Topologi Star tidak mutlak berbentuk bintang, dinamakan star atau bintang lebih karena bentuknya yang terpusat pada satu titik.
Alasan utama dibuat susunan atau topologi yang terpusat pada satu titik adalah karena setiap komputer pada umumnya hanya memiliki satu buah network adapter, sehingga setiap komputer tidak bisa terhubung dengan lebih dari satu komputer lain tanpa harus menambah network adapter.
Agar dapat terhubung dengan lebih dari  satu komputer tanpa harus menambah network adapter maka haruslah ada terminal yang menjadi perantara bagi komputer-komputer tersebut. 

Terminal yang dimaksud adalah hub atau switch dan juga Access Point.

Berikut adalah karakteristik dari topologi star;
1.    Pada topologi star, komputer-komputer tersambung melalui sebuah alat atau terminal.

2.    Alat atau terminal tersebut dikenal sebagai hub atau switch. Pada jaringan  tanpa kabel, yang berperan sebagai terminal pusat adalah access point.

3.    Setiap komputer memiliki koneksi fisik masing-masing ke perangkat terminal.

4.    Jika terjadi masalah pada koneksi salah satu komputer maka hal tersebut tidak berdampak pada koneksi komputer lain.

5.    Sinyal pesan dari satu komputer ke komputer lain terlebih dahulu melewati Hub atau terminal pusat, hub atau terminal pusat sifatnya hanya sebagai penerus sinyal dengan cara mengalirkan setiap sinyal informasi yang diterima melalui salah satu port ke semua port kecuali port di mana sumber sinyal tersebut berasal.

6.    Kelebihan dan keuntungan menggunakan topologi star:
a.    Mudah dalam menambahkan dan memperluas koneksi
b.    Jika ada kegagalan atau masalah pada satu koneksi tidak berdampak pada keseluruhan jaringan.
c.    Cukup mudah dalam melakukan troubleshooting.
d.    Beberapa jenis kabel bisa dipakai untuk melakukan melakukan koneksi dari komputer ker HUB

7.    Adapun kekurangan dan kerugian jika menggunakan topologi star adalah
a.    Biaya instalasi cukup besar, hal ini disebabkan oleh karena kebutuhan akan kabel sebagai media penghubung cukup banyak, satu koneksi membutuhkan kabel.
b.     Jika terjadi masalah pada hub atau terminal pusat maka akan menyebabkan kegagalan atau masalah secara keseluruhan.

Secara umum, karakter utama dari topologi star adalah semua sambungan terpusat pada satu terminal. Dengan model koneksi yang terpusat ke satu titik maka konsekuensinya semua komputer yang terkoneksi memiliki sambungan atau koneksi fisik menuju ke terminal pusat tersebut.

Kelebihan dari topologi star adalah mudah dalam menambahkan koneksi atau sambungan dan juga dalam memperluas jaringan. Kekurangan utama dari topologi star adalah jika terminal pusat mengalami masalah maka semua sambungan akan terputus.