HSRP atau Hot StandBy Router Protocol adalah materi sertifikasi CCNA 200-120, pada versi sertifikasi CCNA 640-802 materi ini tidak ada. Jadi ini adalah materi baru dari pelajaran sertifikasi CCNA dan juga ditanyakan saat ujian.

HSRP adalah materi atau bahan yang cukup bagus dan menarik karena dalam prakteknya fitur atau kemampuan HRSP sering kali kita digunakan. Sebagai contoh HSRP menyediakan koneksi dari sebuah LAN kepada dua buah sumber koneksi internet, di mana salah satu koneksi internet berfungsi  sebagai cadangan jika terjadi putusnya koneksi internet pada jalur utama. Kelebihan dari protocol HSRP adalah jika terjadi masalah pada koneksi utama maka pada sisi klien yang ada di LAN tidak perlu dilakukan setting  ulang pada konfigurasi IP address.

 Berikut adalah poin-poin penting dan apa saja yang kemungkinan ditanyakan saat ujian CCNA 200-120 terkait dengan protocol HSRP:

1.    Sekolompok router yang terdiri atas lebih dari satu router dengan menjalankan Protocol HSRP atau Hot Standby Router Protocol maka akan terbentuk satu virtual router, virtual router tersebut terkoneksi ke LAN. Sistem HSRP yang bekerja atau berlaku pada sekelompok router tersebut disebut sebagai HSRP Group atau Standby Group.

2.    HSRP  adalal Cisco proprietary yang berarti protocol ini dikembangkan oleh Cisco dan hanya bisa dipakai pada router Cisco atau router yang mendapat ijin dari Cisco untuk dipakai.

3.    Salah satu router yang tergabung dalam HSRP Group yang sama tersebut,  dipilih sebagai Active Router atau Master Router yang bertugas untuk mentransmisikan packet yang terkirim melalui virtual router, sedangkan satu router lainnya berfungsi sebagai backup atau cadangan yang dikenal sebagai Stanby Router.

4.    Ketika active router mengalami masalah dan tidak bisa melakukan tugasnya maka salah satu standby router akan menggantikan fungsinya sebagai Active Router dan menjalankan  fungsi Packet Forwarding.

5.     Dalam sebuah HSRP Group hanya boleh satu router saja yang berpesan sebagai Active Router dan Active Router-lah yang menjalankan fungsi Packet Forwarding.

6.    Pada LAN dengan kondisi tertentu, beberapa Group HSRP dapat berjalan secara berdampingan dan saling tumpang tindih. Setiap Group HSRP memilki satu virtual Router. Sebuah Router dalam posisinya sebagai sebuah router tunggal dapat  menjadi atau terdaftar pada lebih dari satu Group HSRP. Router tersebut menggunakan prinsip state dan timer untuk membedakan Group HSRP yang terdaftar pada dirinya.

7.    Setiap HSRP Group atau bisa juga dikatakan sebagai sebuah virtual router, memiliki Mac Address dan IP address tersendiri.

8.    Mac  Address yang digunakan oleh virtual router pada protocol HSRP adalah:
a.    Untuk semua jenis network kecuali Token Ring menggunakan format : 0000.0c07.AC**; Dengan ** adalah nomor HSRP group.  
b.    Network Token Ring menggunakan Mac address virtual sebagai berikut:
–    c000.0001.0000   (group 0)
–    c000.0002.0000   (group 1)
–    c000.0004.0000   (group 2)

9.    Jenis-jenis HSRP State atau kondisi HSRP
a.    Initial
Initial adalah kondisi HSRP pada awal mula. Kondisi ini menandakan bahwa HSRP tidak sedang berjalan. Keadaan ini terjadi sesaat setelah dilakukan perubahan pada konfigurasi atau saat interface pertama kali diaktifkan.
b.    Listen
Pada kondisi Listen router mengetahui IP address dan Mac address dari virtual router  tetapi kondisinya masih standby atau tidak aktif. Jika ada 3 router dalam HSRP Group, router yang tidak berada dalam kondisi Active atau Standby maka router tersebut berada dalam kondisi Listen.
c.    Speak    
Pada kondisi ini Router  mengirimkan pesan hello ( Pesan Hello adalah pesan antar router untuk memberitahukan kepada router lain bahwa router tersebut masih aktif dalam jaringan ) HSRP secara periodik dan juga terlibat terlibat dalam pemilihan sebagai Active dan standby router.  Pesan Hello untuk HSRP dikirim melalui IP Multicast  224.0.0.2, dengan port UDP, nomor portnya 1985.
d.    Standby    
Pada kondisi ini router memonitor setiap pesan Hellos dari router Active dan ketika ada indikasi bahwa router Active mengalami masalah maka Standby Router akan mengambil alih fungsi Active Router.
e.    Active    
Sebuah route Active men-forward packet yang dikirim ke HSRP Group. Router Active mengirimkan secara periodik pesan hello kepada router Standby.

10.    HSRP terdiri atas 2 versi yaitu :
a.    HSRP v1 yang support HSRP Group dari 0 sampai 255 atau total 256 Group
b.    HSRP v2 yang support HSRP Group sebanyak 4096 goup.

11.    Dalam ujian CCNA biasanya yang ditanyakan adalah:
a.    Valid HSRP virtual Mac Address?
b.    Beberapa  pernyataan tentang  HSRP yang benar. Misalnya
–    Alamat IP virtual dan alamat MAC virtual aktif pada HSRP terdapat pada Master Router atau Active router.
–    System Timer  default pada protocol HSRP adalah 3detik utnuk  Halo dan 10 detik untuk death interval .
–    Berapa banyak HSRP group yang disuport?