Berbagai macam saran dan tips mungkin sudah sering kita baca, dengar dan coba diterapkan, tapi hasilnya tetap saja tidak ada atau dirasa kurang.

Mungkin ada hal yang kurang yang belum anda lakukan, coba cek dan pelajari tips dan saran-saran dalam tulisan ini, siapa tahu ada yang terlewatkan.

Berikut adalah tips lengkap soal bagaimana mengurangi tagihan listrik dan menghemat pemakaian tapi tidak membuat perkejaan dan aktivitas harian kita jadi terganggu.

#1. Pastikan tidak ada lagi lampu pijar yang masih menyala di rumah kita

Jika ada lampu pijar yang masih nyala maka segeralah ganti dengan lampu CFL atau LED.

Pada tahun 2014, produsen lampu bolam pijar sudah berhenti memproduksi lampu pijar berdaya 60 watt dan 40 watt (lampu 100 watt dan 75 watt sudah tidak lagi diproduksi).

Lampu pijar kini sudah diganti dengan lampu Neon atau CFL dan Lampu LED yang jauh lebih terang dan tidak panas dibandingkan lampu pijar tapi hanya butuh daya listrik yang jauh lebih kecil dari lampu pijar.

Lampu pijar 100 watt setara dengan lampu LED 15 Watt soal pencahayaannya.

Mengganti lampu bohlam pijar adalah langkah terbaik untuk menghemat tagihan listrik kita.

#2.  Gunakan Penampung Air dan Letakan Di Tempat yang Tinggi

Jika kita menggunakan air tanah maka pompa air listrik sudah pasti akan kita gunakan untuk menyedot dan mengalirkan air. Karena air adalah kebutuhan utama maka tentunya kita pasti akan membuat pompa air kita lebih sering digunakan dan hal ini akan membuat konsumsi listrik menjadi semakin besar, tagihan listrik pun tidak terhindarkan besarnya.

Hal ini disebabkan oleh karena pompa air cukup besar daya listriknya, jika sering digunakan maka pemakaian KWH bulanannya pasti akan tinggi.

Salah satu cara untuk mengurangi pemakaian pompa air listrik adalah dengan menampung air yang diletakan pada posisi yang tinggi sehingga setiap kali kita membukan keran air maka tidak perlu harus menyalakan pompa air, air akan dialirkan tanpa perlu aliran listrik ke pompa, cukup dengan gaya gravitasi saja.

Cara ini sangat mengurangi pemakaian listrik dan tentu pasti akan mengurangi tagihan.

#3.  Pastikan celah-celah pada rumah kita, apakah sudah tertutup dengan rapat atau belum

Jika kita menggunakan AC sebagai pendingin ruangan maka kita harus pastikan bahwa tidak ada celah-celah yang membuat udara dari dalam dan luar ruangan dapat keluar masuk dengan bebas.

Karena celah udara dapat membuat proses pendinginan sebuah ruangan menjadi lebih lama dan motor kompresor AC akan bekerja lebih lama, ini akan membuat pemakaian listrik menjadi besar dan biaya tagihan akan lebih besar10% proses pendinginan ruangan.

Namun jika ruangan tertutup rapat maka udara dalam ruangan akan lebih cepat dingin karena tidak bercampur dengan udara dari luar yang lebih panas. Proses pendinginan akan menjadi lebih cepat, dan ketika sudah tercapai suhu yang diinginkan maka motor kompresor akan berhenti secara otomatis.

#4.  Gunakan microwave daripada menggunakan kompor listrik.

#5.  Gunakan oven gas daripada oven listrik

#6.  Perhatikan pemakaian oven listrik yang benar.

Jika anda menggunakan oven listrik maka jangan sering-sering membuka oven saat digunakan karena setiap kali membuka oven maka suhu di dalamnya akan turun dan untuk menaikannya kembali butuh daya listrik tambahan lagi.

#7.  Sebisa mungkin gunakan cahaya alami, pastikan ruangan rumah anda mendapatkan cahaya dari luar, jangan terlalu sering menyalakan lampu saat siang hari.

#8.  Gunakan system saklar otomatis yang menggunakan sensor dan timer untuk menyalakan dan mematikan lampu.

#9.  Jalankan fungsi sleep pada komputer anda ketika berhenti atau rehat sebentar dari pekerjaan dengan komputer.

Dengan fungsi sleep proses hidup matinya komputer tidak seperti saat kondisi shut down, sehingga pemakaian daya listrik jadi berkurang.

#10.  Gunakan kipas angin untuk membuat ruangan lebih sejuk, pemakaian daya listrik pada kipas angin lebih kecil dibanding menggunakan AC.

#11.  Untuk kulkas atau lemari es, dikatakan bahwa lemari es dan freezer sebenarnya akan beroperasi paling efisien saat kulkas itu terisi penuh, jadi simpan persedian makanan anda dalam kulkas dan freezer sepenuh mungkin (gunakan botol air jika tidak ada lagi yang harus dimasukkan).

Berhati-hatilah saat mengatur posisi isi kulkas karena jika terlalu berlebihan maka akan mengurangi aliran udara dan menyebabkan kulkas bekerja lebih keras dan mengkonsumsi listrik lebih besar dari biasanya.

#12.  Jangan biarkan ponsel di-charging semalaman.

Charge hape anda saat siang biar bisa dicek sudah penuh dan dicabut chargernya.

#13.  Matikan oven listirik beberapa menit sebelum waktu yang ditentukan, karena oven masih dalam kondisi panas tapi aliran arus listrik sudah terhenti.

#14.  Jauhkan peralatan listrik yang menghasilkan panas( seperti lampu TL) dari sensor suhu pendingin ruangan AC.

#15.  Cabut pengisi daya atau charger yang tidak digunakan.

#16.  Gunakan peralatan yang hemat listrik

Peralatan listrik yang sudah lama digunakan biasanya sudah boros listrik. Seperti AC lama yang boros listrik. Ganti dengan peralatan listrik yang memiliki fitur smart sehingga dapat menghemat pemakaian listrik.

#17.  Ganti TV LCD dengan TV LED

#18.  Ganti komputer desktop dengan laptop, konsumsi listrik laptop jauh lebih kecil dibanding komputer desktop.

#19.  Saat menggunakan laptop cabut colokan adaptornya jika battery sudah terisi penuh.

#20.  Jangan terlalu sering nonton berita di TV, gunakan hape anda untuk streaming atau mengakses berita dan informasi penting lewat hape saja.

Cara ini dapat menurunkan konsumsi listrik oleh karena penggunaan TV.  Perangkat TV cukup besar daya listriknya.

#21.  Lakukan Audit Energi Listrik

Pertimbangkan untuk menyewa seorang auditor kelistrikan atau seorang pakar listrik yang profesional untuk mengecek dan mengevaluasi tidak efisiennya pemakaian listrik di rumah atau di kantor anda.

Auditor yang berpengalaman akan memeriksa dan menentukan peluang-peluang yang bisa dilakukan untuk penghematan dan mengidentifikasi bagian mana saja yang membutuhkan perbaikan.

Coba searching di google siapa tahu ada auditor professional terkait efisiensi pemakaian listrik di rumah atau di kantor anda, siapa tahu cocok harganya dan memberikan manfaat jangka panjang.

Semoga berguna