Ketika anda men-tap pada alamat di browser anda dan tidak ada reaksi yang terjadi atau tidak menampilkan apapun sesuai dengan apa yang seharusnya ditampilkan oleh website itu maka sebaiknya coba terapkan cara praktis yang paling mudah yang tidak susah untuk dilakukan.

Masalah saat browsing di mana tidak tampilnya halaman yang akan dituju, tidak saja disebabkan oleh faktor koneksi tapi juga disebabkan oleh browser yang digunakan.

Browser sering menjadi penyebab masalah yang sering dihadapi saat anda melakukan browsing dan saat mengunjungi halaman website di internet atau melakukan hal-hal lainya yang terkait dengan browser.

Cara praktis itu adalah mendownload, menginstall dan menggunakan browser alternative selain daripada browser bawaan Operating System pada smartphone dan gadget Android anda lainnya. Beberapa browser yang sudah terpercaya adalah Google Chrome, UC Browser, Firefox, Opera dan sebagainya, bisa kita gunakan sebagai browser alternative atau pun dijadikan sebagai browser utama.

Ketika anda ingin browsing maka bisa dilakukan secara langsung dengan men-tap browser apa yang ingin anda gunakan dan hal tersebut bisa dilakukan secara mudah, browser default atau bukan, bisa dipilih secara manual oleh pemakainya.

Namun ketika anda sedang membaca dari sebuah dokumen PDF dan ada terdapat link alamat website yang ingin anda kunjungi maka secara otomatis, browser yang digunakan untuk membuka alamat tersebut adalah default browser.

Langkah selanjutnya yang mesti dilakukan adalah mengecek dan memastikan pada system pengaturan dari smartphone Android anda bahwa browser bawaan operating system tidak menjadi default browser atau browser utama yang akan selalu digunakan setiap kali anda mau mengunjungi sebuah link atau alamat website secara otomatis melalui aplikasi lain.

Ada beberapa kejadian di mana link tersebut tidak bisa dibuka, tampilan pada browser hanya tampilan kosong. Jika anda mengalami masalah ini maka segera siapkan browser lain untuk membuka link tersebut.

Untuk itu ada beberapa pengaturan yang mesti dilakukan. Yang mesti dilakukan adalah mengganti browser bawaan yang bertindak sebagai default browser menjadi bukan default browser.

Cara mengubah status default dari browser bawaan OS menjadi bukan default browser, sebagai berikut:

  1. Cari, temukan dan Tap atau sentuh pada Settings atau PengaturanCara Praktis Mengatasi Masalah Browsing Pada Smartphone Android1
  2. Pilih dan sentuh pada More, untuk menampilkan pilihan pada menu setting yang lainnya.Cara Praktis Mengatasi Masalah Browsing Pada Smartphone Android2
  3. Pilih dan sentuh Application Manager
  4. Setuh, tahan dan geser layar ke kiri, cari dan temukan pilihan AllCara Praktis Mengatasi Masalah Browsing Pada Smartphone Android3
  5. Pilih dan temukan aplikasi bernama Internet, kemudian sentuh pada aplikasi tersebut.
  6. Geser layar ke arah bawah, temukan pilihan Clear Default, sentuh pada pilihan tersebut.Cara Praktis Mengatasi Masalah Browsing Pada Smartphone Android4

Setelah browser bawaan tidak lagi menjadi browser default maka selanjutnya anda bisa menjadikan browser favorit pilihan anda sebagai Default, caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi email atau dokumen pdf yang terdapat link atau alamat internet
  2. Klik atau tap pada alamat tersebut.
  3. Akan muncul pilihan beberapa browser, tap pada browser pilihan andaCara Praktis Mengatasi Masalah Browsing Pada Smartphone Android5
  4. Untuk menjadikan default browser pilih AlwaysCara Praktis Mengatasi Masalah Browsing Pada Smartphone Android6
  5. Jika anda tidak mau menjadikan browser manapun sebagai default browser maka pilih dan tap pada Just Once.Cara Praktis Mengatasi Masalah Browsing Pada Smartphone Android7

Menurut hemat saya anda tidak perlu menjadikan browser alternative favorit pilihan anda sebagai default browser. Mengapa? Karena jika seandainya browser favorit anda tidak begitu memuaskan maka anda tidak perlu repot-repot mengganti statusnya sebagai default browser.

Sebagai kesimpulan adalah default browser adalah browser yang akan digunakan oleh system untuk membuka alamat website secara otomatis.

Browser bawaan OS Android sering bermasalah saat digunakan.

Untuk itu perlu alternative browser yang mesti didownload dan di-install secara manual. Setelah terinstall default browser bisa diganti dengan browser favorit anda.