Ciri khas utama susunan dan koneksi komputer-komputer pada topologi RING adalah tiap komputer terhubung dengan dua komputer di sebelahnya secara langsung tanpa melalui sebuah terminal pusat seperti pada topologi STAR.
Aliran data pada topologi RING bergerak satu arah dari satu komputer ke komputer yang berada tepat pada koneksi berikutnya atau yang terhubung langsung.

Secara umum, berikut ini adalah karaketer dan ciri khas dari Topologi fisik model Ring.  

1.    Sambungan antara satu komputer dengan komputer lain tidak boleh saling overlapping, dengan pola sambungan atau koneksi terlihat seperti sebuah cincin.

2.    Sudah jarang digunakan, saat ini hanya pada koneksi fiber optic yang dikenal dengan Synchronous Optical Network atau SONET.

3.    Aliran data bergerak dalam satu arah, berputar sepanjang lingkaran cincin.

4.    Data yang diterima oleh satu komputer dicek apakah alamat tujuannya sesuai, jika tidak maka data tersebut kirim ke komputer berikutnya sampai ketemu alamat tujuan dari paket data tersebut.

5.    Mirip dengan topologi fisik bus di mana tiap-tiap komputer tersambung hanya dengan satu kabel tunggal.

6.    Keuntungan Topologi Ring
a.    Tidak ada monopoly dari sebuah komputer terkait pemakaian jaringan.
b.    Hemat pemakaian material kabel.

7.    Kerugian Topologi Fisik Jenis Ring
a.    Jika ada penambahan klien baru maka seluruh koneksi harus terputus untuk sementara waktu.
b.    Tingkat kesulitan yang tinggi dalam mengkonfigur.
c.    Jika terjadi masalah pada satu koneksi atau sambungan kabel maka berarti seluruh sambungan pasti terputus.

Topologi Ring memang sudah tidak pernah kita jumpai lagi pada network atau jaringan di kantor dan rumah, hal ini dikarenakan banyaknya kekurangan dan kerugian didapat jika menggunakan topologi ini,  namun pada internal network dari  ISP atau data center masih dijumpai jaringan komputer yang menggunakan topologi fisik model RING.