Meski internet sudah bisa dinikmati dengan menggunakan perangkat gadget namun kemampuan sebuah smartphone atau tablet masih belum bisa menyamai kemampuan sebuah komputer PC atau laptop dalam urusan berinternet.
Memang kenyamanan atau kecocokan terbangun karena intensitas penggunaan seseorang terhadap sebuah peralatan, ada pengguna yang karena terbiasa menggunakan smartphone dan nyaman dengan perangkat tersebut dibanding dengan perangkat lain, begitu pun dengan pengguna yang terbisa dengan komputer atau laptop, pasti tidak begitu nyaman jika menggunakan smartphone atau tablet.
Namun secara teknikal ada perbedaaan yang cukup mencolok jika berinternet dengan perangkat gadget atau dengan komputer biasa.

Beberapa poin berikut sekiranya dapat memberikan gambaran mengapa berinternet dengan perangkat smartphone tablet terasa lebih cocok atau sebaliknya, berinternet dengan komputer lebih baik dibandingkan dengan smartphone tablet.

1.    Cara koneksi dan setting
Secara koneksi, langkah awal menyambung internet lebih mudah dengan menggunakan smartphone tablet dibanding dengan menggunakan komputer.
Tidak banyak yang mesti disetting, hampir semua koneksi terdeteksi secara otomatis. Pada komputer biasa, banyak yang mesti dilakukan, seperti install dan konfigur modem, dial koneksi, seting koneksi wifi jika pakai wifi, seting ip address jika pakai kabel. 

2.    Bandwidth
Kecepatan internet secara umum ditentukan atau tergantung dari sumber internet itu sendiri, artinya kecepatan data untuk download atau upload ditentukan oleh berapa besar ketentuan yang ada dipaket langganan kita dan berapa persen garansi yang diberikan oleh provider terhadap paket langganan yang dijualnya itu. Secara paket layanan, memang ada perbedaan antara paket buat smartphone dan juga buat modem, biasanya pada jumlah kuota namun untuk kecepatan biasanya sama saja.

Jika menggunakan teknologi tanpa kabel maka kualitas bandwidth sangat tergantung pada kualitas tangkapan sinyal yang didapat perangkat. Bagi pengguna smartphone dan tablet pilihan koneksi internet sangat terbatas hanya menggunakan koneksi wireless melalui koneksi GSM dan Wifi. Oleh karena itu kecepatan internet pada smartphone sangat tergantung pada jenis dan kualitas sinyal yang ditangkapnya. Jika yang ditanggkap 2 G mana bandwidth-nya pun tidak bisa tinggi, tapi jika yang ditanggkap sinyal 3G atau 4G ( jika sudah support ) maka bandwidth yang didapat juga besar.

Bandwidth pada koneksi internet dengan menggunakan komputer bisa sangat beragam selain tergantung pada ISP juga tergantung pada media koneksi yang dipakai. Media konekesi yang bisa tersambung dengan komputer ada dua jenis yaitu kabel dan tanpa kabel, mulai dari koneksi GSM 2G sampai koneksi fiber optic 10GBps. Kualitas bandwidth yang demikian tinggi dari media koneksi yang bagus tersebut merupakan jaminan bagi kecepatan internet yang stabil dan cepat ( tergantung paket langganan ).
Kualitas bandwith dari koneksi internet dengan komputer PC atau laptop jauh lebih tinggi dan stabil dari koneksi internet menggunakan smartphone tablet.

3.    Pilihan browser
Aplikasi browser pada smartphone tablet merupakan adaptasi dari aplikasi browser yang biasanya terinstall pada komputer PC/laptop. Hampir semua jenis browser pada komputer dapat ditemui juga pada smartphone tablet dan sudah cukup bervariasi, mulai dari browser bawaan android, safari pada Mac OS, Opera, Google Chrome semuanya tersedia.

4.    Isi atau konten dari halaman website yang ditampilkan.
Perbedaan konten dari website versi mobile dan versi regular ( PC dan laptop ) sangat jauh. Konten halaman web berisi tampilan lengkap sesuai dengan yang diinginkan oleh sipemilik website, sedangkan versi mobile yang biasa ditampilkan pada smartphone, hanya berisikan bagian-bagian yang penting-penting saja, di mana beberapa bagian yang dirasa tidak penting dibuang.
Selain itu beberapa fitur seperti page navigation atau hal-hal yang mendukung kenyamanan dalam berselancar juga dikurangi pada website versi mobile.
Secara konten, maka berinternet atau browsing dengan komputer pc atau laptop lebih memuaskan.

5.    Tampilan layar.
Masalah hardware memang sulit untuk diatasi. Tampilan layar smartphone atau bahkan tablet sekalipun masih belum bisa menyamai ukuran rata-rata dari layar monitor PC atau laptop. Akan tetapi masalah layar mungkin sifatnya relatif, tidak semua orang merasa terganggu dengan ukuran tersebut tapi secara rata-rata ukuran layar yang kecil mungkin mempengaruhi kenyamanan dalam melakukan browsing atau aktivitas internet yang lainnya. Asal tahu saja, beberapa tombol yang harusnya bisa di-tap tidak jalan atau seolah-olah jari kita salah sasaran saat mendarat di layar, ini sering terjadi jika kita ngotot buka laman website regular pada tablet ukuran layar kecil.
Untuk tampilan layar, dalam mendukung aktivitas yang berhubungan dengan internet, layar PC dan laptop adalah yang terbaik.

Mungkin saat ini cukup dulu mengenai hal-hal yang terkait dengan aktivitas internet di smartphone tablet dan PC Laptop, jika ada tambahan lainnya akan segera saya update kembali.

Salam, semoga berguna

Sumber Gambar: SPIKE 55151 via PP