Smartphone dan tablet secara default hanya dilengkapi dengan antenna internal yang sulit untuk diganti dengan antenna tambahan yang memiliki power yang lebih besar, alasan ini mungkin jadi penyebab mengapa para penguna perangkat Smartphone dan tablet sering bermasalah dengan kualitas sinyal wifi, di mana sinyal wifi  yang ditangkap oleh perangkat mobile tersebut tidak maksimal.

Untuk mengatasi persoalan lemahnya sinyal wifi yang diterima oleh perangkat smartphone dan tablet maka berikut ini akan dibahas bagaimana meningkatkan sinyal wifi pada smartphne tablet tanpa harus menambahkan antenna luar yang bisa mengubah tampilan atau bahkan merusak casing HP anda.

1.     Hindari koneksi ke jaringan wifi yang Open key

Jaringan wifi yang tidak memiliki pengaman atau open key biasanya padat dan jaringan wifi jenis ini biasanya rentan interferensi karena banyak diakses, oleh karena itu semakin padat juga sinyal wifi di area sekitarnya sehingga makin tinggi interferensi.

Interferensi merupakan gangguan pada gelombang elekromaknet yang diakibatkan adanya bentrokan antara dua sumber gelombang yang menggunakan frekuensi yang sama. 
Semakin banyak sinyal-sinyal lain yang saling bersinggungan maka semakin menurun kualitas sinyalnya. Selain lebih aman maka lebih baik jika kita mengakses pada wifi yang diberi key pengaman atau password untuk mengakses.

2.    Atur posisi  yang pas antara Wifi Access Point atau Wifi AP router dengan Smartphone tablet.
Beberapa jenis material yang dilewati oleh sinyal wifi memiliki kemampuan untuk menurunkan daya pancar sinyal tersebut. Material seperti dinding beton yang tebal, pintu kayu yang tebal dan pintu besi atau bahan logam lainnya bisa menurunkan kekuatan pancar.

Untuk meningkatkan daya tangkap sinyal wifi maka sebaiknya pastikan posisi anda dan wifi Access Point tidak terhalang apapun.

Pada jaringan wifi yang terdapat di tempat-tempat umum langkah awal yang bisa anda lakukan adalah mencari di mana letak perangkat wifi Access point berada, lihatlah ke sekeliling tempat atau sudut ruangan dan temukan benda yang memiliki antenna dan terdapat lampu LED yang berkedap-kedip. Jika anda bisa menemukan benda tersebut dari posisi duduk anda maka, selamat ! kepada anda karena  kemungkinan besar anda berada pada jalur yang ideal antara smartphone  dan access point Wifi.

3.    Atur jarak antara smartphone dan wifi access point atau Wifi AP router

Jika secara visual anda bisa menemukan letak posisi access point maka langkah berikutnya adalah untuk memastikan bahwa posisi HP smartphone atau tablet dengan Wifi AP atau Wifi AP router tidak berjauhan, semakin dekat smartphone dengan Wifi AP atau Wifi AP router maka semakin besar sinyal yang ditangkap.

4.    Cek kondisi internal smartphne tablet  anda
Kondisi yang saya maksud adalah proses aplikasi pada Hp yang sedang dipakai di mana ada beberapa aplikasi yang  berjalan  baik secara background atau dijalankan oleh sang penggunaHp dan menyebabkan kinerja smartphone anda dalam melakukan aktivitas di jaringan  menjadi menurun.

Nonaktifkan aplikasi yang berjalan dengan proses yang tidak bisa dipantau secara langsung oleh penggunanya. Banyak aplikasi pada smartphone kita yang  terus-menerus aktif dan terus aktif  bahkan ketika layar ponsel dalam kondisi sleep. Dengan menonaktifkan fungsi latar belakang aplikasi tersebut maka kita telah meningkatkan kemampuan smartphone tablet kita dalam menangkap sinyal sehingga meningkatkan kemampuan perangkat dalam beraktivitas pada jaringan wifi.

Semoga berguna
Sumber gambar:MIKI Yoshihito