Jangan pernah menggunakan internet untuk men-download jika paket langganan internet anda adalah paska bayar dan berkuota karena tanpa sadar anda sudah membuka peluang bagi operator untuk mengeruk uang anda.

Namun tidak jadi soal jika anda selalu memantau pemakaian kuota internet tetapi pekerjaan memantau kuota lama kelamaan sangat membosankan dan menjemukan.

Bagi para pemakai internet dengan sistem langganan berkuota maka berikut ini adalah tips-tips yang wajib diketahui dan diperhatikan selama berinternet.

1. Tutup atau close semua halaman website yang auto refresh. 
Biasanya website berita online selalu merefresh tampilan halaman mereka setiap beberapa saat. Ketika sudah selesai membaca beritanya tutup halaman tersebut dan jangan dibiarkan terbuka ( klik tanda silang pada browser) agar tidak melakukan auto refresh.

Setiap kali sebuah halaman melakukan refresh maka website tersebut akan men-download ulang isi dari halamannya. Meski ukuran datanya tidak sebesar ketika kita men-download langsung sebuah file namun jika sering-sering dilakukan maka bisa mengurangi kouta internet kita tanpa jelas penggunaannya.

2. Setting Use Blank Pada browser
Setting pada browser kita use blank, ini gunanya adalah saat kita membuka sebuah tab baru dari browser maka tidak ada satupun alamat website yang tertera pada address bar dari browser.

Jika ada sebuah alamat website pada address bar saat kita membukanya maka secara otomatis browser akan membuka halaman tersebut dan mendownload isi atau content dari website itu.

Belum tentu website tersebut yang ingin kita lihat isinya. Jika setiap kali membuka halaman baru dari browser dan ada data yang terdownload maka tentu kuota internet akan semakin cepat habis.

3. Download Video Youtube
Biasanya kita sering menonton video di Youtube secara live streaming sampai selesai baru mendownload video tersebut. Tidak ada masalah memang, tapi jika paket langganan internet anda menggunakan sistem kuota maka itu adalah masalah besar.

Saran saya sebaiknya anda mendownload dulu video tersebut dan menontonnya. Untuk memastikan bahwa anda tidak salah download cek jumlah penonton pada video tersebut, makin banyak jumlah penontonnya maka kemungkinan besar video itu bagus kualitasnya.

4. Jangan download saat koneksi lagi jelek.
Jangan melakukan download jika koneksi internet sedang tidak stabil alias putus nyambung. Ketika kualitas sambungan sedang tidak stabil maka download yang kita lakukan lebih banyak gagalnya atau tidak sampai selesai.

Hal ini membuat kita semakin penasaran untuk mencoba dan mencoba lagi. Jika download-an tidak support resume alias harus diulang dari awal maka siap-siaplah untuk beli pulsa lagi atau cek kuota internet anda karena sebentar lagi kuota internet anda akan segera habis.

Ya begitulah tips-tips tentang cara menghemat kuota internet dari saya. Jika ada pesan dan saran serta masukan silahkan ditulis saja di bagian comment. Salam