Program apa yang harus anda pakai jika semua program atau aplikasi yang anda gunakan belum mampu mengatasi masalah yang anda hadapi, misalnya untuk mengatasi masalah koneksi jaringan dan masalah komputer lainnya.

Program yang tepat dan harus coba dipakai adalah command prompt. Secara visual atau grafik interface, program ini tidak terlalu menarik tetapi secara kegunaan program ini sangat luar biasa manfaatnya.

Sebelum mengetik perintah command prompt maka yang pertama harus dilakukan adalah membuka atau menjalankan aplikasi command prompt.
Berikut langkah-langkahnya:
1.    Pada windows XP
a.    Cara pertama :  klik start > run > ketik cmd > klik OK.       
b.    Cara kedua : klik start >  all program > accessories > Pilih dan klik Comand Prompt
2.     Pada Windows 7
a.    Cara pertama: Klik Start, pada kotak Search ketik  cmd dan tekan Enter
b.    Cara kedua: Start > All Programs > Accessories > Command Prompt
c.    Cara ketiga: Jika command prompt terdapat pada Start menu; Pilih dan klik pada Start > Command Prompt.
d.    Pada window7 ada beberapa perintah command prompt yang tidak bisa dijalankan karena perintah ini butuh administrative privilege atau hak dan ijin khusus seperti layaknya administrator.
Biasanya tanpa administrative privilege, saat dijalankan muncul pesan “The requested operation requires elevation” agar bisa menjalankan perintah-perintah pada command prompt maka lakukan langkah berikut ini;

Klik start >> pilih all program >> pilih accessories >> Klik kanan pada aplikasi command prompt >> pilih dan Klik pada Run as Administrator. Pilih dan klik  Yes.

Bersambung: 
Pada Posting berikut nanti terkait command prompt akan dibahas tentang apa saja yang bisa dilakukan oleh dengan command prompt.