Beberapa bulan terakhir ini saya disibukkan dengan hobi tukang kayu saya, sampai-sampai saya jarang posting di norisanto.com. Hobi kerajinan kayu sampai menjadi tukang amatir cukup menyita waktu, tenaga dan sedikit uang…. Tapi karena sudah jadi hobi segalanya terasa indah dan sangat menarik untuk dijalani.

Kemarin saya membaca sebuah artikel bahasa Inggris yang berjudul bagaimana memulai kegiatan Kerajinan Kayu atau woodworking untuk menjadi sebuah sumber penghasilan.

Bagi saya artikel ini sangat bagus, sudah lama saya merasa galau dengan hobi kerajinan kayu saya ini. Apakah dapat menghasilkan uang atau hanya berakhir sebagai hobi saja.  Kalau pun dapat menghasilkan uang maka dari mana saya memulainya, saya bingung bagaimana dan seperti apa kerajinan kayu yang cocok untuk para amatiran seperti saya sampai dapat menghasilkan uang.

Yang punya hobi membuat kerajinan kayu sebaiknya anda mulai menghentikan hobi anda tersebut dan mulai berpikir untuk meningkatkan apa yang hanya sekedar hobi tersebut menjadi sesuatu yang dapat menghasilkan uang.

Menurut artikel tersebut untuk dapat mengahasilkan uang dari hobi kerajinan kayu maka kita harus menentukan produk yang benar-benar akan dibeli orang, selain dibutuhkan orang faktor keindahan nilai seni kerajinan juga dapat menarik orang untuk membeli dan kembali membeli produk yang kita buat.

Berikut adalah 6 buah kerajinan kayu yang dapat kita sebagai seorang pemula bisa memcoba untuk membuat dan memasarkannya.

  1. Birdhouses atau rumah-rumahan mungil untuk burung bersarang

Birdhouses bukan kandang burung tapi rumah-rumahan mungil kecil yang terdapat lubang untuk pintu masuk burung. Rumah burung biasanya ditempatkan di ruang terbuka untuk memancing burung liar bersarang pada rumah mungil tersebut.

Membuat rumah burung relatif mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan, dalam artikel tersebut disebutkan bahwa cukup banyak permintaan terhadap rumah burung dan siapa tahu ini bisa jadi peluang.

Apa untungnya orang membeli rumah burung, dengan menempatkan rumah burung di halaman rumah maka hal itu akan memancing burung-burung liar untuk datang dan bercengkrama di sekitar rumah tersebut dan makin lama akan membuat burung tersebut betah dan membuat suasana halaman atau pekarangan rumah menjadi semarak dengan kicauan burung yang merdu.

Membuat rumah burung tidak butuh tempat yang besar atau studio khusus, cukup di garasi rumah atau teras rumah pun anda bisa menghasilkan karya yang indah dan menarik.

  1. Mangkuk buah dari kayu

Jika Anda memiliki mesin bubut kayu atau router atau bor maka anda bisa menciptakan sebuah karya yang mudah untuk dikerjakan yaitu mangkuk kayu.

Anda dapat membuat mangkuk buah kayu dari bahan kayu yang masih dalam bentuk kayu glondongan yang belum diolah. Saya sering menjumpai dipinggir jalan banyak kayu dari pohon yang ditebang dibiarkan begitu saja.

Dengan bantuan mesin bubut atau mesin trimmer router kayu saya yakin kayu tersebut pasti dapat berubah menjadi karya seni yang indah dan eksotis.

Setiap waktu pasti ada permintaan untuk buah mangkuk kayu, karena biasanya mangkuk kayu dapat dijadikan hiasan  yang indah seperti saat acara-acara tertentu seperti perayaan ulang tahun dan kumpul-kumpul keluarga besar.

  1. Bingkai foto

Bingkai foto tidak pernah ada matinya, selalu saja orang membutuhkan bingkai foto. Apalagi saat ini dengan meningkatkan selera orang untuk berfoto ria maka kebutuhan akan bingkai foto pasti juga meningkat tajam.

Dengan sedikit imajinasi dan kreativitas anda tentunya akan anda pasti akan bisa membuat sebuah karya bingkai foto yang unik dan berbeda dari yang sudah ada.

     4.  Sendok kayu

Minat akan peralatan dapur yang eksotik dan artistik semakin meningkat, salah satunya adalah sendok kayu, selain sendok kayu perlatan dapur lainnya pun dapat dibuat dari kayu dan memiliki permintaan yang cukup banyak.

Selain sebagai hiasan sendok dan garpu kayu juga dapat dipakai seperti fungsi aslinya. Setelah orang memiliki sebuah mangkuk kayu maka tentunya ia akan butuh sendok dan garpu.

Dengan menggunakan kikir kayu saya yakin kita dapat membuat sebuah karya yang unik dan menarik. Dan yang terpenting adalah karya kita merupakan karya asli buatan tangan bukan hasil sebuah mesin, ini tentunya akan menambah daya tarik orang untuk membeli.

  1. Mainan kayu

Mainan kayu untuk anak-anak sudah jarang tersedia di toko-toko, rata-rata terbuat dari plastik yang tidak begitu bagus bagi kesehatan anak. Mainan kayu yang tersedia di toko-toko biasanya standar, jika kita bisa membuat sesuatu yang unik maka pasar untuk mainan akan sangat terbuka lebar.

Para orang tua pun pasti tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk buah hati mereka.  Anda bisa mencoba membuat  boneka kayu, mobil-mobilan dan kereta kayu yang dapat dibongkar pasang.

Jika anda benar-benar berniat untuk membuat mainan kayu maka pertimbangkan faktor keamanan mainan tersebut.

  1. Furniture anak

Furnitur anak-anak selalu dibutuhkan karena setiap hari selalu ada anak yang lahir, beberapa produk yang banyak dibutuhkan adalah kursi kecil buat anak-anak, meja kecil dan peralatan anak-anak lainnya.

Semoga berguna.