Pakai pendingin ruangan AC itu sangat menyejukan tapi tagihan listriknya justru bikin gerah, itulah yang biasa kita alami dan rasakan. Tapi jangan khawatir ternyata ada cara pengaturan suhu ideal dari AC yang bisa buat konsumsi listrik jadi lebih hemat dan bikin kantong irit.

Sebelumnya kita harus paham dulu beberapa hal terkait dengan mesin pendingin AC.

Bagaimana cara kerja AC itu?

Bagi kebanyakan orang, AC itu hanya meniupkan udara dingin sesuai dengan suhu yang sudah kita atur melalui remote AC.

Begini cara kerja AC yang mesti kita pahami!

Pada jenis AC Split, terdapat dua bagian terpisah yaitu Outdoor unit dan indoor unit.

  • Outdoor Unit unit adalah bagian AC yang ditempatkan di bagian luar ruangan. Bagian ini terdiri atas dua komponen utama yaitu kompresor dan Kondensator.
  • Indoor Unit adalah bagian AC yang ditempatkan di dalam ruangan yang hendak didinginkan. Pada bagian ini terdapat kumparan evaporator, Thermostat dan sensor, kipas atau fan.

Langkah-langkah kerja AC:

  • Kompresor dan kondensator yang berada pada bagian Outdoor Unit akan melakukan proses kondensasi untuk mengubah gas Freon Refrigerant menjadi cairan.
  • Freon Refrigerant cair tersebut lalu dialirkan melewati kumparan evaporator atau kompartemen pendingin yang ada di dalam bagian Indoor Unit dari AC.
  • Kipas atau fan dalam Indoor Unit lalu menyedot udara untuk melewati lembaran-lembaran evaporator.
  • Lembaran-lembaran sirip metal dari evaporator yang menjadi lebih panas akibat terkena aliran udara yang ada di sekitarnya mengakibatkan cairan Freon Refrigerant berubah menjadi uap dan kemudian mendinginkan udara yang ada disekitarnya.
  • Setelah udara menjadi dingin maka selanjutnya disemburkan oleh fan pada indoor unit ke ruangan, dan mendinginkan ruangan tersebut.
  • Pada kondisi ini, kondensator atau outdoor unit akan mengubah uap Freon Refrigerant kembali menjadi cairan dan membuang panas yang ada.
  • Cairan Freon Refrigerator lalu kembali mengalir melewati evaporator dalam kondisi yang sudah dingin dan bertekanan rendah. Setelah proses pendinginan terjadi maka cairan Freon lalu kembali lagi ke kondensator di bagian outdoor unit.
  • Proses ini akan terus berulang-ulang sampai suhu ruangan yang terdapat AC mencapai suhu pendinginan yang diinginkan, atau sesuai dengan yang diprogram oleh pengaturan termostat dari AC.

Komponen atau bagian dari AC yang mengkonsumsi daya listrik paling besar?

Kompresor. Ya, compressor.  Pada  AC split kompresor terletak di bagian Outdoor Unit yang biasanya dipasang diluar ruangan yang terpisah dengan Indoor Unitnya.

Tidak pasti berapa persen konsumsi listrik yang dipakai oleh kompresor, menurut saya mungkin sekitar 90 persen dari total yang dipakai oleh sebuah unit AC.

Coba perhatikan putaran meteran listrik anda ketika kipas dari kompresor atau bagian dari outdoor unit AC berputar, putaran meteran pun berputar sangat cepat. Inilah yang menandakan bahwa kompresor adalah bagian dari AC yang paling tinggi konsumsi listriknya.

Bagaimana cara kerja thermostat atau pengaturan suhu pada AC?

Ketika kita mengatur thermostat atau suhu AC pada posisi 18 derajat Celcius, apakah itu berarti AC akan mendinginkan ruangan lebih cepat dibanding jika disetting pada suhu 25 derajat Celcius? Jawabannya: Tidak.

Thermostat hanya memeriksa suhu udara di dalam ruangan dan menghentikan kerja kompresor ketika suhu mencapai level yang diinginkan.

Artinya adalah jika suhu diatur 18 derajat maka kompresor akan bekerja lebih lama untuk mencapai level suhu tersebut. Semakin rendah suhu yang diinginkan maka kerja kompresor dan komponen lainnya akan jadi lebih lama dan lebih banyak konsumsi listriknya.

Jadi ketika suhu di dalam ruangan sebelum AC dinyalakan adalah 27 derajat dan jika disetting 25 derajat maka waktu kerja komponen elektronik dari AC akan lebih cepat karena untuk mencapai suhu 25 derajat butuh waktu yang tidak sebanyak jika dibanding untuk mencapai suhu 18 derajat.

Apa yang terjadi ketika kompresor berhenti bekerja?

Pada kondisi ini, kipas AC yang terletak pada bagian indoor Unit hanya berputar untuk  meniup udara dingin sampai suhu ruangan sesuai dengan yang diinginkan.

Pada kondisi ini konsumsi listrik hanya untuk kipas saja dan tidak termasuk kompresor. Kompresor akan mulai bekerja lagi ketika termostat mendeteksi bahwa suhu sudah tidak sesuai lagi dengan level yang ditetapkan.

Jadi kalau semakin lama kompresor bekerja maka semakin banyak pula komsumsi daya listriknya.

Berapa suhu ideal yang harus diatur pada AC kita?

Menurut organisasi perhimpunan insinyur-insinyur yang ahli di bidang Kulkas dan AC, ASHRAE (American Society of Heating, Refrigerating and Air-Conditioning Engineers), suhu ideal yang dapat diatur pada AC adalah antara 23,5 derajat Celcius sampai 25,5 derajat Celcius saat musim panas (sumber: wikipedia ).

Jadi pada suhu 24 derajat Celcius adalah suhu yang paling ideal untuk menghemat tagihan listrik dan memberikan hasil yang dingin dan sejuk.

Disarankan juga bahwa dengan menambahkan atau menggunakan kipas angin langit-langit pada ruangan yang sama dengan AC dapat meningkatkan meningkatkan kinerja dari AC untuk mendinginkan ruangan.