Susu formula bagi anak-anak mulai dari yang masih bayi sampai yang sudah berusia di atas lima tahun bisa dibeli di mana saja mulai dari apotik sampai toko online. Mungkin sebagian orang menganggap bahwa harga susu formula yang dijual diberbagai jenis toko itu dihargai sama atau setidaknya memiliki perbedaan harga yang tidak begitu besar satu dengan lainnya, namun kenyataannya tidak seperti itu dan sudah menjadi rahasia umum bahwa harga susu formula tidak sama di setiap toko atau tempat penjualan susu.Di mana Beli Susu Formula Dengan Harga Paling Murah

Awal mulanya saya sempat mempertanyakan kualitas susu formula (sufor) di toko-toko susu tertentu yang bukan bagian dari jaringan mini market:

  1. Apakah pruduk mereka asli ?
  2. Apakah produk mereka terjamin dan dibuat di pabrik yang sama dengan yang dijual di mini market dan supermarket?
  3. Bagaimana bisa harganya semurah itu?

Saya coba membuat jawaban sendiri atas pertanyaan di atas, bahwa susu yang dijual tentunya adalah produk asli karena sudah lama mereka bergelut di bisnis tersebut , meskipun tidak tertutup kemungkinan adanya produk palsu.

Mengenai harga yang berbeda, menurut saya hal itu lebih disebabkan oleh beberapa hal seperti:

  1. Penentuan profit atau nilai keuntungan yang berbeda-beda dari tiap-tiap penjual
  2. Harga dasar dari penyalur yang berbeda-beda
  3. Biaya distribusi yang tidak sama antar tokonya

Baiklah.. tugas kita adalah mencari dan menyeleksi toko-toko mana saja yang memiliki harga paling murah.

Saya akan membuat gambaran harga susu formula di beberapa toko yang pernah saya beli, produk sufornya adalah Wyeth S26 Promil Gold Tahap 1 Kaleng 900 gr dan 400gr:

  1. Jaringan Mini market

Harga susu di jaringan mini market sangat beragam, sebuah jaringan mini market biasanya menetapkan harga yang sesuai dengan lokasi toko mereka. Sebagai contoh minimarket yang berlokasi dekat kawasan perkantoran di Jakarta Barat harganya akan berbeda dengan yang berlokasi dekat tempat tinggal saya di Bekasi.

Antara satu jaringan mini market dengan jaringan mini market lainnya harganya juga berbeda. Untuk sufor kaleng S26 tahap satu 400 gr ada yang menjual seharga 138 ribu ada yang menjual seharga 143 ribu ada juga yang menjual seharga 148 ribu. Untuk yang kaleng 900 gr dijual seharga 307 ribu.

  1. Apotik

Dekat rumah saya ada apotik yang punya jaringan cukup luas, awalnya saya sering belanja susu di sini karena sekalian dengan kebutuhan lain untuk si kecil. Apotik ini menjual sufor S26 gold tahap 1 untuk kaleng 400gr seharga 157 ribu rupiah. Ini adalah toko atau tempat yang menjual susu dengan harga yang termahal yang pernah saya jumpai.

  1. Toko online

Salah satu toko online yang menjual susu formula adalah lazada.co.id, lazada membandroli S26 Promil Gold tahap 1 kaleng 900gr seharga 290 ribu, dengan embel-embel kemasan baru. Lebih murah dibanding dengan harga di mini market namun harga tersebut belum termasuk ongkos kirim. Jadi kalau ditambah dengan ongkos kirim bisa jadi harganya akan sama dengan di minimarket dekat rumah.

  1. Toko susu dekat rumah

Dekat tempat tinggal saya ada dua toko susu yang khusus hanya menjual susu formula dan perlengkapan bayi lainnya, dari dua toko ini harganya juga berbeda. Salah satu toko menjual S26 Promil Gold tahap 1 kaleng 900gr seharga 275 ribu dengan kemasan kaleng yang baru, sedang toko susu lainnya menjual susu formula S26 Promil Gold tahap 1 kaleng 900gr seharga 250 ribu dengan kemasan kaleng yang masih lama tapi dengan masa kadaluarsa yang masih satu tahun lebih.

Bagi saya toko khusus susu dekat rumah adalah toko atau tempat yang paling murah untuk membeli susu formula sedangkan apotik dekat rumah adalah yang paling mahal dalam memberikan harga untuk susu formula.

Saran saya, agar lebih hemat maka lebih baik membeli sufor dengan kemasan kaleng besar karena bobotnya 900gr, sedangkan yang kecil bobotnya cuma 400gr. Jika membeli dua kaleng kecil harganya lebih mahal dari satu kaleng besar.

Semoga berguna.