Susah benar mencari tulisan atau artikel berisikan penjelasan tentang bagaimana membuat kesenangan atau hobi menjadi sesuatu yang benar-benar dapat memberikan pemasukan berupa uang.
Setelah sekian lama mencari akhirnya ketemu juga tips dan trik mengelola hobi sampai dapat menghasilkan uang.

Berikut ini adalah penjelasan dan rangkuman dari saya tentang seperti apa mengubah hobi menjadi uang:

1.    Cara mengenali hobi anda

Sebelum mengembangkan hobi maka anda mesti tahu dulu apa saja kegiatan yang menjadi hobi anda, kalau tidak tahu maka  yang ada malah salah jalan, buang-buang waktu dan sudah malas untuk mencari atau memulai usaha lagi.

Ini adalah ciri kalau apa yang kita kerjakan atau kita buat merupakan hobi kita:

–    Hobi itu bukan sekedar ikut-ikutan
–    Hobi itu kegiatan yang kita enjoy mengerjakannya
–    Hobi itu kegiatan atau sesuatu hal yang kita suka dari dulu atau sudah lama
–    Hobi itu kegiatan atau sesuatu hal yang kita mau lakukan tanpa harus dibayar
–    Hobi itu kegiatan atau sesuatu hal yang kita mau lakukan walau harus keluar uang dan waktu
–    Hobi itu kegiatan atau sesuatu hal yang kita mau lakukan walau dalam keadaan susah
–    Hobi itu kegiatan atau sesuatu hal yang kata hati (bukan otak) adalah hobi Anda

Setelah ketemu hobi anda maka jangan khawatir meluangkan waktu beberapa bulan untuk menemukan dan mencoba, merasakan, dan menggali hobi Anda ini.

2.     Pahami jenis-jenis produk barang dan Jasa yang ada hubungannya dengan hobi kita tersebut

Misalnya, kalau kita suka masak maka tidak terpaku untuk menjadi seorang koki/chef, atau pengusaha katering. Anda bisa bikin sekolah masak, Anda bisa bikin buku resep, Anda bisa bikin kafe, Anda bisa kerja sebagai host di acara kuliner, Anda bisa kerja sebagai asisten chef di hotel, Anda bisa jadi konsultan makanan untuk kafe pemula, dan banyak kemungkinan lainnya.

Bila Anda masih bekerja di kantor, tanyakan pada diri Anda, bagaimana Anda bisa menghasilkan uang dari hobi Anda tanpa harus resign dari kantor Anda? Varian profesi apa yang bisa Anda lakukan sambil bekerja? Dan Anda akan menemukan jawabannya.

Setiap hobi punya potensi yang sangat LUAS dalam penerapannya!

3.    Praktikkan Langsung Hobi Anda Secara Profesional

Kerena kalau kita tidak mencoba langsung maka kita tidak akan pernah tahu. Jangan terlalu sering berteori tentang apa yang kita suka dan apa yang tidak kita suka. Apa yang kita bisa dan apa yang kita tidak bisa. Serta apa yang kita mau dan apa yang kita tidak mau,  dan akhirnya seringkali tidak pernah sama sekali mencobanya sendiri.

Kita itu biasanya suka mengingkari atau membenarkan sikap malas kita dengan kata-kata seperti ini:

“Enggak bisa gue kayaknya bro”
“Emang udah dicoba?”
“Belum sih. Tapi kebayang sama gue kayaknya ga bisa”

Tanpa terlalu banyak khawatir soal bisa atau tidak, lakukan dan praktikkan nyata hobi Anda, secara professional. Sok yakin saja! Bikin blog hobi Anda di weekend, bikin jasa sesuai skill Anda, sepulang jam kerja, bikin draft novel Anda, dan ajak meeting editor untuk menjajaki kemungkinan menerbitkan tulisan Anda.

4.    Kenali Apa yang Dibutuhkan Peminat dari Hobi kita itu

Hobi kita itu pastinya juga akan juga disukai atau diminati oleh orang lain, bahkan menjadi kebutuhan bagi mereka, untuk itu kita mesti mengambil peran untuk aktif menjadi semacam pemenuh kebutuhan mereka atau orang lain.
Kenali pasar sumber uang hobi Anda itu!

Hobi otomotif tidak berarti harus menghabiskan uang beli onderdil dan aksesori mobil. Pelajari apa yang Anda selalu inginkan dan cari dalam melakukan hobi Anda, dan kenali apa yang dicari Anda sebagai hobbyist (dan peminat hobi lainnya dalam bidang itu), dan jadilah supplier hal itu! Jadilah supplier aksesori dan onderdil mobil!

Hobi Anda dalam memancing menghabiskan uang untuk beli umpan? Jadilah produsen umpan!
Hobi Anda dalam film menghabiskan uang untuk nonton? Jadilah reviewer yang dibayar untuk menonton atau menulis blog tentang film-film yang sudah anda tonton.

Tetapkan pasar dari kebutuhan hobi Anda, dan siapkan diri Anda untuk pasar itu!

5.    Lakukan analisa, sesuaikan dan perbaiki sambil berjalan

Langkah kelima adalah langkah terpenting yang mungkin akan berlangsung selamanya.
Setelah mulai jalan, sebagaimana membangun profesi, karir, atau bisnis lainnya, Anda perlu menganalisa setiap langkah yang sudah Anda lakukan selama ini, setiap penjualan, setiap strategi, setiap hasil di kantor atau pekerjaan, dan setiap keberhasilan atau kegagalan Anda.

Putuskan apakah Anda akan menjadikan hobi ini sebagai sampingan semata, ataukah Anda ingin memberikan perhatian lebih serius dalam hobi ini, dan membuatnya jadi profesi permanen?
Ukur, pahami apa yang membuatnya berhasil, atau apa yang membuatnya gagal, lalu sesuaikan apa yang dibutuhkan untuk membuatnya lebih baik, dan akhirnya, perbaiki SAMBIL JALAN.

Membangun hobi jadi profesi bukan hal instan, butuh waktu dan kesabaran.. Terus tetap beusaha dan jangan pernah menyerah.

Sumber: Artikel ini saya buat dengan memodifikasi sebuah artikel yang pernah dimuat di kompas.com