Pada smartphone dan tablet yang berjalan dengan sistem operasi android, teknik atau cara dalam menyentuh layar dari perangkat merupakan bagian utama dalam mengoperasikan perangkat gadget tersebut.
Sebagian besar pengoperasian pada gadget berbasis Android adalah menggunakan sentuhan jari, tidak terkecuali jari-jari pada tangan kanan dan kiri semuanya dapat berfungsi dengan baik.
Meskipun pada beberapa gadget bisa digunakan alat bantu seperti pen stlylus namun tetap saja bisa lebih banyak pemakaiannya menggunakan sentuhan jari.

Berikut ini adalah teknik atau trik pada sentuhan jari pada layar atau touchscreen yang mesti diketahui oleh pengguna smart phone dan tablet android:

1.    Sentuhan pada layar; Touch

Menyentuh atau menempelkan dan sedikit menekan layar adalah teknik touchscreen yang paling dasar, dengan cara menyentuh obyek yang ada pada layar untuk melakukan aktivitas seperti mengeksekusi program, membuka folder dan menu lainnya dalam mengoperasi sistem. Sentuhan pada layar sama seperti fungsi mouse pada komputer.
Bedanya dengan mouse komputer adalah untuk mengeksekusi sebuah program harus di lakuka sekali atau dua kali klik tergantung pengaturan, touchscreen pada android cukup dilakukan sekali saja. 

2.     Double-tap atau  dua kali sentuhan secara berturut-turut pada tempat atau obyek yang sama.

 Pada Smartphone dan tablet android, melakukan dua kali tapping secara berturut-turut pada satu obyek ,fungsinya berbeda dengan doble klik mouse komputer. Pada Android, teknik ini biasanya dipakai untuk melakukan zoom in dan zoom out atau memperbesar/mempekecil sebuah obyek gambar.

3.    Menekan dan menahan posisi jari tetap pada layar

Teknik ini sama dengan melakukan klik kiri pada mouse komputer dan menahannya. Biasanya pada saat menyentuh sebuah obyek dan menahan jari tetap tersentuh pada layar maka akan muncul beberapa ikon di mana kita bisa memindahkan obyek tersebut ke ikon yang muncul.
Selain itu juga menekan dan menahan sebuah obyek pada bagian directory aplikasi bisa untuk melakukan copy terhadap ikon obyek tersebut.

4.    Swipe atau menggesekan jari pada layar.

Swipe adalah menyentuh sebuah titik pada layar dan  menggerakkan jari yang tetap tersentuh pada layar ke titik lain pada layar. Swipe biasanya dilakukan untuk kebutuhan berpindah layar atau tergantung dari aplikasi. Yang paling kita lakukan dengan swipe adalah membuka kunci pengaman dari android sistem. Swipe bisa dilakukan dari dan ke arah mana saja. 

5.     Pinch atau  Posisi jari Menjepit

Teknik lain yang biasa digunakan adalah dengan menggukana dua jari, di mana kedua jari tersebut menyentuh dua titik pada layar yang terpisah  di mana ujung dari dua jari tersebut tidak bersentuhan, kemudian kedua jari tersebut sambil tetap menyentuh layar  bergerak saling mendekati.
Teknik ini digunakan untuk memperkecil, untuk mengurangi ukuran sebuah foto atau gambar atau  sebuah dokumen.

6.    Spread atau posisi jari menyebar

Teknik spread adalah kebalikan dari Pinch di mana spread dilakukan dengan berawal dari dua jari yang bersentuhan pada ujungnya dan ditempelkan sebuah titik yang sama pada layar, kemudian kedua jari tersebut bergerak memisahkan atau  menjauhi satu sama lain.
Gerakan ini untuk memperbesar tampilan dari sebuah gambar atau dokumen.

7.    Rotasi atau putaran

Teknik ini jarang dipakai, biasanya hanya digunakan oleh aplikasi tertentu untuk membalikan atau memutar posisi layar atau tampilan. Dilakukan dengan cara menempelkan dua jari secara bersamaan pada dua titik yang berbeda pada layar dan kemudian dua jari tersebut bergerak memutar dengan arah yang sama sambil tetap menyentuh layar. Gerakan ini untuk mengubah posisi tampilan dari sebuah gambar atau aplikasi.

Demikian teknik yang bisa kita praktekkan pada perangkat layar sentuh yang kita miliki dan berbasis android, teknik zoom in dan zoom out adalah cara yang paling banyak dipakai, bahkan anak-anak pun sudah begitu paham dengan cara ini. Untuk OS yang lain juga bisa dijuga cara-cara di atas mungkin ada yang bisa atau berfungsi seperti pada smartphone atau tablet android.