Pada posting terakhir saya terkait membuat blog, ada tiga pertanyaan yang saya janjikan akan membahas diposting berikutnya.

Ketiga pertanyaan itu adalah

  • Bagaimana mendesign tampilan blog biar lebih keren?
  • Bagaimana cara menulis artikel yang bagus?
  • Bagaimana mengganti alamat blog biar lebih terkesan professional?

Saya akan membahas ketiga pertanyaan tersebut satu persatu.

Membuat tampilan blog biar terlihat lebih keren

Proses ini kalau dilakakun sendiri akan butuh waktu yang lama dan semangat juang serta usaha yang besar. Saya bertahun-tahun mencoba mengatasi masalah ini dengan tangan dan pikiran saya sendiri.

Anda mau tahu hasilnya? Kata teman saya masih terlihat amatiran dan sedikit norak… Jadi saya tidak pernah menyarankan anda untuk membuat sendiri template blog anda.

Tampilan blog itu ditentukan oleh theme blog yang terpasang, kalau anda menggunakan theme blog yang gratisan maka blog anda akan terlihat ala kadarnya, mau anda jungkir balik, mengutak-atik pun akan tetap seperti itu, kecuali anda punya bakat design grafis yang jempolan dan punya dasar programing yang kuat.. Mungkin bisa, tapi jarang orang yang punya 2 keahlian tersebut sekaligus.

Cara praktis yang bisa anda lakukan adalah membeli theme blog yang dibuat oleh tenaga professional yang memang ahli di bidangnya. Saya melakukanya karena sudah capek utak-atik dan tidak ada perkembangan yang signifikan dari waktu ke waktu, mungkin karena tidak punya bakat.

Pengalaman saya, pernah membeli dari website luar, alamatnya themeforest.net dan juga dari designer local namanya: sugeng.id.

Kalau di themeforest anda mesti siapkan kartu kredit dan dana yang keluar sekitar 300-an ribu sudah dapat theme yang bagus. Kalau di mas sugeng cukup 200-an ribu sudah bisa buat blog terlihat jauh lebih keren.

Sebelumnya saya selalu mengedit sendiri themes blog, bisa seharian saya mengutak-atik thema blog dan tidak pernah puas dengan hasil editan sendiri. Tapi dengan membeli themes membuat kita menghemat banyak waktu dan tidak banyak pikiran yang terkuras, karena sedikit saja editing yang mesti kita lakukan dan hasilnya sudah sangat memuaskan.

Dengan membeli theme jadi maka semuanya sudah dibuat dengan kualitas yang bagus, kita tidak perlu banyak melakukan pengaturan dan tidak lagi sampai harus mengutak-atik code CSS atau source code lainnya.

Cara menulis artikel yang bagus

Menulis artikel itu relatif gampang, YA. Tidak susah karena menulis untuk blog itu lebih mirip dengan kita berbicara secara spontan untuk mempresentasikan sesuatu hal yang sangat kita kuasai.

Agar proses menulis kita benar-benar mengalir seperti air maka sebaiknya kita menulis hal-hal yang benar-benar kita alami atau hal-hal yang benar-benar ingin kita utarakan dari dalam hati.

Misalnya pengalaman tentang mendapat nilai ujian yang memuaskan; Kita bisa bercerita mulai dari bagaimana sebenarnya bahwa diri kita itu bukanlah orang yang pintar, tapi karena persiapan yang kita lakukan jauh-jauh hari dengan matang maka kita berhasil mencapai nilai yang bagus. Ceritakan tentang persiapan yang kita lakukan jauh-jauh hari tersebut sampai hari ujian berlangsung.

Untuk mencari topik atau ide yang ingin kita jadikan tulisan, bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari, coba ingat kembali pengalaman selama seharian dari pagi hingga malam, pastilah ada satu dua hal yang berkesan.

Nah cobalah mulai mengebangkannya menjadi sebuah tulisan. Dan ingat bahwa pengalaman tersebut adalah benar-banar yang anda alami atau mungkin orang lain yang alami tapi sangat menyentuh hati dan pikiran anda sendiri.

Jangan coba untuk meniru tulisan orang karena pengalaman masing-masing orang itu beda, kalau kita meniru tulisan orang sama saja dengan kita mengulangi ( Membeo) ucapan atau perkataan orang tersebut… Pastinya tidak enak didengar, begitu juga dengan tulisan kita… Kira-kira seperti itu.

Untuk teknik menulis bisa anda baca sendiri di link ini: http://norisanto.com/fakta-dan-teknik-menulis-blog-seperti-apa-yang-paling-baik/

Mengganti alamat blog dengan nama domain yang terkesan profesional

Biasanya kalau kita buat blog di Blogger.com atau WordPress.org maka alamat URL blog kita akan menjadi seperti ini: namablog.blogspot.com atau namablog.wordpress.com.

Dalam dunia internet, alamat URL seperti itu sangat terkesan amatiran, tidak professional dan dianggap tidak praktis karena terlalu panjang dan susah untuk ingat atau ditulis.

Nah, biasanya para blogger yang ingin mengembangkan blog mereka agar lebih menjadi blog yang pro maka mereka akan mengganti nama tersebut dengan nama domain mereka sendiri.

Biasanya mengganti nama itu prosesnya gampang cuma tidak gratis, harus bayar biaya domain sekitar 150 ribu setahun.

Selain mengganti nama dengan nama sendiri ( seperti namablog.com, namablog.org dan lainnya) untuk membuat blog kita menjadi lebih pro lagi adalah dengan menyediakan sendiri hosting atau tempat kita menaruh file-file blog kita.

Jika belum dijadikan hosting sendiri atau selfhosted maka file-file blog kita masih disimpan di blog provider.

Biasanya  domain dan sewa hosting itu disediakan oleh Internet Service Provider contohnya seperti niagahoster.

Niagahoster memberikan promo yaitu jika sewa hosting maka akan gratis domain, silahkan cek sendiri, cari dan pilih domain anda sendiri. Cek disini

Kesimpulan

Jadi kalau mau buat blog jadi lebih professional maka segera:

  1. Posting artikel yang berkualitas
  2. Ganti theme blog dengan yang professional berbayar
  3. Ganti nama domain dan sewa hosting sendiri

Semoga berguna