Membesarkan anak-anak di jaman sekarang membutuhkan kerja keras, konsistensi dan biaya yang besar. Teknologi yang berkembang pesat membuat hiburan untuk anak-anak menjadi semakin bervariasi dan mahal. Saat ini, menyediakan hiburan bagi anak-anak adalah tantangan yang berat. Hiburan anak tidak pernah lepas dari mainan seperti gadget elektronik, mainan, sampai tempat hiburan yang biaya akses yang mahal, membuat orang tua harus pandai-pandai berhitung dan memprioritaskan mana yang harus didahului.Bagaimana Memberikan Hiburan Kepada Anak Dengan Hemat Biaya 3Sebagai orang tua, di satu sisi kita dituntut untuk wajib memberikan hiburan bagi anak-anak tapi di sisi lain keterbatasan biaya membuat para orang tua harus menjatuhkan pilihan pada kebutuhan yang jauh lebih mendesak.

Menyediakan hiburan bagi anak-anak tidak mudah dan tidak murah. Tapi tidak selamanya hiburan untuk anak-anak harus dengan biaya yang mahal.

Berikut adalah lima tips bagaimana menyediakan hiburan bagi anak dengan biaya yang tidak mahal.

  1. Carilah yang diskon

Jaman sekarang adalah jaman teknologi informasi, segala informasi sudah bisa didapatkan hanya dengan genggaman saja.

a.   Cek informasi dari teman-teman di sosial media di mana lokasi toko mainan yang sedang memberikan harga diskon.

b.   Browsing di internet mana saja toko online yang memberikan diskon

c.   Cek tempat hiburan mana yang sedang memberikan promo diskon.

  1. Berkumpul dan bermain dengan anak-anak tetangga di sekitar rumah

Bagi anak-anak hiburan tidak semata-mata harus berbentuk fisik, memainkan permainan sederhana sudah merupakan hiburan sekaligus sosialisai bagi anak-anak.

Saat berkumpul dengan teman-teman mereka, biasanya anak- anak membawa serta mainan mereka dan pada kesempatan kumpul-kumpul tersebut mereka juga akan saling bertukaran dan memainkan mainan milik temannya. Hal ini akan membuat anak semakin terhibur dan tidak bosan mengingat selama ini mereka pasti jenuh memainkan mainan mereka sendiri.

  1. Membeli tiket masuk untuk paket satu keluarga

Saya pernah masuk ke tempat kolam renang berdua saja dengan anak saya, ternyata saat itu tersedia tiket paket keluarga yang lebih murah dibanding jika membeli tiket masuk secara perorangan. Tetapi hanya karena kami cuma berdua maka terpaksa membeli tiket perorangan.

Jika membawa keluarga besar dengan jumlah orang yang banyak coba cek apakah tersedia paket khusus untuk keluarga. Dari pada membeli sebuah tiket perorangan maka lebih hemat jika membeli paket tiket masuk untuk rombongan yang harganya lebih murah.

  1. Menjadi relawan

Anak-anak tidak selalu membutuhkan gadget mahal dan liburan mewah untuk terhibur. Melakukan beberapa kegiatan di lingkungan sekitar dengan menjadi relawan misalnya di tempat penampungan hewan, taman bermain lsetempat, menanam tanaman bakau, bisa memberikan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan bagi anak-anak.

Dengan begitu kita tidak hanya akan menikmati waktu bersama anak kita, tetapi kita juga akan memberikan dampak positif pada anak kita. Kegiatan seperti ini tentunya tidak banyak mengeluarkan biaya.

  1. Meminjam mainan atau membeli mainan bekas milik kerabat

Mainan anak-anak selalu memiliki batas pemakaian, bukan dari sisi kadaluarsa material pembuatnya tapi dari minat anak terhadap mainan. Semakin bertambah usia semakin beda minat terhadap suatu mainan. Kita bisa meminta atau meminjam kepada kerabat atau teman kita, mainan anak-anak mereka yang tidak terpakai lagi dan cocok dengan usia anak kita. Atau jika mereka keberatan kita bisa menawar untuk membeli dengan harga yang lebih murah.

Yang perlu diperhatikan adalah kondisi maianan tersebut apakah masih layak atau tidak untuk dimainkan. Dengan begitu kita bisa berhemat.

Saya sendiri pernah meminjam mainan, ketika anak saya masih kecil dia mendapatkan mainan warisan berupa mainan mobil-mobilan yang bisa dikendarai, kemudian setelah besar dan sudah tidak lagi mau memainkan mainan itu maka mainan tersebut diwariskan ke adik sepupunya yang usianya lebih muda.