Eye-Fi Mobi Wireless merupakan solusi bagi para pengguna perangkat gadget yang tidak memiliki koneksi wifi. Eye-fi Mobi merupakan sebuah produk memory card atau SD Card yang dilengkapi dengan wifi adapter di dalamnya. Secara fisik, produk Eye-Fi terlihat sama dengan memory card lainnya, cuma pada body-nya terdapat keterangan berupa gambar logo dan kata wifi.

Gambar logo dan tulisan Wi-Fi tersebut seolah menyakinkan bahwa produk ini bisa dipakai untuk memberikan koneksi secara wireless kepada perangkat di mana Eye-Fi terpasang. Inilah yang memungkinkan perangkat yang tidak memilki koneksi wifi setelah terpasang dengan Eyefi akan bisa langsung terkoneksi ke perangkat lain secara tanpa kabel melalui koneksi WiFi yang terintegrasi di dalamnya.

Koneksi wifi adalah faktor pembeda Eye-Fi dengan produk memory card lainnya. Salah satu gadget yang paling membutuhkan EyeFi adalah kamera digital. Jika kamera digital kita tidak tersedia koneksi wifi maka dengan menggunakan memory card Eye-Fi, data yang ada di dalam memory card yang terpasang pada kamera itu akan bisa dikirim ke perangkat lain seperti smartphone atau tablet melalui koneksi WiFi. Secara spesikasi, ada beberapa point dari Eye-Fi yang patut untuk dicermati, antara lain:

1.    Jika anda memiliki gadget seperti kamera digital maka tidak semua type kamera digital yang support atau mendukung untuk dipasangi Eye-Fi. Pastikan pada spesifikasi perangkat gadget anda  support  koneksi WiFi Eye-Fi atau tidak.

2.    Koneksi Eye-Fi menggunakan topologi  point to point atau Ad-hoc mode. Agar bisa terkoneksi secara point to point atau adhoc mode, maka pada sisi lawan atau device yang mau disambungkan juga harus diatur dengan dengan mode yang sama. Artinya adalah koneksi wifi pada Eye-Fi Mobi Wireless tidak bisa dipakai untuk terkoneksi ke jaringan WLAN yang menggunakan Acess Point atau WiFi Router. Mengapa demikian, karena koneksi pada jaringan WLAN dengan WiFi AP Router menerapkan mode Point to Multi Point atau Infrastructure.

3.    Sistem pengamanan saat koneksi dengan Eye-Fi Mobi Wireless secara Wireless adalah Static WEP 64/128, WPA-PSK, WPA2-PSK Mac and PC Compatible. Pengamanan ini sudah cukup bagus.

4.    Eyefi Cloud, menurut review PC mag.com bahwa dengan membeli perangkat Eye-Fi pelanggan sudah mendapatkan layanan service cloud computing. Eyefi akan memberikan software manajemen yang bisa kita install di perangkat smartphone, software tersebut selain untuk mengatur data yang tersimpan di Memory card, bisa juga dipakai untuk mengupload dan mendownload file-file tersebut ke cloud  provider.

Dengan demikian tidak semua data dari perangkat yang menggunakan Eyefi  Wifi harus tersimpan pada memory card tapi bisa juga disimpan ke  Cloud store, dengan begitu maka bisa menghemat ruang penyimpanan.  Tidak semua produk Eye-Fi support Eyefi cloud, mungkin produk terbarunya saja yang bisa support seperti Eye-Fi Mobi Pro X2.  Eyefi cloud sepertinya tidak tersedia untuk di Indonesia kalau bisa mungkin harus ter-registrasi ke cloud service yang ada di luar negri. 

5.    Sharing file via hostspot ? Bagaimana bisa konek ke internet kalo koneksi wifi yang dimungkinkan cuma  menggunakan mode adhoc? Salah satu solusinya adalah dengan melakukan koneksi terlebih dahulu melalui smartphone yang terkoneksi ke internet. Pada smartphone diinstall dengan Eyefi software yang mengatur management filenya. Dengan begitu proses sharing file secara online bisa terjadi via smartphone, ini yang perlu diluruskan bahwa koneksi secara langsung dari Eyefi tidak bisa langsung ke internet.

6.    Eyefi  tidak dilengkapi Operating sistem sendiri di dalamnya seperti pada komputer atau HP anda, Eyefi hanyalah berupa media penyimpanan biasa  yang sama sekali tidak dilengkapi dengan operating sistem. Koneksi Eye-Fi secara  wifi bisa terjadi jika dicolokan ke device gadget, Eye-Fi membutuhkan eksternal power untuk menghidupkan koneksi atau akses ke data yang tersimpan.

7.    Bicara soal koneksi Wifi pasti tidak lepas dari jangkauan sinyal, pertanyaan yang muncul pastinya adalah berapa jauh koneksi yang bisa terbentuk dari koneksi wifi pada eyefi? Secara fisik, keseluruhan badan dari memory card saja sudah kecil dan tipis maka bisa disimpulkan bahwa  WiFi klien adapter yang terpasang pada Memory card EyeFi rasanya sangat kecil juga, kemungkinan besar hanya sebesar chip saja. Oleh sebab itu kita bisa beranggapan bahwa kemampuan power atau daya pancar sinyalnya pun pastilah kecil.

Dengan begitu maka daya jangkaunya pun tidak bisa sejauh koneksi perangkat wifi yang biasa digunakan pada komputer atau smartphone. Daya pancar yang kecil juga berpengaruh kepada kualitas bandwidth, tentunya bandwidth dan kecepatan transfer-nya pun pastilah tidak sebesar yang diharapkan dan sangat bergantung pada jarak dan kemampuan pancar sinyal.

Demikian jika anda terpaksa harus menggunakan Eyefi maka janganlah berharap bahwa koneksi wifi  yang ada pada eye-fi akan sama bagusnya dengan koneksi wifi pada komputer atau smartphone anda.