TV tidak lagi dipakai sekedar untuk melihat acara dari stasiun TV tapi sudah multi fungsi, mulai untuk main game, nonton youtube sampai untuk nonton film Streaming dari Penyedia Movie Streaming online seperti NetFlix dan Iflix.

Produksi layar TV pastinya tidak akan pernah berhenti, yang mungkin bakal berhenti adalah acara TV dari stasiun TV tersebut, terutama stasiun lama yang masih menggunakan sinyal analog… Ya, yang masih pakai antenna luar itu.

Dengan bergesernya fungsi TV maka jumlah waktu pemakaian TV pun pasti akan berubah, bisa jadi durasi TV dinyalakan dalam satu hari jadi berkurang; Bisa juga diakhir pekan TV bakal berjam-jam dinyalakan, non stop untuk nonton youtube karena konten acaranya tidak ada habisnya, atau juga dipakai untuk monitor saat main game.

Jangan salah pilih TV, TV LCD atau TV LED?

Kalau mau beli TV, pastikan dulu pada spesifikasi TV yang kita lihat di toko elektronik tersebut. Kalau cuma lihat tampilan fisik TV, cukup sulit membedakan antara jenis TV LCD dan TV LED. TV LCD dan TV LED terbaik sekalipun memiliki bentuk yang serupa. Sama-sama berbentuk tipis dengan layar datar.

Perbedaan mulai terlihat ketika TV dinyalakan.

Dalam hal kecerahan dan kontras, TV LCD memang terlihat lebih baik dibandingkan dengan TV LED. Kualitas layar LCD yang lebih baik ini tak lepas dari penggunaan teknologi CCFL backlight pada TV LCD.

Backlight itu adalah cahaya dibagian dalam layar TV yang membuatnya menghasilkan gambar berwarna-warni. Kualiatas cahaya tentunya ditentukan oleh jenis lampu yang menjadi sumber cahaya tersebut.

Di sisi lain, TV LED menggunakan teknologi LED backlight. Karena penggunaan teknologi ini, TV LED terlihat lebih redup dibandingkan dengan TV LCD.

Jadi kata kunci yang membedakan TV LCD dan LED adalah pada jenis lampu Backlight-nya. Kalau LCD menggunakan teknologi CCFL sedangkan LED menggunakan cahaya dari lampu LED.

Pilih TV LED saja daripada TV LCD, kenapa?

Kalau mau hemat listrik maka lebih baik pilih TV LED, karena teknologi CCFL backlight ternyata jauh banyak butuh daya listrik dibandingkan dengan LED backlight.

Menurut situs resmi Sharp (https://id.sharp/news/tv-led-dan-tv-lcd-mana-yang-lebih-hemat-listrik), besaran daya TV LCD yang umumnya lebih tinggi. Sebagai ilustrasi, daya yang digunakan TV LCD biasanya berada di angka 100 watt. Di sisi lain, TV LED hanya memiliki daya sebesar 50 watt.

Perbandingan konsumsi listrik antara TV LED dan TV LCD sekitar 1:2.

Kalau mau hemat listrik, jangan pikirkan harga TV

Ya, harga TV LED lebih mahal dari TV LCD, tapi TV LED jauh lebih hemat listrik, maka lebih baik yang hemat listrik saja.

Ingat bahwa saat ini intensitas penggunaan TV bakal lebih banyak karena TV bukan lagi sekedar untuk menampilkan acara stasiun TV tapi sebagai monitor komputer, nonton youtube, dan main game, jadi sangatlah tepat pilih TV yang hemat listrik seperti TV LED.