Sadar atau tidak kita sering melewatkan satu hal penting ketika menggunakan fasilitas lift. Tidak di semua lift tertera peringatan atau aturan bagaimana orang harus masuk dan keluar alat itu tapi meski demikian jelas bahwa hukum yang berlaku adalah semua penumpang lift yang mau masuk harus mendahulukan atau memberikan jalan bagi penumpang yang keluar.

Kelihatannya sepele memang tetapi mendahulukan penumpang yang keluar adalah sangat penting terkait dengan masalah keselamatan.

Beberapa faktor penyebab orang sering lupa mendahulukan pengguna lift yang mau keluar adalah sebagai berikut.

1. Tidak adanya peringatan di depan pintu lift.
Mengingat pentingnya keselamatan dalam penggunaan lift sebaiknya tanda peringatan harus selalu ada di setiap lift untuk mengingatkan orang akan pentingnya mendahulukan penumpang lift yang keluar.

 2. Terburu-buru karena sesuatu alasan. Saat terlambat orang akan tergesa-gesa menuju ke lantai ruang kerjanya.
Begitu pintu lift terbuka, sudah pasti gayanya mirip banteng liar, main seruduk orang yang akan keluar, seolah takut tidak ke bagian tempat. Janganlah tergesa-gesa saat akan masuk lift, pastikan yang keluar telah berada di luar barulah masuk. Bayangkan jika terjadi tabrakan antara yang masuk dan keluar kemudian membuat sensor yang ada pada pintu system lift menjadi tergangu dan kemudian menyebabkan kerusakan yang mendatangkan mala petaka. Sangatlah konyol. Ingatlah bahwa keselamatan orang lain dan diri anda lebih penting dari urusan apapun.

3. Lambatnya pengguna yang sedang berada di dalam untuk keluar dari lift.
Saat pintu lift terbuka pengguna lift yang berada di dalam sering terlihat ragu-ragu untuk keluar sehingga membuat orang yang di luar tidak sabar untuk segera masuk karena takut lift akan tertutup kembali. Pastikan tujuan kita sebelum naik, bersiap-siaplah di depan pintu ketika akan sampai lantai tujuan dan segeralah keluar setelah pintu terbuka.

Dari ketiga faktor di atas dapat disimpulkan bahwa masalah keselamatan dan kenyamanan penggunaan lift adalah tanggung jawab pengguna lift itu sendiri.

Mendahulukan orang yang akan keluar adalah tindakan sederhana namun memiliki peran yang begitu besar untuk menciptakan kenyamanan dan keselamatan bagi diri sendiri dan semua pengguna lift.