Setelah mengetahui proses routing yang cukup panjang ( Cek posting sebelumnya di link ini )yang terdiri atas berbagai macam hal yang membingungkan maka pada posting kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang  hal-hal mana saja yang mesti diperhatikan.

Memang, tidaklah harus menghafalkan semua proses tersebut satu persatu, dengan mengetahui poin-poin penting dan memahami prinsip atau makna dari poin tersebut maka akan lebih mudah bagi kita untuk mengerti dan menjadikannya sebagai pegangan dalam menguasai bidang networking.

Berikut ini adalah beberapa bagian dari proses routing yang menjadi titik central dalam mempelajari tentang IP routing.

1.    Peran Mac Address

Alamat fisik atau mac address dipakai hanya untuk koneksi antar komputer yang tergabung dalam jaringan yang sifatnya lokal atau tidak membutuhkan router dan proses routing.

2.    Koneksi antar Router

Koneksi antar interface router yang terhubung secara langsung merupakan koneksi lokal. Komunikasinya menggunakan alamat Mac Address saja.

3.    Beda peran Mac address dan IP address

Pada koneksi lokal hanya dibutuhkan Mac address… Kenapa host diberikan IP address? Karena pada LAN, setiap kali salah satu anggota LAN mengirimkan pesan kepada anggota lainnya maka pesan yang disampaikan adalah menggunakan metode broadcast, di mana semua host ( pada LAN ) menerima dan mengecek isi dari pesan tersebut.

Berdasarkan OSI layer bentuk pesan yang pertama kali diterima adalah masih berbentuk sinyal listrik, proses selanjutnya adalah:

a.    Sinyal listrik kemudian diterjemahkan menjadi bit atau byte.
b.    bit dan byte diubah menjadi frame
c.    Frame berisikan  Mac address pengirim dan penerima.
d.    Setelah si penerima memastikan bahwa pesan tersebut untuknya, proses selanjutnya adalah memproses sampai ke layer yang paling atas ( dikenal sebagai Data enkapsulasi)

Kesimpulannya adalah dengan menyesuaikan kecocokan alamat mac address pada frame yang berada di layer 2, layer yang lebih rendah dari Layer 3 Network yang berisikan IP address maka proses komunikasi menjadi lebih efisien dan cepat.

IP address dipakai jika alamat yang dituju tidak bisa ditemukan menggunakan mac address, alamat tujuan tersebut biasanya terletak dinetwork yang berbeda dan dibatasi oleh router.

4.    ARP dan RARP

ARP atau Address Resolution Protocol adalah protocol yang berfungsi untuk mencari tahu alamat Mac address sebuah host berdasarkan IP address dari host tersebut.

Jalankan perintah Arp –a dari command prompt dan cek hasilnya. 

Reverse Address Resolution Protocol adalah protocol yang berfungsi untuk mencari tahu IP address dari sebuah host berdasarkan Mac address yang dimiliki host tersebut.

ARP dan RARP adalah protocol yang menggunakan metode broadcast saat beroperasi dan hanya bisa berjalan pada network lokal, tanpa dibatasi oleh router.

5.     Routing Table
Routing table adalah database yang tersimpan pada router atau perangkat jaringan yang menjalankan fungsi routing seperti komputer berjalan dengan networking operating sistem ( NOS), routing tabel berisikan informasi yang dibutuhkan saat proses routing berlangsung, informasi tersebut adalah seperti berikut:

a.    Network address.
Network address merupakan salah satu bentuk pengalamatan pada IP address sistem yang digunakan untuk menandai atau memberi identitas kepada sebuah segment network atau jaringan.

b.    Interface
Nama-nama atau ID dari interface-Interface yang tersimpan dalam routing tabel merupakan interface dari router atau perangkat routing lainya, di mana melalui interface tersebut, sebuah paket akan diteruskan atau dikirimkan ke tujuannya.

c.    Metric
Metric adalah informasi yang berisikan jarak antara network dari host yang mengirimkan paket data ke network tujuan paket tersebut.

Dalam networking jarak dari metric ditentukan berdasarkan beberapa hal berikut:

–     jumlah hop ( setiap kali sebuah paket melalui sebuah router untuk sampai ke network tujuan dianggap sebagai satu hop ).
–    Besar kecilnya bandwidth.
–    Delay waktu antara pengirim dan tujuan. 

6.    Routing Protocol

Routing protocol adalah aturan-aturan yang digunakan dalam melakukan proses routing. Untuk detailnya tentang routing protocol akan segera saya hadirkan pada posting terpisah nanti. 

Semoga berguna. 

Photo credit: symphony of love via photopin