Koneksi atau sambungan secara fisik juga terjadi tidak hanya pada perangkat komputer tetapi juga pada koneksi perangkat jaringan seperti router atau  wireless network.
Koneksi fisik tersebut membentuk sebuah susunan yang mirip dengan topologi star namun dalam dunia networking lebih dikenal dengan dengan istilah point to multipoint.

Berikut adalah perbedaan antara Topologi atau susunan koneksi secara fisik pada point to point dengan point to multipoint.

1.    Koneksi fisik antara satu komputer atau satu perangkat jaringan dengan satu perangkat jaringan lain atau satu  komputer lain maka koneksi tersebut dikenal sebagai point to point. Koneksi point to point adalah koneksi antara satu perangkat dengan satu perangkat lainnya.

2.    Pada topologi fisik point to multipoint sambungan atau koneksi secara fisik terjadi pada interface-interface dari sebuah perangkat jaringan seperti router dengan beberapa perangkat jaringan lainnya.
Misalnya: Sebuah router yang memiliki beberapa interface fastethernet terkoneksi dengan beberapa router lain dengan menggunakan kabel.

3.    Konfigurasi dari topologi fisik point to multipoint lebih rumit dari topologi point to point.

4.    Dari sisi keamanan, topologi fisik topologi point to point lebih tinggi tingkat keamananya dari pada point to multipoint. 

5.    Beberapa koneksi atau sambungan yang bisa dikatakan sebagai koneksi point to point adalah :

a.    Koneksi antara sebuah komputer dengan satu komputer lainnya menggunakan sebuah kabel cross
b.    Koneksi antara router dengan router menggunakan kabel serial.
c.    Koneksi antara router dengan route menggunakan interface Ethernet ( fast dan giga Ethernet )
d.    Koneksi wireless dengan mode point to point, bukan access point.

6.    Beberapa koneksi atau sambungan yang bisa dikategorikan sebagai koneksi point to multipoint adalah:

a.    Koneksi antara sebuah router yang memiliki beberapa network interface dengan beberapa router lainnya.
b.    Koneksi antara wireless dengan mode point to multi point, bukan access point.
c.    Koneksi server dengan dua NIC bisa dianggap sebagai topologi point to multipoint. 

Dari penjelasan di atas terlihat bahwa Topologi point to multi point mirip dengan topologi star, mirip tapi tak sama.
Apa bedanya antara topologi star dengan point to multipoint, topologi star menggunakan sebuah terminal pusat ( HUB dan Switch) sebagai pembagi keneksi sedangkan koneksi fisik yang terjadi pada topologi point to multipoint adalah koneksi antara beberapa interface dari sebuah perangkat jaringan ( mis router ) dengan beberapa perangkat jaringan lainnya tanpa melalui perantaraan sebuah terminal seperti hub atau switch.