Ternyata kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan sehari-harilah yang membuat hidup kita jadi lebih damai dan tenang, bukan apa yang dilakukan orang lain kepada kita.Bagaimana Caranya Supaya Setiap Hari Hidup Kita Lebih Damai dan Tenang

Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang mesti kita lakukan supaya hidup kita jadi lebih tenang dan damai:

  1. Buang, sumbangkan atau jual saja barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan.

Tanpa sadar kita membeli dan memiliki banyak barang tanpa pikir panjang bahwa barang tersebut benar kita butuhkan atau tidak.

Setelah itu, kita seperti terbebani dengan keputusan kita, bingung sendiri, ternyata barang-barang yang terbeli bukan barang yang benar-benar kita perlukan.

Dengan membuang, menyumbangkan, atau menjual lagi maka efeknya kepada kita adalah seperti melepaskan berbagai macam beban tanggung jawab kita pada barang milik kita. Pikiran pun jadi lebih tenang, tidak terngiang-ngiang mau diapakan barang-barang yang tidak kita gunakan tersebut.

  1. Atur dan organisir semua hal dalam hidup anda

Semua hal yang teroganisir dengan baik membuat hidup kita jadi lebih tenang dan damai. Misalnya simpanlah charger hp pada sebuah tempat atau wadah khusus berbentuk kotak sehingga jika kita akan mengambilnya kembali maka kita tidak perlu mencari-cari kemana-mana.

Bandingkan jika anda menaruh charger asal di mana anda suka ketika mau menggunakannya kembali anda harus mencari ke sana kemari. Ini adalah salah satu contoh sederhana, cobalah terapkan kepada kegiatan dan hal-hal lain yang biasa kita lakukan dan jalani sehari-hari.

Pakaian kita harus disimpan pada tempat yang mudah capai. Semua kebutuhan anda sehari-hari harus selalu ditempatkan di suatu tempat gampang untuk dicapai.

Terapkan hal yang sama kepada orang yang ada di rumah bahwa segala peralatan dan segala macam benda harus ditempatkan pada lokasi yang sudah disepakati sehingga dengan kondisi yang teratur seperti ini kita tidak perlu kesal dan marah-marah hanya karena charger hp yang tidak kelihatan oleh kita.

  1. Jangan membeli, mengkonsumsi atau memiliki barang yang tidak benar-benar dibutuhkan

Semua barang dan hal yang sebenarnya tidak begitu anda butuhkan sebaiknya tidak dibeli. Kita mulai dari makanan, belilah makanan yang mau anda makan saja, jangan membeli makanan yang sebernarnya cuma sekedar ngiler saja.

Kita sering membeli pakaian hanya karena rasa suka yang timbul pada saat itu tapi bukan karena benar-benar butuh.

  1. Membedakan dan memperlakukan waktu kerja dan waktu di luar jam kerja.

Setelah jam kerja usai sudah seharusnya kita tidak mengurusi lagi soal pekerjaan kantoran kita, waktu di luar jam kantor harus dimanfaatkan untuk kehidupan kita yang lainnya.

Pekerjaan kita bukanlah kepribadian kita, pribadi kita lebih dari sekedar pekerjaan kita dan apa yang kita dapatkan dari berkerja.

Jangan terlalu sering membagikan waktu pribadi anda dengan urusan kantor yang harusnya dikerjakan di jam kantor bukan di luar waktu kantor.

  1. Lakukan sesuatu yang membuat kita bermeditasi

Posisi duduk bersila merupakan salah satu kegiatan yang dapat membuat anda bermeditasi, namun tidak semua orang nyaman dengan cara tersebut, cari dan temukan posisi tubuh anda yang dapat membuat anda bermeditasi.

Carilah posisi atau kegiatan yang bisa membuat menjadi tenang, lebih dengan dengan alam, lebih rileks, lebih membumi, lebih rendah hati.

Suasana dan posisi yang membuat anda bermeditasi merupakan kegiatan yang membuat anda menjadi lebih tenang dan rileks.

  1. Belajar untuk menjadikan kegiatan rutin harian menjadi kegiatan terapi

Kegiatan harian kita seperti mandi bisa kita modifikasi menjadi terapi.. misalnya mandi dengan air hangat atau rendaman daun-daunan.

Membersihkan badan secara menyeluruh secara perlahan dan santai dengan air hangat layaknya kita sedang diterapi.

Menyalakan lilin dan mendengarkan musik dan menggunakan garam untuk membersihkan diri juga dapat membuat kita menjadi lebih tenang dan damai.

  1. Sediakan sebuah buku untuk menulis kutipan, peribahasa dan ide yang bagus.

Kalau kita sering membaca dan merenungkan ide-ide, kutipan ayat, kata-kata bijak yang menginspirasi maka kitapun akan seperti terhibur lebih tenang.

  1. Membuat buku catatan yang berisikan ide-ide dan pengalaman luar biasa dan pengamatan kita sehari-hari.

Renungkan dan review kembali apa yang paling mendesak untuk dilakukan, prioritas apa yang mesti anda kerjakan atau selesaikan, apa saja yang sudah akan lakukan selama ini.

Dengan menuliskan hal-hal ini maka kita akan mendapatkan gambaran tentang hal-hal apa saja yang mesti kita ubah atau kita lakukan agar hidup kita menjadi lebih baik.

  1. Nyalakan lilin di malam hari.

Nyala api lilin membuat kita terpesona dan menenangkan. Membuat aroma ruangan menjadi lebih baik dan memberikan suasana yang indah.

  1. Ganti minuman kopi atau teh dengan air Lemon atau madu

Air lemon dan madu selain menyegarkan juga lebih menyehatkan. Badan yang sehat biasanya membuat pikiran pun lebih tenang dan rileks.

  1. Bayar dengan uang tunai

Membayar dengan uang tunai menyadarkan kita berapa besar uang yang sudah kita keluarkan. Dengan membayar tunai maka tagihan kartu kredit anda menjadi berkurang atau tidak bertambah. Keadaan ini akan membuat anda menjadi lebih tenang.

  1. Ucapkan doa-doa singkat

Doa-doa singkat pada momen atau waktu yang pas akan membuat kita menjadi lebih tenang dalam menghadapi situasi sulit saat itu.

Ucapkan doa-doa tersebut sampai terdengar jelas di telinga anda. Misalnya; Ya Tuhan beri saya kekuatan, Ya Tuhan jadilah menurut kehendakMu.

  1. Berhentilah untuk berinteraksi dengan orang yang memberikan efek negative terhadap pikiran kita dan jangan menyesali hal tersebut.

Hindari saja orang yang kasar dan memaksakan kehendak mereka tanpa peduli perasaan atau akan sehat. Jangan pernah mengorbankan kewarasan kita untuk memuaskan orang yang sakit jiwanya.

  1. Masak sendiri makan malam kita

Membuat makan malam sendiri membuat kita lebih bertanggung jawab terhadap makanan kita sendiri, membuat kita sadar bahwa makanan yang kita masak harus dibuat dengan baik dan menyehatkan.

  1. Amati apa yang secara tidak sadar anda konsumsi.

Hal-hal seperti musik, acara tv yang kita tonton, bacaan yang kita baca ternyata secara tidak kita sadar membuat pikiran kita menjadi tidak nyaman dan gelisah.

Renungkan kembali kebiasan apa saja yang tanpa sadar sudah kita lakukan namun membuat hidup kita menjadi tidak damai dan tenang.

  1. Tanyakan pada diri sendiri, hidup seperti apa yang mau kita jalani.

Coba buat jawaban atas pertanyaan anda tersebut dan renungkan apakan anda mempunyai passion atau hasrat untuk menjalani hidup seperti itu.

Tanyakan pada diri anda apakah anda siap dan bersedia menjalani hidup seperti pilihan itu hari demi hari, bukan satu atau dua hari saja. Tentukan apa jalan hidup yang paling cocok untuk anda jalani.

Menemukan passion atau hasrat hidup merupakan sesuatu yang menyenangkan dan mendamaikan.

  1. Buat lebih banyak tujuan realistis yang ingin dicapai dari biasanya

Jika biasanya kita membuat target hanya 5 maka cobalah untuk membuat lebih banyak dari itu, 10 misalnya. Dengan demikian jika target yang kita buat dapat kita jalankan 7 target maka hal tersebut menjadi lebih baik dari biasanya.

Mencapai sebuah target hidup adalah sesuatu yang menyenangkan dan membahagiakan, cobalah membiasakan diri dengan membuat dan mencapai target hidup anda.

  1. Temukan suka cita dan kegembiraan yang paling besar dalam hal-hal yang sederhana dari hidup kita.

Tunjukan pada diri sendiri bahwa kita tidak butuh sesuatu yang mahal untuk membuat kita merasa sangat bahagia.

Bukan makanan mahal untuk membuat makan malam kita menjadi spesial.

Kita sebenarnya tidak perlu apa-apa untuk membuat kita menjadi lebih bahagian selain memulai hidup seperti yang kita inginkan.

Karena kehidupan yang kita inginkan didasari oleh berbagai macam perasaan. Secara sadar atau tidak sadar kita bisa mengatur perasaan-perasaan kita itu caranya adalah dengan mengganti persepsi atau pikiran kita sendiri.

  1. Perhatikan dan awasi apa yang anda cari dalam hidup anda

Kita pasti akan mendapatkan apa yang kita cari.

Jika kita mencari tahu mengapa selama ini kita kurang bagus dalam berkarir maka kita pun pasti menemukan jawaban atas apa yang kita cari. Dengan mengetahui apa yang salah tersebut kita dapat mencari cara dan jalan untuk memperbaiki.

  1. Buat sebuah filosofi hidup anda yang bakal anda pakai dalam menjalani hidup dan mengambil keputusan.

Mengembangkan sebuah filosofi yang bisa dijadikan prinsip dan pedoman hidup adalah sebuah fondasi yang bagus untuk menghadapi persoalan hidup anda.

Mengapa dan apa tujuan hidup anda adalah dasar dari filosofi anda, jika anda tidak punya prisip hidup untuk apa anda hidup, hari-hari kita akan terombang-ambing ke sana kemari karena tidak punya prinsip dan arah hidup yang jelas.

Kita bisa saja mencontek atau mendasarkannya pada ajaran kitab suci atau ajaran tradisional leluhur tentang filosfi hidup, akan tetapi lebih baik jika kita membuat dan mengembangkan sendiri sesuai dengan kondisi pribadi kita.

  1. Berhentilah menjadi polisi bagi diri sendiri.

Semakin banyak hal tentang diri kita sendiri yang kita pikirkan maka akan semakin banyak energy terkuras untuk menekan perasaan kita. Semakin banyak aspek dari kita yang kita pikirkan dan kita permasalahkan maka semakin besar tekanan terhadap diri kita.

Semakin banyak aspek diri kita yang kita permasalahkan maka semakin besar tekanan pada diri kita, behentilah menyalahkan banyangan diri kita sendiri.

  1. Berhentilah beranggapan bahwa cara pandang kita merupakan sebuah kebenaran atau nyatanya seperti itu.

Ketika kita berada di sebuah ruangan atau sebuah tempat dan merasa ketakutan maka kita bisa memastikan bahwa ketakutan yang kita alami tersebut nyata sesuai dengan yang kita pikirkan, atau hanya imajinasi kita saja.

Kita tidak pernah bisa memperkirakan apa saja yang membuat kita bahagia, saat kita miskin kita beranggapan bahwa banyak harta akan membuat kita bahagia, tapi setelah kita berusaha dan mendapatkan banyak harta maka apakah kita merasa bahagia?

Namun yang pasti, kebahagian itu bisa kita dapatkan hanya dengan mensyukuri apa yang sudah kita dapatkan, tidak peduli besar atau kecil, banyak atau sedikit.