Kuota internet yang terbatas sering tanpa disadari  oleh pemilik smartphone Android habis terpakai begitu saja, salah satu penyebab pemakaian kuota internet pada smartphone dan tablet yang tidak sesuai atau tanpa disadari oleh pemiliknya adalah karena aktivitas dari fitur sistem operasi Android  pada smartphone dan tablet. 

Salah satu fitur dari sistem operasi Android yang menggunakan keneksi internet adalah fitur automatic  updates dari aplikasi-aplikasi yang berasal dari Play Store, fitur ini menggunakan koneksi internet dan berjalan secara otomatis tanpa disadari oleh pemiliknya. 

Internet adalah nyawa bagi smartphone dan tablet Android sehingga mematikan koneksi internet pada smartphone tablet selama waktu tertentu bukanlah cara yang tepat untuk menghemat kuota internet pada kedua jenis perangkat android tersebut.

Salah satu cara yang paling tepat dalam menghemat kuota internet di perangkat Android adalah dengan menonaktifkan fitur Automatic Updates dari Aplikasi-aplikasi yang berasal dari Play Store.

Berikut adalah langkah-langkah dalam menonaktifkan fitur auto updates dari aplikasi-aplikasi yang di download pada Play store:
1.    Buka aplikasi Play Store
Tap atau sentuh pada gambar tumpukan garis-garis tebal horizontal di sebelah kiri atas. Lihat lingkaran merah di bawah ini,


2.    Muncul window berikutnya, cari dan sentuh atau tap pada “Settings”, Lihat lingkaran merah di bawah ini,


3.    Tap  pada pilihan “Auto-update apps “, Lihat lingkaran merah di bawah ini,


4.    Pada window berikutnya muncul tampilan berikut, Lihat lingkaran merah di bawah ini,


Tap pada pilihan “Do not auto-update apps” 

Selesai

Sumber gambar:  Milik Norisanto.com, bagi yang ingin menggunakannya harap menyertakan link sumber gambar