Kualitas dari sinyal wifi yang diterima oleh wi-fi klien memang bukanlah jaminan bahwa koneksi ke internet menjadi lebih cepat, namun kualitas sinyal yang bagus adalah jaminan bagi tingkat stabilitas koneksi antar komputer dalam sebuah jaringan komputer.

Berbagai tips dan trik sudah sering dicoba namun dalam posting ini akan saya coba membahas bagaimana cara praktis dan gampang untuk meningkatkan kualitas dari sinyal wifi.

1. Gunakan Channel yang beroperasi pada  frekuensi yang paling kecil atau paling rendah. 
Hal ini didasari oleh hubungan antara frekuensi dan panjang gelombang, makin rendah frekuensi makin besar panjang gelombangnya.
Namun jika pada channel rendah sudah banyak digunakan gunakan channel berikutnya. Pada wifi biasanya ada sistem scanning untuk mengetahui channel mana yang bagus atau tidak terlalu banyak dipakai.

2. Posisi Wifi
Atur letak posisi wi-fi Access point pada tengah-tengah dari wi-fi klien. Bila perlu sedekat mungkin dengan AP. Secara teori kuat sinyal tergantung pada jarak antara AP dan Wifi klien, makin kecil jaraknya makin besar sinyal yang diterima.

3. Hindari halangan. 
Idealnya antara Wifi AP dan wifi klien tidak boleh ada penghalang di tengah-tengahnya. Semakin padat bahan material penghalang semakin turun kualitas sinyal dari wifi.

4. Upgrade firmware wifi
Firmware adalah sejenis program atau software terpasang dalam perangkat wifi dan digunakan untuk mengimplementasikan protocol-protocol jaringan dan sistem pengaman. Meng-upgrade firmware bertujuan untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada versi firmware yang lama sehingga dapat meningkatkan performa dari perangkat wi-fi tersebut.

5. Upgrade Antena Wifi
Cara ini cukup efektif namun punya sisi negatifnya juga. Salah satu cara untuk memperkuat power transmit dari pemancar wifi adalah dengan mengganti antennanya dengan yang memiliki antenna gain yang lebih besar.

Akan tetapi, dengan antenna gain yang besar  maka makin besar juga gangguan dari sinyal dari perangkat lain yang memiliki frekuensi yang sama dengan frekuensi dari wifi yang kita gunakan, hal ini dikenal dengan istilah interferensi. Interferensi memang sulit dicegah namun bisa dikurangi efeknya dengan mencari channel mana yang sepi penggunanya dan juga dengan mengurangi power dari antenna meski dengan resiko sinyal jadi kecil.

Jika di sekitar kita tidak terlalu pada pemakaian wifi-nya maka opsi ini cukup efektif untuk meningkatkan kualitas sinyal wifi.

Semoga berguna.