Menyimpan file dan data-data penting tidak cuma bisa dilakukan secara local atau offline pada hardisk komputer atau flashdisk, akan tetapi file penting-penting juga wajib kita simpan di tempat lain dan kita jadikan sebagai cadangan jika terjadi kerusakan pada system atau tempat penyimpanan utama kita.

Menyimpan file cadangan bisa kita lakukan secara online pada website-website yang menyediakan jasa penyimpanan, dari gratis sampai yang bayar.Di Website Mana Kita Bisa Menyimpan File-file Penting Sebagai Cadangan atau Backup

Berikut adalah website-website yang anda bisa akses untuk menyimpan file-file anda.

  1. Dropbox.com

Dropbox merupakan website yang menyediakan tempat untuk menyimpan file-file atau data-data kita secara online, artinya file milik kita akan disimpan di sisi atau di tempat penyimpanan milik si dropbox.com .

Yang mesti kita lakukan untuk bisa menyimpan file atau data di dropbox adalah :

  1. Mendaftar menjadi anggota website dropbox.
  2. Upload file-file milik kita secara online ke dropbox.
  3. Setelah terupload file kita sudah tersimpan di tempat atau di media penyimpanan dari dropbox.
  4. Untuk melihat dan mengakses file milik kita maka kita harus membuka halaman website dropbox dan login dengan user name.

Berapa kapasitas data yang bisa tersimpan di dropbox? Jika terdaftar sebagai member gratisan maka akan diberikan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 2 GB.

Namun kita bisa mendapatkan bonus tambahan sebesar 500 MB jika kita berhasil merekomendasikan kepada orang lain untuk menggunakan dropbox, ya… semacam member get member… Jika ada orang yang mendaftar atas rekomendasi kita melalui Sosmed maka kita akan mendapatkan tambahan ruang penyimpanan sebesar 125 MB.

Kelebihan utama dari Dropbox adalah kemampuan untuk mensinkronkan folder yang ada di PC kita dengan perangkat computer lainnya, termasuk smartphone dan tablet.

Dan jika mengupgrade akun kita menjadi berbayar, 10 dolar sebulan maka kita akan mendapatkan jatah ruang penyimpan sebesar 1 TB atau 1 Terabyte, sama dengan 1000 Gigabyte.

  1. OneDrive

OneDrive adalah produk Microsoft pesaing Dropbox. OneDrive menyediakan kapasitas ruang penyimpanan secara online sebesar 5 GB.

Untuk pemilik Smartphone keluaran maka sudah tersedia aplikasi onedrive, dan untuk mendartar menjadi anggota onedrive biasanya harus menggunakan akun email dari outlook.com.

Secara umun OneDrive berfungsi untuk mensinkronkan file di antara perangkat computer seperti PC sampai smartphone. Kelebihan utama OneDrive adalah sinkronisasi file-file terutama file dari aplikasi buatan Microsoft.

Misalnya ketika kita bekerja dengan menggunakan PC dan menggunakan aplikasi MS Office kita bisa langsung menyimpannya ke OneDrive, dan ketika kita pindah ke perangkat lain maka kita bisa mengecek file tersebut sesuai dengan kondisi terakhirnya.

OneDrive sangat Microsoft, sangat bagus untuk dipakai bersama-sama dengan produk Microsoft lainnya. Jika anda menggunakan operating system Windows 8.1 dan windows 10 pada komputer PC dan mobile maka OneDrive tidak bisa ter-disable.

  1. Google Drive

Google Drive adalah penyedia jasa penyimpanan online yang dimiliki oleh Google Korporasi. Google Drive memberikan kapasitas 15 GB bagi anda yang bergabung secara gratis dengan menggunakan email gmail.com.

Jika anda pengguna layanan google seperti email gmail, Google plus dan sebagainya maka secara otomatis pada semua layanan google tersebut tersebut pilihan untuk terhubung ke Google Drive.

Misalnya saat menyimpan file pada attachment email gmail, kita dihadapkan pada pilihan untuk mengunduh atau mendownload ke google drive. Jika putusan kita untuk menyimpan ke Drive maka jangan heran kalau data yang tersimpan tidak kita temukan di folder download karena larinya file itu pastilah ke google Drive.

Kelebihan google Drive lainnya adalah kemampuannya yang menjadikan file-file yang tersimpan di dalamnya dapat di akses oleh berbagai macam perangkat dengan platform yang berbeda, mulai dari PC, mac , iOs sampai Android.

Paket berbayar google Driver juga tersedia dalam beberapa penawaran yang menarik, mulai dari harga termurah sampai yang paling mahal. Untuk 100 GB anda bisa membayar cukup 2 dolar per bulan, dan selanjutnya jika anda benar-benar butuh online storage maka siapkan 10 dolar untuk 1 TB, 100 dolar untuk 10 TB, 200 dolar untuk 20 TB dan 300 dolar untuk 30 TB, dan berlaku untuk satu bulan saja.

  1. Mega

Dulu kita pernah dengar dan sering mendownload dari website bernama megaupload.com, nah.. sejak tahun 2012 website tersebut sudah berhenti total membagikan file-file apapun secara gratis karena aturan ketat dari pemerintah AS soal pelanggaran hak cipta.

Namun seperti tidak mau terpuruk terus, maka megaupload bangkit dan membuat online storage dengan nama Mega. Member Mega yang mendaftar secara gratis mendapatkan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 50 GB.

Mega menawarkan Apps untuk perangkat mobile yang memungkin terjadinya sinkronisasi file antara PC dan perangkat mobile jalan dengan berbagai platform mobile device, bahkan tersedia juga untuk Windows Phone.

  1. Copy

Copy adalah cloud atau online storage yang disediakan oleh Barracuda Networks, sebuah perusahan yang khusus bergerak di bidang IT security dan networking solutions.

Kapasitas ruangan penyimpanan untuk pengguna yang terdaftar tanpa bayar alias gratis adalah sebesar 15 GB, tidak seperti google Drive yang sama-sama kasih 15 GB juga, ruangan penyimpanan Copy tidak digabung untuk email dan foto.

Copy menawarkan pembayaran sebesar 5 dolar sebulan untuk 250 GB media storage dan 10 dolar untuk 1 TB.

Jika anda benar-benar butuh untuk menyimpan file di website online maka carilah website yang benar-benar memberikan pelayanan yang baik. Kelima website di atas sudah terbukti selama ini memberikan pelayanan yang baik, cobalah terlebih dahulu dengan akun gratis.