Membuat video ternyata tidak sekedar menyalakan kamera, mengarahkan dan lalu merekam. Sebagai orang yang awam fotografi kita mesti tahu bahwa ada cara dan tips sederhana yang dapat kita lakukan biar video hasil karya kita lebih bagus, lebih terlihat professional dan yang terpenting adalah enak untuk ditonton.

Berikut adalah tips dan cara sederhana yang dapat kita lakukan biar video yang kita buat lebih bagus dari yang sebelum-sebelumnya.

1.        Periksa kondisi baterai

Sebelum mulai merekam pastikan bahwa baterai kamera ( hape atau kemera video) Anda sudah terisi penuh. Bawa baterai cadangan terutama saat mengambil gambar di luar ruangan.

2.    Lakukan coba-coba rekaman beberapa kali sebelum melakukan rekaman yang sebenarnya

Sebelum melakukan rekaman sebaiknya coba-coba terlebih dahulu, putar dan lihat kembali hasil rekaman coba-coba tersebut, cek apa saja yang kurang agar saat merekam gambar yang akan benar nanti tidak banyak kesalahan yang kita buat.

3.    Pertahankan dan jaga agar gerakan kamera tetap  halus, tidak banyak getaran atau gerakan yang membuat gambar bergoyang

Untuk melakukan hal ini dengan hasil yang maksimal maka sangat disarankan untuk menggunakan tripod atau apapun yang membantu menahan kamera agar tetap stabil.

Jangan terlalu sering melakukan zoom in dan zoom out. Gunakan hanya saat perlu saja. Terlalu sering menggunakan zoom akan membuat kita akan mengalihkan perhatian ke obyek target.

4.    Buat rencana dan variasikan arah rekaman

Sebelum pengambilan gambar yang sebenarnya, kita seharusnya sudah membuat rencana apa dan arah obyek target kita.

Cek juga bagaimana jika rekaman diambil dari  berbagai sudut untuk membuat video jauh lebih menarik terutama saat merekam wawancara.

Buatlah beberapa beberapa video yang akan membuat penonton terkesan. Misalnya saat kita  merekam permainan sepak bola anak, jangan sampai kita lupa untuk merekam ke arah penonton yang ada, jangan cuma pemainnya saja.

5.    Pastikan ada pencahayaan yang tepat, Hindari lampu atau cahaya pada latar belakang yang terang

Dalam membuat video yang bagus, pencahayaan adalah segalanya. Anda harus menghindari merekam obyek yang terlalu terang cahaya pada bagian belakangnya. Jika penasaran merekam maka hasilnya  pada video akan muncul gambar berbentuk siluet.

Jika Anda ingin membuat video yang baik dan menarik untuk ditonton, Anda harus merencanakan dan melakukannya dengan penuh pertimbangan. Lakukan editing jika diperlukan untuk mencapai hasil yang bagus.

Berikut adalah tips sederhana dalam mengedit video:

a.    Pilih rekaman terbaik Anda dan buang yang lainnya yang tidak berjalan dengan baik atau yang tidak sesuai.

b.    Jaga agar adegan tetap pendek. Hindari satu adengan yang terlalu lama.

c.    Aturlah rekaman tersebut agar sesuai dengan jalannya cerita atau plot. dengan cara yang mereka ceritakan. Pada bagian ini anda bisa mengatur apakah harus close up, harus jarak dekat atau jarak jauh sehingga akan penonton anda lebih tertarik dan berkesan.

d.    Pastikan untuk membuat transisi yang sesuai antara tiap-tiap adegan. Sebagian besar program video editing saat ini sudah memiliki fitur ini.

e.    Tambahkan judul sederhana tapi menarik.

f.    Pilih musik yang paling sesuai untuk video Anda dan tambahkan efek suara.

Semoga berguna