Pertama kali mencoba membagi koneksi internet sekitar 8 tahun yang lalu, alasan utama berbagi koneksi internet adalah biaya langganan bisa ditanggung bersama, jadinya lebih hemat. Kondisi sekarang memang sudah berubah, biaya langganan internet lebih murah, koneksi ke internet bisa dilakukan dari berbagai macam jenis perangkat, mulai dari komputer sampai handphone. Berbagi koneksi internet menjadikan biaya langganan menjadi semakin murah. Membagi koneksi internet dari satu komputer ke beberapa komputer lainnya tidak sulit dan tidak  butuh perangkat tambahan, cukup media komunikasi antar komputer.

Sistem operasi seperti windows sebenarnya telah menyiapkan beragam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berbagi koneksi internet, namanya Internet Connection Sharing.
Syarat utamanya harus punya koneksi internet dan koneksi ke LAN, koneksi ke internet dan LAN harus menggunakan interface atau melalui network adapter yang berbeda, tidak boleh sama.

Cara setting internet sharing connection-nya seperti ini untuk windows 7;
1. Klik Start > Control Panel >Network and Internet >Network and Sharing Center

2. Setelah muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, pilih dan klik Change Adaptor Settings

3.   Pilih dan klik kanan pada adapter di mana koneksi internet tersambung.
4.  Pilih dan klik tab sharing
5.  Pilih dan klik pada  cek box “Allow Other Network Users to Connect through This Computer’s Internet Connection”

6. Pilih network adapter yang akan menjadi koneksi untuk berbagi ke komputer lain dan klik OK

7.  Saat klik OK muncul peringatan seperti di bawah ini, pilih Yes. 
Dari tampilan pesan di atas terlihat bahwa IP address dari network adapter yang terkoneksi ke LAN berubah menjadi 192.168.137.1. 
Pada sisi komputer klien cukup me- setting IP address dengan automatic