Bagi para orang tua yang memiliki anak yang sudah bersekolah di SMA atau yang sudah kuliah di perguruan tinggi, sebaiknya mulai bersiap-siap menghadapi permintaan anak-anak mereka terkait peralatan gadget elektronik.

Daftar Gadget Yang Diincar oleh Para Siswa SMA dan MahasiswaTips bagi orang tua agar mengecek dengan benar apakah perangkat gadget elektronik yang diminta benar-benar butuh untuk menunjang kegiatan belajar atau tidak. Jika tidak tunda saja pembelian dan alihkan dana-nya untuk kebutuhan mereka yang lebih penting.

Berikut adalah daftar gadget yang diincar dan dibutuhkan oleh para siswa SMA dan mahasiswa untuk dimiliki.

1.    Perangkat wearable terkini

Perangkat wearable adalah perangkat elektronik yang dipakai di badan kita dan mempunyai fungsi seperti sebuah smartphone atau tablet.

Contoh perangkat wearable adalah smartwatch, alat monitoring fitness dan sebagainya.

Perangkat smartwatch yang populer adalah :

a.    Smartwatch yang selalu menjadi incaran dan pilihan utama adalah produksi brand besar seperti apple dengan Apple Watch-nya. Apple watch menggunakan system operasi IOS yang khusus untuk produk Apple saja.

b.    Android Smartwatch merupakan pilihan utama bagi pengguna yang sudah akrab dengan gadget berbasis Android.

Contoh Android Smartwatch yang cukup populer adalah yang produksi Huawei. Produk Huawei yang satu ini terlihat sepeti bukan perangkat digital tapi jangan salah produk ini konon adalah pesaing utama apple watch. Para orang tua siapkan saja uang kalian.

2.    Bluetooth Speakers

Semakin gampang dan mudah cara pakai sebuah perangkat elektronik maka semakin banyak peminat perangkat tersebut, apalagi bagi pelajar mahasiswa yang penuh gaya warna hidup mereka.

Salah satu perangkat yang wajib dimiliki adalah Bluetooth Speakers, perangkat speaker tanpa kabel ini akan membuat siapa pun yang memilikinya menjadi dimudahkan dalam mendengarkan musik atau urusan audio, tanpa harus pusing memikirkan kabel yang rumit.

3.    Bluetooth Headphones

Melihat teman-teman atau orang lain mengenakan headphone dengan kabel menjuntai adalah hal yang biasa, tapi melihat orang asyik mendengarkan music lewat headphone tanpa ada kabel sama sekali yang tersambung ke smartphone adalah sesuatu yang super keren.

Para orang tua harus mempertimbangkan untuk membelikan buat anak mereka, setidaknya sebagai hadiah kenaikan kelas atau atas nilai bagus yang mereka dapat di semester lalu.

4.    USB PC Stick

USB PC stick adalah salah satu perangkat yang super keren, bayangkan hanya dengan sebuah USB saja kita bisa mengubah TV menjadi tablet android.

Orang tua sebaiknya menyediakan USB PC stick kepada anak, terutama anak-anak yang sangat berminat mengutak-atik gadget atau yang senang belajar dunia teknologi IT atau elektronik.

5.    Alat perekam suara digital

Jika sebelumnya kita cuma tahu kalau alat perekam lama yang menggunakan kaset berpita maka saat ini ada alat rekam suara digital yang tidak lagi pake kaset, gampang digunakan.

Alat ini cocok untuk para mahasiswa, dengan alat ini mereka bisa merekam suara dosen yang sedang mengajar.

Kenapa tidak pakai hape saja? Hape mungkin tidak diijinkan di pakai dalam ruang kelas, kalau pun sembunyi-sembunyi tidak enak juga kalau sampai ketahuan.Di samping itu hape tidak terlalu bagus menangkap suara jika disimpan ditempat yang tersembunyi.

Ini contohnya : http://www.sony.com/electronics/voice-recorders/icd-ux530-series

6.    Kalkulator

Sama seperti alat perekam digital, kalkulator digital sangat dibutuhkan oleh para pelajar mahasiswa, hape smartphone sangat tidak diijinkan untuk dipakai dalam kelas apalagi saat ujian atau ulangan.

Para orang tua sebaiknnya segera menyiapkan kalkulator digital untuk anak-anak mereka yang bersekolah di SMA atau kuliah.

7.    Ebook Reader

Ebook reader sangat berguna bagi para siswa dan mahasiswa, sebaiknya orang tua membelikan untuk anak-anak mereka. Selain agar anak-anak rajin membaca, ebook reader juga membuat mereka lebih bersemangat belajar karena tidak perlu buku fisik, ke mana-mana tinggal bawa ebook reader saja.

8.     Hardisk portable

Hardisk eksternal sudah menjadi kebutuhan, bukan lagi sekedar gaya-gayaan. Selama flashdisk belum bisa memenuhi kebutuhan akan portable storage yang besar maka HDD eskternal masih dibutuhkan.

Untuk siswa dan mahasiswa media penyimpanan data yang super besar harus dimanfaatkan sebaik mungkin, jangan digunakan untuk menyimpan data yang sifatnya negatif.

Semoga berguna.