Tablet, smartphone dan internet yang semakin murah dan mudah didapatkan membuat orang tua seakan tidak punya pilihan dan sulit mengatur anak-anak untuk tidak berlebihan dan berlama-lama menggunakan perangkat mobile dan gadget lainnya.berapa-jam-sehari-anak-anak-boleh-menatap-layar-gadget

Meskipun banyak pihak menyatakan bahwa pemakaian gadget dapat membantu mengembangkan kemampuan anak-anak, akan tetapi tidak semua hal dari gadget berpengaruh positif.

Ada faktor lain yang mesti diperhatikan orang tua terhadap pemakaian gadget, salah satunya adalah soal berapa lama waktu yang baik bagi anak-anak menatap layar gadget mereka, apakah satu jam cukup atau 10 jam tidak ada masalah.

Berikut adalah apa saja yang mesti diwaspadai oleh orang tua terhadap pemakaian gadget oleh anak-anak sampai remaja:

– Jenis-jenis gadget yang berpotensi membuat anak-anak dapat berlama-lama menatap layar gadget tersebut.
– Pengaruh terhadap prestasi sekolah
– Menetapkan aturan berapa lama waktu pemakaian gadget
– Cara untuk membatasi waktu bergadget ria anak-anak
– Apa bahaya kecanduan dan berlama-lama menggunakan gadget pada anak-anak bagi pekembangan kesehatan mereka
– Berapa lama waktu yang disarankan bagi anak-anak untuk berlama-lama menatap layar gadget

1. Jenis-jenis gadget yang berpotensi membuat anak-anak dapat berlama-lama menatap layar gadget.

Gadget yang dimaksud tidak cuma smartphone dan tablet, tapi juga TV, perangkat portable game, game console seperti Nintendo, PlayStation, Xbox, laptop, dan sebagainya.

Gadget-gadget yang disebutkan di atas sudah pasti memiliki daya pikat yang membuat anak-anak dan remaja betah berlama-lama menatap layar monitor perangkat tersebut. Biasanya satu dua jam pasti tidak cukup menyita waktu mereka.

Gadget seperti TV yang saat ini sudah makin banyak variasi saluran channelnya, ditambah lagi dengan makin murahnya biaya langganan TV kabel dan TV satelit.

Begitu pun dengan koneksi internet yang semakin murah, yang membuat fungsi tablet dan smartphone sudah seperti sebuah komputer desktop.

Kondisi ini membuat TV dan internet adalah sumber penyebab kecanduan yang baru bagi anak-anak hingga remaja.

2. Pengaruh terhadap prestasi sekolah

Pada 2015 peneliti dari Cambridge University meneliti dan mencatat kegiatan dari 800 remaja usia 14 tahun dan menganalisis prestasi akademis mereka.

Ditemukan bahwa di antra anak-anak itu ada  yang prestasinya kurang bagus, ternyata mereka menghabiskan waktu satu jam lebih lama tiap harinya untuk menonton TV, bermain game di komputer, main game konsol dan untuk mengecek smartphone.

Rata-rata remaja usia 14 tahun mengaku menghabiskan empat jam waktu luang mereka setiap hari menonton TV atau berada di depan komputer.

Satu jam tambahan untuk melihat layar gadget akan berpengaruh buruk kepada prestasi sekolah, prestasi akademis akan semakin menurun jika waktu di depan layar gadget semakin banyak.

3. Menetapkan aturan lama waktu pemakaian gadget

Berapa kira-kira lama waktu yang sehat untuk bermain gadget bagi anak-anak usia 7 tahun, 10 tahun, atau bahkan usia 1, 2 atau 3 tahun? Berapa lama anak-anak boleh menonton TV? Berapa jam anak-anak boleh berlama-lama di depan komputer?

Ternyata terlalu banyak waktu di depan layar atau monitor memiliki efek buruk pada kesehatan dan perkembangan anak.

Orang tua yang ingin mengurangi waktu anak-anak di depan layar, maka mereka harus menetapkan sebuah aturan hal ini akan berguna untuk mengurangi risiko kesehatan dan masalah psikologis.

Pada tahun 2013 Departemen Kesehatan Inggris, merekomendasikan bahwa anak di bawah usia dua tahun seharusnya sama sekali tidak boleh menonton atau menggunakan gadget. Dan anak usia di atasnya hanya boleh maksimum dua jam sehari berada di depan layar gadget.

Pemerintah Prancis bahkan telah melarang TV kabel digital untuk ditonton oleh semua anak berusia di bawah tiga tahun. Sementara pemerintah Australia dan Kanada juga merekomendasikan anjuran yang sama.

Catherine Steiner-Adair, konsultan Psikolog dari Harvard, mempelajari dampak teknologi digital pada perkembangan otak bayi. Otak bayi itu secara alami diciptakan untuk belajar bahasa, emosi dan bagaimana mengatur sendiri pikiran mereka. Steiner percaya tidak ada teknologi yang dapat membantu perkembangan bayi yang berusia kurang dari dua tahun.

Orang tua di Taiwan kini membuat aturan hukum yang mewajibkan orang tua untuk memantau waktu pemakaian gadget pada anak-anak mereka.

Pemerintah Taiwan dapat memberikan denda 1.000 poundsterling pada orang tua dari anak-anak di bawah usia 18 tahun  yang menggunakan perangkat elektronik untuk waktu yang lama.

Langkah yang sama juga ditempuh oleh pemerintah Cina dan Korea Selatan yang bertujuan untuk membatasi pemakaian gadget.

Pemerintah Inggris baru-baru ini kembali ke pedoman 2008 di mana dikatakan anak-anak harus mulai mengenal teknologi dan komputer dari usia yang sangat muda, tapi tidak ada pedoman yang menyatakan berapa lama waktu yang sehat untuk berada di depan layar gadget.

Saran dari Institut Nasional untuk Kesehatan dan Perawatan, Nice, yaitu bahwa anak-anak harus memiliki hari bebas TV dan dibatasi dua jam saja untuk menghabiskan waktu mereka di depan layar.

4. Cara untuk membatasi waktu bergadget ria pada anak-anak

Untuk membatasi waktu anak menggunakan gadget bisa dilakukan dengan memasang aplikasi tertentu pada gadget seperti smartphone dan tablet.

Dengan semacam aplikasi maka memungkinkan para orang tua untuk menghentikan aktivitas anak menggunakan gadget. Aplikasi tertentu tersebut membuat orang tua bisa  secara remote atau tanpa harus menyentuh perangkat gadget dapat menghentikan kegiatan anak.

Aplikasi ini dapat di install pada smarphone dan tablet. Salah satu aplikasi yang dapat di pakai di system operasi Android, Iphone, Amazon Kindle Fire dan Windows adalah ScreenLimit.

5. Apa bahaya kecanduan dan berlama-lama menggunakan gadget pada anak-anak bagi pekembangan mereka

Menurut para pakar, jika sejak kecil kita melihat layar gadget maka kecenderungannya adalah akan seperti itu sampai seterusnya selama hidup kita. Kebiasaan kita sejak kecil akan terus terbawa selama hidup kita.

Pengalaman awal hidup kita dengan hiburan dari gadget dicurigai dapat menyebabkan perubahan dalam otak.
Sama seperti kecanduan lainnya, kecanduan kepada layar menciptakan perubahan yang signifikan pada bagian kimiawi otak, terutama terkait dengan pelepasan sat dopamin.

Neurotransmitter ini dikenal sebagai kesenangan kimiawi yang merupakan penyebab kecanduan seperti kecanduan terhadap gula atau yang manis-manis, sampai kecanduan kokain.

Tentang bahaya terlalu banyak waktu depan layar akan membuat orang makin kurang bergerak dan berolahraga sehingga menyebabkan kurangnya hubungan sosial, sama sekali tidak berolahraga, mudah terkena penyakit, daya tahan tubuh menurun dan dan kematian dini.

6. Berapa lama waktu yang disarankan bagi anak-anak untuk berlama-lama dengan gadget

Jawabannya adalah tidak boleh berlama-lama, lebih cepat atau tidak sama sekali malah lebih baik.

Untuk anak usia kurang dari dua tahun sama sekali tidak boleh memegang gadget. Para ahli menyarankan bahwa bayi dan balita harus dijauhkan dari semua layar gadget.

Anak-anak berusia 2 sampai 5 tahun seharusnya tidak lebih dari satu jam sehari, dan anak-anak berusia 5-18 tahun tidak lebih dari dua jam setiap harinya.

Semoga berguna.