Kalau kucing sudah tidak bisa diandalkan untuk mengatasi tikus maka sebaiknya pertimbangkan beberapa tips berikut ini tentang bagaimana menangani tikus yang berkeliaran di rumah.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk membebaskan rumah anda dari tikus-tikus:

1.    Bila anda menggunakan perangkap untuk menangkap tikus maka umpan yang digunakan adalah selai kacang, jangan gunakan keju.

Gunakan selai kacang secukupnya saja. Kenapa selai kacang? Mungkin selai kacang tidak membuat tikus-tikus itu kenyang jadi mereka akan terburu-buru untuk menghabiskan umpan tersebut sehingga mereka mudah terjebak dalam perangkap.

2.    Tempatkan perangkap di sepanjang dinding dan di sudut-sudut karena tempat-tempat itu merupakan jalan yang biasa dilalui tikus sehingga besar kemungkinan bagi tikus untuk masuk ke perangkap.

3.    Temukan dan jalan masuk tikus ke dalam rumah dan tutup jalan tersebut. Kalau ternyata jalan masuknya dalah ventilasi maka kita dapat menutup lubang dengan kawat jaring.

4.    Tutup lubang tikus yang terdapat di tanah dengan sesuatu yang tidak disukai tikus, seorang teman pernah meminta buah tertentu yang beracun untuk dijadikan sumbatan lubang tikus.

5.    Jika menggunakan perangkap yang menangkap hidup-hidup tikus, maka pertimbangkan juga bagaimana melepaskan tikus tersebut atau membunuhnya agar jangan sampai masuk lagi ke dalam rumah.

Sekian tips dari saya, semoga berguna.