Jika saat browsing atau install applikasi di smartphone terasa lambat maka kemungkinan besar penyebabnya adalah koneksi internet yang lambat.

Untuk itu ada beberapa hal yang mesti anda pastikan dan cek bahwa koneksi yang lambat itu disebabkan oleh kekeliruan kita atau memang karena koneksi internet yang diberikan oleh provider sedang mengalami lambat koneksi.Cara Sederhana Pastikan dan Cek Kualitas Internet di Hape Smartphone Tablet

1.    Pastikan sinyal jaringan komunikasi yang ditangkap oleh hape atau tablet tidak bermasalah

Langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengecek apakah koneksi jaringan komunikasi tidak sedang dalam masalah adalah dengan mengecek sinyal indicator pada handphone kita.

Tidak peduli anda menggunakan koneksi Wifi atau jaringan seluler ( 3G atau 4G) pastikan indicator sinyal yang tertera pada hape atau tablet anda menunjukan sinyal yang diterima sudah maksimum.

Jika sinyal yang diterima tidak maksimum atau sangat kecil alias kurang bagus maka kemungkinan besar koneksi internet pun pasti lambat.

Cek juga jenis koneksi yang tertera pada indicator sinyal, apakah yang tertera di situ koneksi 3G atau koneksi 2G Edge. Kalau koneksi 2G pasti internetnya sangat lambat atau tidak bisa koneksi sama sekali.

Berpindahlah ke lokasi di mana hape kita bisa mendapat sinyal yang bagus.

2.    Browsing dengan mengunjungi atau membuka halaman website yang sama sekali belum pernah anda kunjungi dengan hape anda

Cara ini untuk memastikan bahwa saat kita browsing halaman website yang dikunjungi tersebut merupakan halaman yang masih fresh yang belum pernah menyimpan jejak-jejak atau cache-nya di smartphone kita.

Sebab jika sudah pernah ada cache di hape kita maka saat kita membuka halaman tersebut sebagian data tidak didownload langsung dari webserver tapi diambil dari hasil cache yang tersimpan di hape kita.

Beda kondisinya jika kita membukan halaman site yang benar-benar baru, semua data yang tampil semuanya adalah hasil download dari webserver website tersebut.

Cepat atau lambatnya halaman tersebut terbuka atau tampil menandakan seperti apa kualitas koneksi internet pada hape atau tablet kita.

3.    Menggunakan aplikasi untuk mengecek koneksi

Salah satu aplikasi yang bisa diandalkan untuk mengecek kualitas koneksi internet pada hape kita adalah speedtest.net.

Cara menggunakan aplikasi ini adalah dengan mendownload dan mengisntalnya di hape kita. Setelah itu kita tinggal jalankan dan terlihat berapa kecepatan maksimum, rata-rata download dan upload.

Selain itu terlihat juga waktu ping, semakin kecil waktu yang tertera pada indicator ping maka semakin bagus kualitas koneksinya.

Lakukan tes lebih dari sekali untuk memastikan tingkat kestabilan koneksi.

Aplikasi seperti speedtest bisa didapatkan secara gratis, bagi anda yang menggunakan hape Android, iOS dan Windows phone.

Semoga berguna.