Dulu blog ini pernah dibanjiri komentar spam yang luar biasa banyaknya… Komentar spam memberikan efek yang luar biasa kepada performa blog ini yaitu traffic blog meningkat pesat tapi pengunjung yang benar-benar pengunjung sangat sedikit, resource hosting banyak terpakai, untung saja pihak penyedia jasa hosting tidak sampai memberikan peringatan, intinya cukup membuat saya kerepotan mengatasinya.bagaimana-menanggapi-beragam-jenis-komentar-di-sosmed

Hal yang sama pun terjadi pada akun sosmed kita, beragam komentar kita jumpai, mulai dari yang positif sampai yang mengesalkan. Seringnya membaca berita dan mengecek posting rekan-rekan sosmed membuat saya tertarik membahas tentang seputar komentar dan apa saja jenis komentar dan cara menghadapinya.

Berikut adalah jenis komentar yang wajib diketahui dan cara menanggapinya.

1. Komentar positif

Komentar Positif tidak terlalu menjadi beban pikiran, yang perlu anda lakukan adalah mengucapkan terima kasih atas komentar yang sudah diberikan.

Tidak baik juga bila kita membiarkan komentar positif tanpa ada tanggapan, karena sebuah komentar itu pasti dibuat oleh komentatornya dengan meluangkan waktu, dan sedikit kuota internet.

Komentar positif akan memberikan kesan dan pesan yang baik kepada pembaca lainnya tentang apa yang kita posting.

Walaupun tidak semua komentar posistif butuh tanggapan tapi tidak ada salahnya kita memberikan tanggapan atas komentar positif dari orang lain. Ucapan terima kasih saja sudah cukup dan itu lebih baik dari pada kita cuekin.

2. Komentar Netral

Komentar yang sifatnya netral adalah komentar yang tidak positif dan tidak buruk atau negative. Sebaiknya komentar yang netral itu ditanggapi dengan komentar yang berisikan semacam percakapan, baik itu sekedar basa basi atau percapakan serius.

3. Komentar Negatif

Komentar negative adalah komentar yang menjelek-jelekan, yang berisikan caci makian, yang berisikan kritikan tanpa dasar, yang berisikan keluhan yang berlebihan bahkan mengada-ada, yang berisikan penghinaan, yang berisikan pancingan atau provokasi, yang berisikan fitnah dan sebagainya.

Komentar negative sering diterima oleh para pelaku bisnis atau orang yang biasa menawarkan produk via sosmed, ini sudah resiko dan mesti dihadapi.

Komentar negative dapat dikategorikan menjadi beberapa kelompok antara lain:

a. Komentar yang benar-benar merupakan sebuah keluhan pelanggan

Menanggapi komentar jenis ini maka yang harus dilakukan adalah:
– Cobalah memahami dan mengerti perasaan mereka
– Cobalah memberikan solusi atas persoalan yang dihadapi
– Beralihlah ke media atau komunikasi yang sifatnya pribadi, via email atau WA untuk menanggapi keluhan tersebut

b. Komentar pancingan atau provokasi

Di sosmed banyak sekali komentar yang memancing orang lain untuk emosional dan menanggapinya secara berlebihan. Komentar yang sifatnya provokasi tidak perlu ditanggapi dan juga tidak perlu dihapus.

Menanggapi komentar yang berisikan pancingan cuma buang-buang waktu, dengan tidak menghapus komentar itu maka mau kita tunjukan bahwa kita tidak terpancing sedikit pun.

Menghapus komentar provokasi akan memberikan pesan kepada pelakunya bahwa kita sudah terpancing dan dia akan semakin menambah dengan komentar yang lebih menjengkelkan.

c. Komentar yang sifatnya menyerang dan berbahaya

Komentar yang sifatnya sudah menyerang wajib untuk ditindak secara tegas, caranya adalah:

– Ambil capture screen nya
– Hapus komentar tersebut
– Beritahukan aturan dan tata cara berkomentar yang baik
– Bila perlu kasih peringatan kepada komentator yang seperti ini

d. Komentar spam

Komentar spam mesti diperlakukan layaknya seperti komentar yang berbahaya, mesti dihapus dan ditandai untuk diblokir.