Bicara tentang koneksi internet, hal pertama yang dibahas adalah berapa biayanya dan apa paket yang ditawarkan. Membangun koneksi internet memang identik dengan biaya yang tinggi. Beberapa alasan biaya koneksi internet yang besar adalah:
1.    Pelanggan terlalu pasrah dan terfokus pada satu sebuah ISP saja.
2.    Kurangnya pemahaman tentang paket internet, terutama terkait kuota internet.
3.     Seringnya ISP salah menerapkan sistem kuota dan meyebabkan kerugian.
4.    Pelanggan pasrah saja jika terjadi kesalahan sistem dari ISP tanpa pernah menuntut apa yang menjadi haknya.
5.    Koneksi yang sering tidak stabil, kadang cepat kadang lambat sehingga pemakaian internet selama masa sewa tidak sepenuhnya bisa dinikmati oleh pelanggan.

Sebenarnya ada beberapa cara dalam membangun koneksi atau berlangganan internet secara murah dan hemat.
1.    Berbagi koneksi internet kepada beberapa user dengan hanya menggunakan satu koneksi atau satu langganan saja.
Cara ini cocok digunakan di rumah atau di rumah kantor. Jika setiap anggota keluarga memiliki satu koneksi internet atau berlangganan internet maka berapa jumlah biaya yang mesti dikelurkan jika ditotal keseluruhan biaya langganan tersebut
Salah satu cara berbagi koneksi internet adalah dengan menggunakan koneksi wireless, wifi router adalah perangkat dengan teknologi terkini yang dipakai dalam membagi satu sambungan  internet kepada  beberapa user atau pengguna. Yang diperlukan dalam membagi koneksi internet dengan wifi router adalah :
a.    Perangkat wifi router, perangkat ini berfungsi sebagai router dan Access point dalam satu hardware.  
b.    Koneksi wifi antara komputer klien atau gadget dengan Access point router.
c.    Modem untuk terkoneksi ke internet.
d.    Tidak butuh kabel data.

2.    Pilih ISP yang tepat.
Memilih ISP yang tepat artinya telitilah dalam membaca dan menganalisa paket yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk berlangganan. Beberapa kata kunci yang perlu diperhatikan dalam menentukan paket mana yang akan dipakai adalah sebagai berikut:

a.    Paket besarnya kuota yang diberikan.
b.    Pemakaian kuota dan waktu pemakaian. Biasanya kuota besar yang ditawarkan hanya bisa dipakai pada jam atau waktu tertentu. Rentang waktu istirahat ( Jam 12 malam sampai jam 6 pagi ) mendapatkan porsi yang besar.
Sedangkan pada saat rentang waktu orang beraktivitas ( jam 6 pagi sampai jam 12 malam ) jatah kuota internet diperkecil. Tanpa sadar kita sering terkecoh dengan kondisi ini dan hanya bisa pasrah.
c.    Carilah paket yang tidak memberlakukan kuota berdasarkan rentang waktu. Pemakaian ditotal untuk waktu yang lama. Misalnya 5 GB perbulan atau tiga bulan.
d.    Pilihlah paket yang memiliki masa aktif yang lama.
e.    Cari paket yang memberikan akses gratis ke beberapa website popular, seperti facebook.com, google, kompas dan sebagainya.

Semoga berguna
Sumber gambar: Ed Yourdon