Salah satu faktor yang menentukan pilhan kita dalam menggunakan wireless atau wi-fi adalah jangkauan sinyal dari sebuah perangkat wifi access point menuju ke wireless klien.

Jangkauan sinyal sebuah wireless klien ditentukan oleh faktor utama, yaitu jenis frekuensi yang digunakan atau pada frekuensi berapa wi-fi tersebut beroperasi.

Berdasarkan pada standar internasional bahwa frekuensi wifi yang digunakan adalah 2,4 GHz dan 5 GHz, dengan standar frekuensi ini maka kita bisa menentukan mana yang kita butuhkan dengan mempertimbangkan seberapa jauh jangkaun wifi access point router yang digunakan nanti.

berapa jangkauan wifiDulu sebuah perangkat wifi hanya beroperasi pada satu jenis frekuensi saja atapi saat ini sebuah wifi access point router bisa beroperasi menggunakan dua frekuensi yang berbeda, 2.4 dan 5 GHz dengan hanya menggunakan sebuah hardware.

Cara praktis untuk mengetahui pada frekuensi berapa sebuah perangkat wifi beroperasi adalah dengan mengecek standar IEEE yang dipakai oleh perangkat tersebut, cek pada spesifikasinya jika menggunakan standard IEEE 802.11b atau g maka frekuensi yang digunakan adalah 2.4GHz, jika menggunakan standard IEEE 802.11a maka menggunakan frekuensi 5 GHz, jika yang tertera adalah standard IEEE 802.11n maka frekuensi yang digunakan adalah 2.4 GHz dan 5GHz.

Dalam praktek di lapangan, jangkauan sinyal sebuah wifi tidak hanya ditentukan oleh jenis frekuesinya saja ada beberapa faktor yang cukup menentukan seperti kekuatan pancar dari antenna pemancar, daya tangkap dari penerima, bahan material penghalang antara pemancar dan penerima dan faktor interferensi.

Dalam posting ini akan saya bahas bagaimana pertimbangan awal yang harus kita pikirkan dalam mengambil keputusan untuk menggunakan frekuensi wifi dan juga berapa data rate yang mesti kita atur agar performa dari jaringan wifi yang kita bangun dapat berjalan dengan performa yang maksimal.

Berikut ini adalah data hubungan antara frekuensi, data rate dan juga daya jangkau sebuah wifi.

1.    IEEE 802.11b adalah standar wifi dengan frekuensi 2.4GHz
Wifi dengan standar ini memiliki data rate sebesar 1Mbps sampai 11Mbps. Berapa jauh daya jangkau sinyalnya?

Daya jangkau maksimun yang dapat dicapai oleh sinyal dari wifi tipe ini adalah 350ft atau 105 meter. Jangkauan maksimum ini hanya dapat dicapai pada data rate 1Mbps. Jika memaksimalkan data rate sebesar 11Mbps maka daya jangkaunya hanya sejauh kurang lebih 50 meter.

2.    IEEE 802.11g adalah standar wifi dengan frekuensi 2.4GHz
Wifi dengan standar ini memiliki data rate sebesar 6Mbps sampai 54Mbps. Berapa jauh daya jangkau sinyalnya? Daya jangkau maksimun yang dapat dicapai oleh sinyal dari wifi tipe ini adalah kurang lebih 300ft atau 90meter.

Jangkauan maksimum ini hanya dapat dicapai pada data rate 6Mbps. Jika memaksimalkan data rate sampai sebesar 54Mbps maka daya jangkaunya hanya sejauh kurang lebih 30 meter. Jarak 30 meter sudah cukup jauh untuk skala rumah atau kantor kecil dengan data rate yang tinggi.

3.    IEEE 802.11a adalah standar wifi dengan frekuensi 5GHz
Wifi dengan standar ini memiliki data rate sebesar 6 Mbps sampai 54Mbps. Berapa jauh daya jangkau sinyalnya?

Daya jangkau maksimun yang dapat dicapai oleh sinyal dari wifi tipe ini adalah kurang lebih 60meter. Jangkauan maksimum ini hanya dapat dicapai pada data rate 6 Mbps.

Jika memaksimalkan data rate sampai sebesar 54Mbps maka daya jangkaunya hanya sejauh kurang lebih 22 meter. Jarak 22 meter sudah cukup jauh untuk skala rumah atau kantor kecil.

Dari kondisi ini terlihat bahwa semakin rendah frekuensinya maka semakin jauh daya jangkau sinyalnyameskipun dengan data rate yang sama.

Sebelum mempertimbangkan untuk memperbesar pancaran sinyal wifi anda maka pastikan dahulu bahwa anda telah mempertimbangkan penggunaan frekuensi yang rendah.

Pemakaian frekuensi rendah bisa diatur dengan mengatur channel dari wifi, biasanya semakin kecil channelnya maka semakin rendah frekuensinya.

Kelemahan dari metode ini adalah frekuensi yang rendah sangat rentan terhadap interferensi, untuk itu pastikan tidak ada atau sedikit frekuesi lain yang berada pada channel kecil tersebut sebelum digunakan.

Sekian, semoga berguna.