cerita sejarah kehidupan tentang cessar milan biografi cessar

Tidak disangka seorang Cessar Milan, bintang acara reality show The Dog Whisperer, dulunya adalah seorang pendatang haram alias imigran gelap dari Meksiko. Cessar sejak lahir hingga usia 21 tahun menghabiskan hari-harinya di daerah Culiacán, Sinaloa, Meksiko. Di usia yang ke 21 sang bintang nekat melintasi perbatasan Amerika Serikat tanpa dokumen resmi alias illegal, tanpa seorang pun yang dikenalnya di negri seberang dan sama sekali tidak memahami bahasa Inggris. Kenekatan yang didorong oleh cita-cita dan janjinya kepada sang ibu untuk menjadi pelatih anjing terbaik di dunia.

Awal kehidupan Cessar di Amerika serikat diwarnai dengan serangkaian perjuangan berat. Karir pertamanya adalah bekerja di sebuah tempat perawatan anjing. Cessar Milan mendapat tugas untuk menangani anjing-anjing tertentu yang dianggap paling agresif. Kemudian Cessar pun banting stir menjadi pengemudi Limosin. Karir yang mempertemukan dia dengan Jada Pinkett Smith, artis dan selibriti kenamaan Hollywood. Jada Smith bisa dianggap sebagai orang yang cukup berjasa bagi sang bintang reality show asal Meksiko itu. Sang artis memberikan kesempatan kepada Cessar untuk belajar bahasa Inggris selama setahun dan di samping itu, Jada adalah klien pertama Cessar. Milan tetap fokus pada cita-citanya sejak awal, ia mendirikan fasilitas pusat psikologi anjing khusus untuk anjing turunan ras besar di sebuah area seluas 8100 meter persegi di selatan Los Angeles.

Pengabdian Cessar Milan kepada anjing tidak hanya sebatas di layar kaca saja. Selain membintangi acara Dog Whisperer with Cesar Millan atau The Dog Whisperer yang disiarkan oleh saluran TV National Geographic, Milan juga sibuk menulis buku dan mengurus serta merehabilitasi anjing-angjing yang terlantar dalam yayasan Cesar and Ilusión Millan Foundation yang didirikan bersama sang istri, Ilusion. Beberapa selebriti juga dikhabarkan terlibat dalam kerja sama dengan Cessar seperti Oprah Winfrey, Nicolas Cage, Will Smith dan Vin Diesel. Milan juga turut mendukung kegiatan-kegiatan sosial seperti K-9 Connection yang mengurusi masalah remaja, Pups on Parole yang mungurusi masalah narapidana dan Pets 911 Project, proyek yang memperjuangkan terciptanya sebuah lingkungan yang menghargai semua binatang dan menjadi tempat berlindung bagi semua hewan.

Usaha dan kerja keras Milan mendapat banyak apresiasi dari berbagai kalangan meski sempat mendapat kritikan dari berberapa pihak. Di tahun 2005, Milan mendapat penghargaan Humane Society of the United States Genesis Award atas jasanya dalam merehabilitasi hewan. Tahun 2007 Milan dianugerahi Michael Landon Award for Inspiration to Youth Through Television. Penghargaan yang paling berkesan adalah saat dianugerahi Treasure of Los Angeles (atas kontribusinya bagi kota Los Angeles) mengingat status kewarganeraannya sebagai imigran gelap saat pertama kali datang ke Amerika Serikat. Meski belum ada kontes resmi untuk menentukan pelatih anjing terbaik sedunia namun Cessar Milan telah membuktikan janjinya kepada sang bunda.

Melalui acara The Dog Whisperer yang kini ditonton di lebih dari 80 negara di dunia serta partisipasinya dalam usaha perlilndungan terhadap hewan maka boleh dikata Cessar Milan tidak sekedar seorang pelatih anjing tapi juga pahlawan bagi hewan.

sumber:
wikipedia.org