Bila anda bingung memutuskan mengapa harus menggunakan Tablet PC maka hal-hal di bawah ini setidaknya bisa membantu anda untuk mengambil keputusan yang tepat. 

1. Karakter Tablet PC
Secara hardware tablet PC terbagi atas 2 type yaitu slate dan convertible. Model slate bentuknya tetap tidak bisa ditambahkan dengan perangkat lain, contoh model slate adalah iPad dan Samsung GalaxiTab. Model convertible adalah model yang bisa ditambahkan perangkat tambahan seperti keyboard dan external CD atau DVD ROM serta posisi screen yang bisa diputar-putar.

Untuk urusan proses data, tablet pc sudah menggunakan proccessor dual core yang cukup cepat namun hemat energy. Tablet PC tidak memiliki hardisk seperti Desktop atau Notebook.

Dan satu lagi kelebihan dari tablet pc adalah teknologi touchscreen. Dengan ukuran layar berkisar antara 7 sampai 10 inchi, sudah cukup membuat mata terasa nyaman saat menatapnya.

2. Kelebihan dan Kekurangan.
Kelebihan dari Tablet PC yang pertama adalah lebih ringan dan simple sehingga mudah untuk dibawa-bawa, yang kedua adalah mudah untuk dioperasikan.

Saat anda membeli tablet PC, operating system sudah terinstall dan tidak perlu repot-repot memikirkan keaslian dan aktivasinya. Selanjutnya tinggal download atau masukkan aplikasi yang anda inginkan dan dalam dua kali sentuhan aplikasi sudah siap untuk digunakan dan tidak perlu repot-repot untuk konfigur atau baca manual karena sangat mudah untuk dijalankan.

Untuk urusan kecepatan proses, saat ini Tablet PC pun sudah bisa dikatakan sangat cepat. Terutama dengan adanya processor dual core dengan kecepatan yang tinggi.

Hemat energy. Dengan OS yang ringan maka konsumsi listrik pun sangat sedikit. Tanpa harus menyalakan laptop atau desktop maka kita bisa mengecek email, membuka browser, melakukan transaksi perbankan, melakukan kegiatan sosial networking dengan tampilan layar yang lebar tanpa harus memangku notebook.

Denga tablet pc kita bisa berpinda-pindah ke sana kemari tanpa harus seperti pelayan yang membawa baki, cukup dengan posisi seperti membawa sebuah buku, sangatlah gampang.
Privasi pengguna lebih terjaga jika dibandingkan saat mengunakan desktop atau laptop.

Kekurangannya mungkin pada kapasitas media penyimpanannya yang terbatas. Saat ini maksimum kapasitasnya sekitar 32 GB. Bandingkan dengan laptop yang bisa mencapai 700 GB.

3. Karakter Operating System yang dipakai.
Operating system yang dipakai tablet lebih banyak didominasi oleh Android. Selain itu beberapa produsen seperti Apple dan HP, menyediakan sendiri perangkat hardware dan OS pada produk mereka. Begitu juga Microsoft yang menyediakan OS khusus tablet pc bagi beberapa vendor.

4. Aplikasi yang bisa didapat secara gratis.
Bagaimana dengan aplikasi? Yang pasti aplikasi tablet PC tidak dapat dijalankan di desktop ataupun notebook. Banyak aplikasi tablet pc yang dapat diperoleh secara gratis.

Apple menyediakan 350 ribu aplikasi untuk didownload secara gratis. Android pun tidak ketinggalan, lebih dari 100 ribu aplikasi sudah tersedia secara gratis juga.

Jadi tinggal tentukan saja apa kebutuhan kita, cari aplikasi yang kira-kira pas dengan kebutuhan, download dan selamat menggunakan. Kalau pun harus bayar harganya tidak mahal.

5. Karakteristik Hardware
Berat sebuah Tablet PC rata-rata tidak lebih dari 1 kilogram. Untuk layar atau screen rata-rata sudah menggunakan teknologi touchscreen dengan ukuran bervariasi antara 7 sampai 10 inchi.
Proccessor dual core sudah pasti membuat si tablet pc cepat memproses data. Untuk urusan koneksi, umumnya sudah tersedia koneksi tanpa kabel, mulai dari WLAN sampai 3G, akses internet jadi lebih cepat.

6. Beda PC Tablet dengan Ebook reader
Ebook reader secara umum dipakai untuk membaca buku. Format file yang bisa diproses oleh ebook reader biasanya terbatas pada file-file tertentu saja.
Ebook reader memiliki format file tersendiri yang hanya bisa dibaca oleh perangkat tersebut. Namun ada file seperti dot PDF rata-rata bisa dibaca melalui PC tablet ataupun ebook reader.

Ebook reader rata-rata hanya dipakai untuk membaca buku, meski saat ini sudah ada yang terkoneksi ke internet. Bandingkan dengan Tablet PC yang sangat luas pemakaiannya mulai dari cek email, browsing, jalankan aplikasi sampai music dan video player. Screen Ebook reader rata-rata tidak touchscreen dan tampilan layarnya pun tidak berwarna.

Untuk kemampuan baterei, ebook reader tahan sangat lama dibandingkan dengan Tablet PC.
Dari sisi harga ebook reader lebih murah, hal ini sebanding dengan kemampuannya.

7. Praktisnya Penggunaan Tablet PC
Kepraktisan Tablet PC bisa dirasakan dalam kegiatan-kegiatan seperti mempersiapkan atau memantapkan presentasi tanpa harus menyalakan laptop, melakukan presentasi jadi lebih menyakinkan karena kontak dengan peserta presentasi lebih sering karena tidak harus berpaling atau menoleh kea rah lain tapi cukup melirik saja ke tablet pc yang ada di tangan maka bahan presentasi anda bisa terlihat jelas.

Dengan Tablet PC lebih mudah untuk membuat catatan saat menghadiri rapat atau presentasi. Saat bepergian, tablet pc akan selalu membuat anda terkoneksi ke internet dengan nyaman dalam durasi waktu yang lebih lama.

Jadi hal-hal penting yang harus dipertimbangkan saat memilih tablet pc adalah sebagai berikut karakternya yang mudah untuk digunakan, banyak kelebihannya daripada kekurangannya, Operating system yang digunakan sudah bisa langsung dipakai, aplikasinya macam-macam dan sesuai kebutuhan dan murah, bahkan banyak yang gratis, hardware tablet pc sudah baik untuk memberikan kepuasan bagi penggunanya.

Jangan terkecoh antara tablet pc dan ebook reader,keduanya secara prinsip berbeda namun penampilannya agak mirip.
Alasaan terakhir adalah tablet pc sangat praktis untuk digunakan.