Menyambung dua komputer tanpa terminal penghubung bisa dimungkinkan jika tahu caranya dan apa saja yang mesti disiapkan. Tak masalah jika tak ada hub atau switch, cukup dengan satu kabel pun jadi.

Beberapa alasan praktis menyambung 2 komputer dengan satu kabel adalah koneksi kabel lebih cepat dari koneksi tanpa kabel dan proses penyambungannya jauh lebih simpel dan praktis lebih cepat.
Berikut ini adalah beberapa cara praktis untuk membuat dua komputer terhubung dengan sebuah kabel LAN.

1.    Siapkan media transmisi
Jenis media penghubung antara kedua komputer dipilih yang jenis kabel. Kabel data yang mesti disiapkan adalah kabel data jenis cross. Seperti kita ketahui, ada dua jenis kabel data yaitu straight dan cross.

2.     Pastikan kabel yang dipakai jenis Cross
Susunan atau urutan kabel pada ujung kedua konektor secara umum dibedakan dengan warna kabel.Cara sederhana untuk membedakan kedua kabel jenis kabel adalah dengan mengecek urutan warna pada kabel, susunan warna kabel pada konektor tersebut memberikan arti dan makna terhadap kabel data itu. Pada kabel straight susunan warna pada kedua ujungnya sama.

Tidak peduli susunan warnanya seperti apa yang penting urutan pada kedua konektornya sama persis. Mau warna biru berada pada urutan pertama maka pada konektor yang satunya lagi warna biru harus berada pada urutan pertama juga.

Untuk kabel cross, urutan warnanya berbeda pada kedua ujungnya. Biasanya warna yang menempati posisi urutan pertama akan menempati urutan ke tiga pada ujung satunya lagi. Dan posisi kabel yang menempati urutan kedua akan menempati posisi pada urutan keenam.

3.    Setting IP address
IP address adalah alamat logik pada tiap-tiap komputer yang terhubung ke LAN. Masing-masing komputer harus berbada ip addressnya. Untuk koneksi dua komputer dengan kabel cross , setting ip addressnya tidak susah. Kedua komputer tersebut harus disetting dengan segment yang sama, Class ip addressnya bebas, terserah.

Tetapi sekali lagi, segment IPnya harus sama. Caranya seperti ini: komputer A diset dengan IP 192.168.1.1 subnetmasknya 255.255.255.0 gateway kosongkan saja. Komputer B set dengan IP 192.168.1.2 subnetmask-nya 255.255.255.0 gateway konsongkan. Format subnetmask harus sama kalau beda berarti segment-nya berbeda juga.

4.    Cek koneksi
Jalankan perintah ping untuk memastikan kedua komputer tersebut sudah terkoneksi. Jika hasil ping adalah rto maka kedua komputer tersebut belum konek. Cek firewall, matikan saja firewall-nya.

Cara paling cepat dan praktis untuk menghubungkan 2 komputer adalah dengan menggunakan sebuah kabel,  gunakan kabel jenis cross, setting ip addressnya dalam segment yang sama, kemudian cek koneksinya. Selesai