Pengguna smartphone dan tablet phone haruslah mengetahui perbedaan antara koneksi data dengan wifi dan koneksi data dengan mobile data. Mengetahui perbedaan antara kedua jenis koneksi ini akan memberikan panduan bagi kita agar bisa mengatur pemakaian jatah kuota interternet dari ISP langganan kita.

Koneksi wifi dan mobile data, sama-sama menggunakan media tanpa kabel ( cek di posting ini ), perbedaan antara keduanya terdapat pada koneksi ke ISP atau sambungan ke internet.

Berikut adalah detail perbedaan koneksi wifi dengan mobile data.

1. Koneksi internet. 
a. Mobile data
Koneksi internet dengan menggunakan mobile data merupakan koneksi langsung antara perangkat smartphone/tablet phone dengan Internet service provider. Artinya perangkat smartphone/tablet phone langsung terdaftar pada sistem pengalamatan IP address dalam jaringan ISP atau bisa juga langsung terdaftar pada jaringan publik.

Pemilik smartphone/tablet phone tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun untuk bisa terkoneksi pada jaringan mobile data, yang dibutuhkan adalah perangkat smartphone/tablet phone dapat menangkap sinyal GSM atau 3G,  membeli dan mendaftar paket langganan internet kepada ISP.

Kelebihan koneksi internet dengan jaringan mobile data adalah ketersedian koneksi yang selalu tersedia, hal ini disebabkan oleh luasnya jangkauan sinyal jaringan seluler. 

Kelemahannya adalah koneksi jaringan koneksinya tidak begitu stabil tergantung pada kualitas sinyal seluler yang diterima oleh smartphone/tablet phone.

b. Koneksi wifi
Koneksi intenet dengan wifi pada perangkat smartphone/tablet phone harus membutuhkan perantara perangkat lain dalam hal ini adalah access point. Pada koneksi wifi, smartphone/tablet phone berperan sebagai wifi client dan butuh access point untuk terkoneksi ke jaringan kabel atau jaringan yang menuju ke ISP agar dapat tersambung ke internet.

Koneksi wifi tidak menjamin smartphone/tablet phone bisa terkoneksi ke internet, untuk terkoneksi ke internet syaratnya adalah harus  ada sambungan antara access point ke jaringan internet.

Koneksi internet bisa melalui modem melalui wifi access point router atau koneksi kabel pada access point.

Kelebihan koneksi wifi adalah stabilitas koneksi yang baik namun jangkauannya sangat terbatas.

2. Frequency yang dipakai
Frequency yang dipakai oleh jaringan mobile data atau jaringan seluler adalah 900 MHz sampai 2200 MHz, sedangkan jaringan wifi adalah 2400 MHz atau 2.4 GHz dan 5.2 s/d 5.8 GHz.

3. Perangkat pendukung tambahan
Koneksi mobile data tidak membutuhkan perangkat tambahan, koneksi dilakukan langsung oleh dan dari perangakat smartphone/tablet phone.

Koneksi wifi tidak bisa langsung tersambung ke sesama perangkat smartphone/tablet phone atau internet tanpa perantaraan perangkat tambahan yaitu access point atau konfigurasi mode koneksi tertentu pada konfigurasi perangkat smartphone/tablet phone.

4. Pemakaian Data
Pemakaian data pada koneksi dengan jaringan mobile data merupakan pemakaian yang secara langsung tercatat oleh Internet Provider di mana si pemilik smartphone/tablet phone berlangganan.
Artinya dengan koneksi mobile data semua pemakaian data adalah secara langsung adalah tanggung jawab dari si pengguna smartphone/tablet phone.

Saat berada di tempat-tempat yang tersedia koneksi internet via wifi atau dikenal dengan istilah hotspot, pemakaian data pada koneksi internet yang dilakukan, tidak atau bukan tanggung jawab pengguna smartphone/tablet phone tetapi penyedia hotspot.

5. Prioritas Koneksi
Pada smartphone/tablet phone  dengan sistem operasi Android, saat mengaktifkan koneksi wifi maka koneksi ke internet langsung menggunakan jaringan wifi.

Jadi ketika kita berada di lokasi yang tersedia hotspot maka pemakaian internet sebaiknya menggunakan wifi karena dapat menghemat kuota internet yang terkoneksi melalui mobile data.

Kesimpulan dari perbedaan antara koneksi wifi dan mobile data pada smartphone/tablet phone adalah terletak pada bagaimana pengaruhnya pada pemakaian dan koneksi intenet.

1. Dengan mobile data jangkauannya lebih luas namun tidak begitu stabil, dengan wifi koneksinya stabil tapi jangkauannya terbatas.

2. Dengan mobile data perangkat smartphone/tablet phone tidak butuh perangkat tambahan lainnya, sedangkan koneksi wifi membutuhkan tambahan perangkat access point.

3. Pemakaian data dengan koneksi mobile data merupakan pemakaian yang secara langsung tercatat oleh Internet Provider, sedangkan koneksi internet melalui jaringan wifi pada hotspot gratis tidak mempengaruhi kuota internet langganan kita.