Tidak banyak orang percaya bahwa kartu kredit itu dapat sangat bermanfaat pada saat kita dalam kondisi tertentu seperti saat krisis keuangan atau tidak punya waktu cukup untuk ke ATM atau terlalu sibut sampai lupa mengingat jatuh tempo pembayaran tagihan.

belanja-dan-bayar-apa-saja-yang-cocok-pakai-kartu-kreditKebanyakan dari kita menganggap bahwa pemakaian kartu kredit seperti jebakan atau penjerumusan yang sangat merugikan oleh pihak bank.

Tapi coba saja pikirkan pemakaian kartu kredit berikut ini yang ternyata dapat menolong kita ketika mengalami situasi sulit:

1. Belanja online

Belanja online biasanya nilai transaksi yang kita lakukan tidak besar, kalau kurang dari satu juta rupiah, rasanya cocok jika kita menggunakan kartu kredit.

Alasannya adalah karena:

a. Ada program cicilan tetap untuk pembayarannya.

b. Ada extra diskon dari bank penerbit kartu kredit

c. Ada tambahan point dan mudah transaksinya

d. Mudah, praktis dan aman

e. Tidak perlu punya dana di tabungan

2. Bayar tagihan Indihome

Kenapa bayar tagihan indihome pake kartu kredit sangat untung, karena ada promo khusus bagi yang melakukan pembayaran secara auto debet pakai kartu kredit.

Mungkin sekarang sudah tidak berlaku promonya tapi setidaknya jika anda bayar indihome di loket plaza Telkom dapat menggunakan kartu kredit tanpa kena beban biaya tambahan satu sen pun.

3. Bayar Asuransi

Bayar asuransi dengan kartu kredit dilakukan dengan metode auto debet, setiap tanggal jatuh tempo kartu kredit kita akan membayarkan polis asuransi secara otomatis.

Untuk mengaktifkan pembayaran seperti ini bisa kita lakukan dengan memberikan kuasa pendebetan kartu kredit kita kepada pihak asuransi, biasanya kita mesti mengisi surat kuasa pendebetan terlebih dahulu.

Kelebihan dari cara ini adalah proses pembayarannya berlangsung secara otomatis tanpa kita harus membuka dan menyalakan komputer atau ke ATM, bahkan saat sedang tidak punya uang simpanan sekalipun kita masih dapat membayar tagihan asuransi.

4. Membeli Tiket Pesawat

Beberapa maskapai seperti Air Asia melakukan kerja sama dengan bank penyedia kartu kredit seperti CIMB Niaga, dengan mengeluarkan kartu kredit yang lebih dikhususkan untuk penggunaan yang berhubungan dengan layanan penerbangan.

Misalnya untuk membeli tiket pesawat, di mana penumpang yang membeli dengan kartu kredit akan diberikan harga promo dan juga tambahan asuransi perlindungan jika terjadi musibah.

5. Membayar tagihan restoran

Beberapa waktu lalu sahabat saya mentraktir rekan-rekan kantornya termasuk saya, di restoran Chinese Food di kawasan Grand Indonesia, ketika akan membayar si pelayan mengatakan bahwa ada potongan harga sebesar 15 persen jika membayar dengan kartu kredit CIMB Niaga.

Rekan tersebut mengatakan bahwa dia tidak punya Kartu Kredit Niaga, saya lalu mengangkat tangan dan mengatakan saya punya kartu kredit CIMB Niaga. Dapatlah potongan 15 persen tersebut.

Untuk sementara 5 hal saja dulu, jika ada yang lain akan saya tambahkan. Atau jika anda punya pengalaman lain dengan pentingnya manfaat kartu kredit bisa anda bagi melalui komentar dan akan saya tambahkan di artikel ini (bagi yang berkomentar dan jika punya link untuk dipromosikan akan saya tambahkan juga).

Semoga berguna.