Bagi sebagian orang yang merasa sudah menguasai bidang jaringan, langkah-langkah awal yang sederhana dan simple tidak begitu terlalu dianggap. Pengecekkan terhadap hal-hal dasar dari sistem networking sebenarnya sangatlah membantu, selain untuk mengidentifikasi penyebab dari problem tapi juga bisa mengehemat biaya dan waktu dalam melalukan perbaikan terhadap permasalahan yang timbul.

Pada jaringan komputer dengan sistem operasi windows menerapkan model jaringan Client  Sever, pada sistem client server windows, komputer-komputer klien harus melakukan login ke domain untuk sehingga bisa memanfaatkan sumber daya yang terdapat atau diberikan oleh server, sumber daya tersebut beragam, mulai dari file, program, database sampai printer sharing.

Pada Windows terdapat  dua jenis user account atau User ID:

1.    Administrator atau User setara/setingkat Administrator 
User Administrator memiliki hak penuh untuk mengakses dan melakukkan perubahan pada seluruh sistem dari sebuah komputer. User yang termasuk sebagai user Administrator memiliki hak untuk melakukan perubahan pada sistem setting dan konfigurasi dari sistem dan juga diperbolehkan untuk menginstal software.

2.    User non Administrator
User yang bukan administrator tidak memiliki hak penuh atas sistem dari sebuah komputer. User ini hanya diberi akses untuk masuk atau login dan menjalankan program atau software yang terbatas atau yang sudah ditentukan oleh Administrator. User non Admin hanya memiliki akses yang sangat terbatas dan tidak diperkenankan untuk mengistalasi software.  User non admin pun tidak diperkenankan untuk malakukan shutdown atau restart sebuah komputer. Namun ada juga yang diberikan kemampuan untuk melakukanshutdown dan restart namun hanya sebatas 2 aktivitas itu saja.

Berikut adalah kondisi atau situasi yang mesti dipahami atau yang terjadi pada sisi User pengguna komputer:

–    User atau pengguna jaringan tidaklah sepenuhnya memahami arti teknis yang mereka lakukan dan sering kali mereka melakukan hal-hal yang menurut mereka mudah dan gampang tanpa mempedulikan bahwa kesalahan sederhana yang mereka lalukan bisa berdampak pada sistem secara keseluruhan. 

–    Para pengguna jaringan di tingkat user sering tidak memperhatikan secara detail dan cenderung untuk mencoba-coba melakukan hal-hal yang dianggap bisa mempermudah pekerjaan mereka. Berikut adalah situasi di mana para pengguna sering tidak menyadari situasi yang terjadi dengan user ID mereka dan berdampak pada saat melakukan login ke jaringan komputer.

–    User biasanya melakukan hal-hal yang sifatnya rutinitas dan jika terdapat perubahan oleh admin tanpa diberitahukan kepada mereka maka hal tersebut bisa menimbulkan masalah.

–    Biasanya yang terjadi adalah user sering melakukan login dengan user ID yang tidak lengkap dan kondisi capslock dalam keadaan menyala. Selain itu jika terjadi sedikit perubahan pada cara untuk login, user biasanya lupa dan terbiasa dengan cara yang biasa mereka lakukan sebelum-sebelumnya. 

–    Kondisi status User ID. Pada jaringan komputer yang tergabung dalam sistem domain windows, sering diterapkan  kebijakan penggantian password secara regular biasanya password hanya berlaku selama satu bulan dan setelah itu diwajibkan untuk mengganti password, sanksi bagi pelanggaran ini adalah user account tersebut langsung secara otomatis jadi non aktif dan harus diaktifkan secara manual oleh admin. User  sering kali tidak mengindahkan aturan tersebut dan user idnya menjadi non aktif namun karena kurang pahamnya sang user atas situasi tersebut maka hal tersebut dianggap sebagai kesalahan dari sistem secara keseluruhan.

–    Biasanya user yang dinonaktifkan  tidak bisa login dan pesan yang timbul biasanya mengarahkan si user untuk mengontak si admin, dan hal ini menimbulkan pesepsi yang keliru bahwa penyebab error disebabkan oleh kesalahan dari admin.

Cara sederhana yang bisa dilakukan oleh Admin ataupun oleh User pemilik Account, untuk mengatasi hal tersebut adalah sebagai berikut:

a.    Pastikan username dan password yang dimasukkan sudah benar dan ikuti prosedur login yang benar atau lengkap.

b.    Tugas admin adalah memastikan bahwa problem tersebut terjadi pada semua komputer  atau beberapa komputer saja. Langkah ini memang cukup sederhana namun informasi dari jawaban atas pertanyaan ini sangatlah bermanfaat untuk menentukan sumber masalah.

c.    Pastikan User ID tersebut tidak bermasalah, tidak sedang terblokir atau terkena sanksi lainnya dari admin. Kadang-kadang pemilik user id yang adalah pengguna biasa sudah dikasih peringatan atau pesan bahwa user id tersebut bermasalah namun terus mencoba melakukan login sambil berharap user tersebut akan benar dengan sendirinya. 

d.    Cek apakah tombol Caps Lock sedang On atau tidak. Kejadian ini adalah yang paling sering terjadi pemilik account biasanya ngotot bahwa mereka sudah memasukkan password yang benar namun setelah dicek ternyata tombol caplock dalam keadaan menyala dan menggagalkan proses login tersebut.

e.    Jika anda seorang admin atau staf IT support maka lakukan login dengan menggunakan user id kita sendiri untuk membandingkan dan memastikan bahwa masalahnya terletak pada user id atau sistem pada komputer atau pada jaringan komputer. 

f.    Sebagai User pengguna komputer, kita bisa melakukan login di komputer lain yang berjalan normal untuk membandingkan situasi yang terjadi jika kita melakukan login pada komputer kita. Apakah problem juga atau tidak.

g.    Biasanya setelah memasukkan user dan password, maka ada pilihan untuk menentukan ke mana user akan melakukan  login, domain atau local komputer. User atau pengguna biasa umumnya tidak pernah mengecek opsi yang ketiga dan langsung mengklik tombol OK. Pastikan lokasi tujuan dari login kita saat akan melakukan login.

h.    Cek dan pastikan bahwa kabel dan indikator LED pada NIC card menyala secara normal. Indikator network pada windows hanya terlihat ketika sudah berhasil login oleh sebab itu cara praktis yang mesti kita lakukan adalah memastikan secara langsung bahwa kabel dan indikator LED berfungsi secara baik.

Demikian problem dan solusi sederhana untuk mengatasi persoalan login domain  atau login sebagai Admin pada komputer yang tergabung dalam jaringan windows atau ke server non windows.

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/circasassy/6779844241/