Micro SD

Ketika punya handphone baru ternyata memory card-nya tidak ada, namun memory internal masih banyak yang tidak terpakai jadi smartphone masih bisa jalan normal.

Akan tetapi setelah dipikir-pikir, lebih baik kita menyediakan memory card tambahan agar jika memory internal penuh dan banyak data yang mesti kita simpan, kita tidak tergesa-gesa dalam menentukan seperti apa kartu memory yang tepat untuk handphone kita.

Bagi saya ukuran adalah segalanya, itulah alasan saya untuk memilih memory card dengan yang berkapasitas besar. Tapi tunggu dulu, apakah memory card yang pas untuk smartphone adalah memory card yang kapasitasnya besar atau ada hal lain yang mesti diperhatikan saat memilih?

Untuk memilih memory card yang cocok untuk smartphone maka berikut ini adalah tips dan masukan yang mesti kita pertimbangkan.

  1. Jenis kartu memory

Kartu memori yang dipasang pada smartphone adalah jenis Micro SD atau micro SDHC, jangan pilih yang jenis SD Card atau SDHC Card. Pokoknya harus ada tulisan Micro nya. Beda antara Micro SD Card dan SD Card adalah ukuran dan jenis konektor yang ada pada kedua card tersebut.beda micro SD dan SD card

Kartu SD, ukuran dimensi –nya lebih besar, sedangkan kartu Micro SD ukuran dimensinya lebih kecil. Struktur dan ukuran kaki konektor kedua kartu tersebut sangat berbeda. Jenis konektor yang beda tersebut membuat kartu SD card tidak akan bisa terpasang pada colokan perangkat yang hanya support Micro SD. Begitu pun sebaliknya.

Kartu Micro SD bisa diubah menjadi kartu SD hanya jika kita punya adapter Micro SD to SD Card. Kartu memory jenis SD card dipakai untuk perangkat seperti kamera digital dan tidak bisa masuk ke smartphone. Pastikan anda tidak salah pilih.

  1. Kecepatan

Kecepatan adalah faktor kedua yang harus diperhatikan dalam memilih Micro SD card. Kecepatan micro SD sangat menentukan bagaimana data yang tersimpan di dalamnya bisa diakses secara cepat oleh sistem. Semakin tinggi kecepatannya semakin bagus untuk digunakan.

Kecepatan Micro SD bisa dilihat pada spesikasi dari perangkat tersebut. Micros SD yang diberi label Class 10 adalah Micro SD yang memiliki kecepatan di atas 10 MByte per detik. Ada pula Micro SD yang memiliki kecepatan lebih dari 10 MBps namun harganya pasti lebih mahal.

  1. Kapasitas daya tampung data dan kemampuan support Handphone

Daya tampung SDcard mulai dari 2 GByte sampai 128 GByte. Keputusan memilih berapa besar memory yang mau anda pakai buka ditentukan oleh keuangan anda, tapi berapa besar kemampuan handphone anda dalam men-support Micro SD. Ada handphone yang cuma support 16 GB namun ada yang support sampai 128 GB.

Pastikan terlebih dahulu, kemampuan support smartphone terhadap kapasitas Micro SD yang bisa terpasang lalu tentukan pilihan anda. Semakin besar kapasitas Micro SD semakin bagus.

  1. Harga dan Merk

Harga bukan segalanya, pastikan kecepatan aksesnya tinggi, semakin tinggi kecepatannya, harganya juga semakin mahal. Di pasaran harga Micro SD dengan dengan kapasitas 64 GB harganya bisa lebih murah dibanding dengan yang kapasitas 32 GB, hal ini disebabkan karena kecepatan micro SD 64 GB lebih rendah dari yang 32 GB.

Soal merk atau brand memang bervariasi, brand sangat mempengaruhi harga dan juga kualitas serta jaminan yang diberikan, pilihlah brand yang sudah terpercaya terutama jika anda menggunakannya untuk kebutuhan yang penting dan krusial.

Sebagai kesimpulan adalah micro SD yang bagus buat smartphone adalah micro SD dengan kapasitas daya tampung besar dan berkecepatan tinggi serta jaminan brand yang sudah teruji.

Smartphone yang terpasang dengan memiliki micro SD seperti ini membuat anda bisa melakukan banyak hal dengan gadget anda tersebut.