Secara etika dan aturan, tidur saat jam kantor tidak dapat dibenarkan, apapun alasannya. Berdasarkan pengalaman pribadi, ada beberapa cara dan trik yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk sehingga mencegah kita untuk tidak sampai tertidur.

Cara Biar Tidak Ketiduran Di KantorUntuk mengurangi atau mengatasi kebiasan tidur di kantor maka terlebih dahulu kita harus tahu mengapa kita melakukan hal tersebut.

Selama bekerja di kantoran dari dulu sampai dengan saat ini, berdasarkan pengalaman saya bahwa orang yang tidur di jam kantor disebabkan kerena hal-hal berikut ini:

  1. Kurang tidur

Biasanya kurang tidur adalah alasan yang utama orang terpaksa tidur saat jam kerja, kurang tidur karena melakukan aktivitas pribadi di luar kantor adalah hal yang tidak ditoleransi oleh management sebuah perusahaan, oleh karena itu jangan pakai alasan ini untuk nekad tidur apalagi dilakukan hampir tiap hari.

  1. Kebiasaan yang sudah mendarah daging

Ada orang yang sudah terbiasa kalau di jam-jam siang harus tidur, walaupun malam hari tidurnya cukup.

  1. Habis minum obat-obatan

Rata-rata semua obat flu menyebabkan rasa kantuk.

  1. Menderita penyakit tertentu

Beberapa penyakit biasanya menyebabkan orang mudah capek dan kemudian ngantuk dan tidak bisa tidak, harus tidur.

  1. Terlalu banyak berolahraga

Kalau terlalu banyak berolahraga di pagi hari biasanya kita sering kelelahan, di siang hari biasanya bawaanya ngantuk.

  1. Saat liburan,terlalu banyak aktivitas kesibukan sampai kecapaian

Biasanya saat liburan kita melakukan beragam aktivitas yang tidak biasanya, rasa lelah atau kecapaian biasanya baru terasa setelah satu atau dua hari berikutnya. Saat kita masuk kantor biasanya rasa lelah dan capai tersebut baru timbul dan membuat kita menjadi sangat mengantuk.

  1. Pekerjaan di kantor sedang tidak banyak atau lagi sepi

Biasanya kalau tidak ada pekerjaan yang harus dikerjakan maka karyawan jadi lebih rileks dan santai. Tidak adanya kesibukan atau tugas yang mesti dikerjakan membuat orang lalu memilih untuk bersantai-santai dan rileks dan kemudian akhirnya ketiduran.

Menghilangkan kantuk tanpa obat atau minuman kafein lebih sehatSetelah mengetahui penyebab mengapa orang mengantuk maka kita bisa lebih gampang mencari solusi untuk mengatasi kebiasaan kurang baik kita itu. Berikut adalah cara-cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan kebiasan buruk itu.

  1. Tidurlah yang cukup

Biasanya jam 10 malam saya sudah tidur, bangun pagi jam 4 30, olah raga ringan sebentar dan bersiap-siap untuk ke kantor. Rasa ngantuk hanya bisa dihilangkan atau diobati dengan tidur, itulah sebabnya tidur tidak boleh kurang agar rasa ngantuk tidak timbul.

  1. Camkan dalam hati anda, bahwa tidur di saat jam kantor adalah tidak baik dan kebiasaan tidak baik yang biasa kita lakukan lambat laun akan ketahuan oleh orang lain terutama oleh pimpinan perusahaan.

Kalau sudah jadi kebiasaan yang kurang baik memang susah dihilangkan, tapi biasanya orang yang selalu tidur di kantor seharusnya dilaporkan ke atasan atau tidak perlu dilaporkan karena lambat laun akan ketahuan langsung oleh atasan atau pimpinan perusahaan. Nah jika sudah ketahuan maka tentunya penilaian kinerja terhadap orang itu pasti tidak bagus lagi. Apa lagi kalau sering ketahuan tidur.

  1. Jika sedang sakit sebaiknya tidak perlu masuk atau kasih tahu kepada teman atau atasan anda bahwa ada sedang tidak sakit dan meminum obat yang membuat ngantuk.

Dengan melakukan hal itu maka saya yakin atasan anda pasti memahami kondisi anda, atau lebih baik jika anda pulang saja jika sakit anda butuh istirahat yang lama.

  1. Periksakan diri ke dokter

Jika anda sudah merasa beristirahat dengan cukup dan tidak ada sedang mengkonsumsi obat penyebab kantuk, tapi masih ngantuk juga maka sebaiknya anda periksa ke dokter siapa tahu anda menderita gejela penyakit yang serius.

  1. Olahraga yang ringan-ringan saja

Kalau pagi sebaiknya tida perlu menforsir Tenaga anda dengan olahraga berat yang membuat anda kelelahan, olahraga ringan yang cukup membuat otot tubuh menjadi rileks sudah cukup.

  1. Ngobrol dengan rekan-rekan kerja.

Jika tidak sedang banyak pekerjaan manfaatkan waktu tersebut dengan mengobrol bersama teman kantor.

  1. Nonton film atau dengar musik

Berdasarkan pengalaman pribadi, atasan saya pernah melontarkan pernyataan bahwa dia lebih senang melihat bawahannya menonton film saat jam kantor dari pada melihat mereka tidur. Ini fakta.

  1. Browsing internet

Banyak hal yang bisa anda lihat di internet yang bisa membuat kantuk anda hilang, seperti tempat-tempat liburan, melihat gadget terbaru, atau apa saja yang anda sukai.

  1. Makan rujak

Carilah makanan yang sehat seperti buah-buahan. Dari pada minum kopi atau minuman yang berkafein tinggi lebih makan buah-buahan. Rujak adalah pilahan yang tepat selain sehat juga membuat pikiran kita beralih dari rasa ngantuk.

  1. Membuat list pekerjaan rumah yang akan dikerjakan nanti di saat libur akhir pekan.

Intinya lakukan pekerjaan atau aktivitas yang membuat anda sibuk dan pikiran teralihkan dari tidur.

Sebagai kesimpulan adalah:

  • Tidurlah yang cukup agar tidak mudah ngantuk
  • Tidak bagus jika tidur saat di jam kantor
  • Menghilangkan kantuk tanpa obat atau minuman kafein lebih sehat
  • Lakukan aktivitas seperti nonton film, dengar musik dan browsing internet untuk mengalihkan pikiran dari rasa kantuk.