Salah satu pemanfaatan jaringan komputer adalah untuk berbagi file dan printer, namun tidak semua komputer dalam jaringan ingin kita bagikan file milik kita. Agar komputer kita tidak terlihat sedang berbagi file oleh komputer mana pun dalam jaringan maka langkah yang mesti kita lakukan adalah dengan menjadikan komputer kita tidak terlihat oleh komputer lain pada jaringan komputer tersebut.

Pada saat sebuah komputer melakukan sharing file dan atau printer maka komputer tersebut otomatis mengirimkan pesan kepada semua komputer dalam jaringan tentang aktivitas sharing yang dilakukannya sehingga komputer tersebut akan terlihat pada network atau network neighborhood.
Agar komputer itu tidak terlihat pada jaringan maka caranya adalah dengan mengatur settingan pada registry.
1.    Klik Start
2.    Pilih run
3.    Ketik regedit dan klik Ok
4.    Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE
5.    Pilih SYSTEM
6.    Pilih CurrentControlSet
7.    Pilih Services
8.    Pilih LanmanServer
9.    Pilih Parameters
10.    Modify kata “hidden” dalam parameters, klik kanan pada kata “hidden” dan edit value data menjadi 1.
11.    Jika tidak ada “hidden” maka harus dibuat.
12.     Klik kanan di tempat kosong  pada tampilan sebelah kanan parameters, pilih NEW >>DWORD value ( untuk win7 ada dua pilihan 32 dan 64, sesuaikan dengan type OS Win7 yang kita pakai), rename jadi “hidden” dan edit value datanya menjadi 1.

Komputer yang diedit registrynya masih tetap bisa berbagi atau sharing file. Kita tinggal memberitahukan kepada komputer  yang benar-benar butuh file yang kita sharing bahwa komputer kita sudah melakukan sharing file tapi tidak terlihat pada network neighborhood dan mereka dapat mengakses file yang ter-sharing.

Semoga berguna