Menurunkan tagihan listrik bisa dilakukan dalam tiga cara yaitu mengurangi pemakaian listrik, menggunakan peralatan elektronik yang berdaya listrik kecil tapi kinerja sama seperti peralatan listrik yang berdaya listrik normal dan mengganti peralatan elektronik dengan peralatan non elektronik yang fungsinya sama.

Cara Bijak Menurunkan Tagihan Listrik

A.  Mengurangi pemakaian listrik

Mengurangi pemakaian listrik adalah cara yang paling tinggi tingkat keberhasilannya dalam menurunkan tagihan listrik namun harus dilakukan dengan disiplin dan konsisten.

  1. Mengurangi pemakaian AC

Salah satu cara untuk menurunkan pemakaian AC adalah dengan cara bangun tidur lebih pagi. Jika biasanya anda bangun pagi jam 6 maka cobalah bangun pagi dipercepat menjadi jam 4:30 pagi dan langsung mematikan AC.

Dengan cara seperti ini maka anda sudah mengurangi jumlah pemakaian kWh listrik yang dihasilkan oleh AC.

  1. Mengurangi waktu nonton TV

Buatlah daftar acara favorit anda, misalnya siaran langsung bola, siarang langsung berita atau news. Acara lain yang tidak begitu berguna atau sifatnya sekedar hiburan saja tidak perlu ditonton.

  1. Masaklah nasi sesuai dengan kebutuhan saja, jangan berlebihan

Memasak nasi yang banyak dan berlebih membuat kita terpaksa harus menghangatkan terus dengan menggunakan magic jar yang memakan daya listrik yang cukup tinggi. Untuk mengurangi waktu penghangatan nasi maka masaklah nasi sesuai dengan yang kita makan saat itu saja sehingga tidak ada nasi tersisa yang harus dihangatkan.

  1. Gunakan penampung air

Jika anda menggunakan pompa air listrik maka buatlah tempat penampungan air yang letakan di tempat yang tinggi, isilah air di tempat penampungan. Membuat penampung air adalah cara yang paling jitu untuk mengurangi pemakaian listrik yang disebabkan pemakaian pompa air listrik. Dengan adanya penampung air maka pompa listrik tidak harus bekerja setiap kali kran air dibuka.

  1. Gunakan saklar lampu yang bertimer

Untuk menghindari kita lupa mematikan lampu maka gunakan saklar lampu yang bisa diatur waktu pemakaiannya. Maksudnya setiap waktu tertentu sesuai dengan pengaturan yang kita buat maka saklar akan memutuskan aliran arus listrik ke lampu secara otomatis. Misalnya kita mengatur waktu 11 jam dari jam 6 sore sampai jam 5 pagi, dan tepat jam 5 pagi maka lampu secara otomatis akan mati.

Cara ini akan membuat kita lebih berhemat dalam menggunakan listrik untuk penerangan, karena biarpun kita lupa atau terlambat bangun, aliran arus listrik sudah dimatikan secara otomatis.

 

B.   Menggunakan peralatan elektronik yang berdaya listrik kecil tapi kinerja sama seperti peralatan listrik yang berdaya listrik normal

Beberapa contoh peralatan listrik yang bisa evaluasi lagi terkait daya listrik yang digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Lampu

Untuk menghemat daya listrik maka pertimbangkan untuk menggunakan lampu jenis LED yang berdaya lsitrik rendah. Jika saat ini kita lebih banyak menggunakan lampu jenis CFL atau lampu neon maka mulailah untuk mengganti lampu-lampu CFL secara bertahap dengan lampu LED.

  1. AC hemat listrik

Saat ini banyak ditawarkan pendingin ruangan atau AC yang hemat listrik, coba pertimbangkan untuk menggantinya. Atau mungkin saat ini anda menggunakan AC dengan daya besar untuk mendinginkan ruangan yang tidak terlalu besar, coba pertimbangkan untuk menggantinya dengan AC yang berdaya lebih kecil.

  1. Ganti kulkas 2 pintu dengan kulkas 1 pintu

Jika anda tidak terlalu butuh volume ruangan kulkas yang besar maka coba pertimbangkan untuk menggunakan kulkas yang lebih kecil. Alasannya karena kulkas dua pintu daya listriknya lebih besar dibanding dengan kulkas satu pintu. Sehingga pasti lebih hemat listrik.

 

C.  Mengganti peralatan elektronik dengan peralatan non elektronik yang fungsinya sama.

Di jaman modern rasanya aneh jika tidak menggunakan peralatan yang serba elektronik, akan tetapi sebenarnya ada peralatan tanpa listrik yang masih bisa digunakan untuk menggantikan peralatan listrik.

  1. Mesin cuci listrik

Mencuci bisa dilakukan tanpa menggunakan mesin cuci, mencuci dengan tangan bisa kita lakukan jika cucian tidak terlalu banyak. Dengan begini saya yakin kita bisa menghemat pemakaian listrik.

  1. Mengganti AC dengan memperbanyak atau membuka jendela rumah.

Cara ini bisa dilakukan terutama di siang hari saat angin bertiup sejuk dan di sekitar rumah terdapat pohon yang rimbun. Dengan mengurangi jumlah pemakaian daya listrik oleh AC maka tagihan listrik pasti berkurang.

  1. Memanggang dengan kompor gas atau dengan Microwave

Memanggang bisa dilakukan dengan menggunakan kompor gas dan di atas bara api, microwave butuh daya listrik yang sangat besar. Pertimbangkan penggunaan arang atau kompor gas.

Semoga berguna.