyakit itu biasanya menyerang secara bertahap dan perlahan menggerogoti tubuh kita tanpa kita sadar, ketika sadar tubuh kita sudah begitu lemah untuk melawan penyakit itu.

Saya pernah diceritakan teman bahwa penyakit yang meyerang organ bagian dalam tubuh itu sangat menyiksa, ibarat rasa gatal yang timbul tapi kita tidak mampu untuk menggaruk atau menghilangkan rasa gatal tersebut.

Sungguh sangat menyiksa baik fisik maupun mental pikiran si penderita penyakit.

4. Makanan cepat saji harganya termasuk mahal

Dengan kombinasi bahan makanan yang sedikit maka harga makanan cepat saji terbilang mahal. Coba anda bandingkan dengan membeli bahan makanan sendiri dengan membeli makanan jadi. Yakin, 100 persen harga makanan yang dibeli harganya lebih mahal.

Sudah pasti mengkonsumsi makanan cepat saji itu dua kali ruginya, rugi karena tidak sehat dan rugi karena harganya yang mahal.

5. Pola hidup tidak sehat itu cuma luarnya saja yang keren dalamnya biasa-biasa saja, bahkan kosong

Salah satu pola hidup tidak sehat itu adalah seringnya mengkonsumsi makanan junkfood. Memang kalau mengikuti gaya hidup modern semuanya terasa praktis dan terlihat keren, tapi ternyata tidak demikian kenyataannya.

Saya selalu membuktikan apa yang selalu dihebohkan orang tentang sebuah makanan yang mereka beli dan santap pada sebuah restoran dengan antrian yang sangat panjang, mereka selalu mengatakan bahwa makanannya enak dan sehat.

Setelah membeli makanan yang sama dan mencicipinya ternyata rata-rata makanan yang dihebohkan itu rasanya biasa-biasa saja, mengandung banyak penyedap rasa buatan pabrik, dan terasa nikmatnya hanya jika disantap di lokasi restonya langsung. Jika dibawa pergi dan dimakan di tempat lain rasanya biasa-biasa saja.

Saya pikir kalau niat dan membiasakan diri mencoba maka kita pun bisa memasak makanan yang enak dan sehat tanpa penyedap rasa atau sat berbahaya lainnya.

6. Uang tidak bisa menyelamatkan organ tubuh yang rusak.

Butuh uang banyak untuk melakukan transplantasi hati, butuh uang yang banyak untuk operasi jantung tapi jika kondisi organ sudah tidak bisa diselamatkan lagi maka tidak ada gunanya uang anda.

Rekan saya, seorang pemilik sebuah perusahan, punya uang banyak tetapi memilih menjalani hidup sebagai vegetarian dengan mengkonsumsi makanan yang sama sekali tidak menggugah selera, namun ia dengan konsisten menjalani pola makan sehat itu dengan riang gembira.

Tidak ada yang lebih berharga daripada kesehatan badan tubuh kita.
Tidak ada seorang pun yang sehat di hari tuanya dan jarang terkena penyakit tanpa secara konsisten sedari mudanya menjaga kesehatan dengan menghindari makanan dan minuman yang tidak sehat.