Jaminan koneksi internet yang cepat dan stabil adalah dambaan semua pengguna internet dan itu merupakan mimpi buruk atau juga tantangan bagi penyedia atau ISP. Kenapa kalau koneksi internet yang pakai kuota bisa stabil dan cepat sedangkan yang unlimited kadang-kadang cepat, kadang-kadang sangat lambat( bukan lambat saja tapi sangat lambat ). Saya rasa jawaban pertanyaan seperti itu hanya ISP saja yang tahu jawaban pastinya, kenapa itu bisa terjadi. 

Namun pilihan akhir adalah tetap ditangan anda para pemakai atau pelanggan koneksi internet, mau pakai kuota atau bebas kuota? Berikut ini adalah sedikit gambaran tentang seperti apa kondisi internet yang berkuota dan tanpa kuota.

1.    Internet kuota yang menggunakan koneksi wireless ( GSM dan CDMA ) biasanya sangat stabil, meski masih tetap tergantung pada kualitas tangkapan sinyal.

2.    Paket kuota diberikan pada waktu-waktu yang tidak ideal bagi sebagian besar pelanggan untuk menggunakannya. Waktu tengah malam sampai pagi atau siang hari dipilih sebagai waktu dengan kuota internet yang besar namun kecepatannya tetap tergantung pada sinyal dan jaminan dari si ISP tersebut. Biasanya pada jam atau waktu dimana kuota besar diberikan, koneksi internet begitu lambat karena banyak atau padatnya lalulintas jaringan.

3.    Hati-hati dengan pulsa anda atau perjanjian penalty yang diberikan jika anda melanggar kuota yang sudah ditentukan. Ini adalah jebakan yang sering kali terjadi dan pengguna sering dirugikan.

4.    Jika anda menggunakan paket kuota internet pastikan pulsa  anda tidak banyak karena jika kuota internet habis maka pulsa anda yang tersedot. Bisa-bisa deposit pulsa anda habis dalam sekejap.

5.    Jika anda menggunakan paket internet kuota maka lengkapi diri anda dengan software untuk memberikan peringatan terhadap pemakaian kuota.

6.    Untuk calon pengguna paket internet unlimited, sebaiknya carilah ISP yang menggunakan koneksi kabel. Koneksi kabel jauh lebih bagus dari koneksi tanpa kabel.

7.    Jika sudah terlanjur memilih paket internet unlimited dengan koneksi tanpa kabel mungkin sesekali mencoba paket kuota. Saya pribadi pernah melakukan langkah ini dan setelah hitung-hitung ternyata lebih baik kalau pakai internet dengan kuota daripada pakai internet unlimit.

8.    Internet unlimited masa pakainya sangat terbatas, hanya satu bulan dan harus bayar lagi untuk pemakaian berikutnya. Maksud pernyataan ini adalah jika pemakaian anda dalah waktu tertentu, misalnya satu bulan, tidaklah terlalu banyak maka sebaiknya pakai yang kuota. Namun jika pemakaian internet anda berlipat-lipat melebihi pemakaian dengan system kuota maka sebaiknya langganan paket unlimited.

9.    Biaya yang ditarik atau ditagihkan ketika terjadi pemakain internet di saat kondisi kelebihan kuota sangatlah mahal. 10Rp/Kbyte… Hmm.. Membuka satu homepage dari website-website besar saja sudah ratusan Kilo byte yang tersedot, apalagi jika anda tidak sadar mendownload file 500 MByte… Uang atau pulsa 100 ribu bisa habis dalam 1jam. Berhati-hatilah ketika mendownload dari internet, ingat kuota anda dan tagihan kelebihan kuota.

10.    Hal yang sama juga berlaku ketika anda menggunakan paket ulimited . Siapakan apa saja kebutuhan dasar anda dalam berinternet. Siapkan link untuk download sebanyak mungkin dan jika kebutuhan utama sudah terpenuhi maka lanjutkan dengan berpuas diri mendownload karena berapapun pemakaian anda bayaran yang ditagihkan tetap sama.

11.    Pemilihan jenis langganan internet kuota atau unlimited ditentukan oleh dua faktor:
a.    Tingkat kebutuhan Internet atau besarnya data yang akan anda pakai, 2 Giga byte perbulan atau tidak tentu, bisa 10 Giga bisa juga mencapai 20 Giga byte. 
b.    Kualitas koneksi, cepat dan stabil atau cepat tapi tidak stabil dan sering ganguan.

Demikian, semoga berguna.
Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/stianeikeland/3696386615/