Jika anda para blogger yang kehabisan stok gambar atau photo untuk blog anda, atau anda yang suka memposting gambar pada facebook atau twitter anda dan saat ini sepertinya kehabisan bahan posting, atau mungkin sekedar untuk mengganti dan me-refresh tampilan layar gadget anda,  maka yang mesti anda lakukan adalah segera berkunjung ke alamat-alamat website berikut ini untuk memilih dan mendownload sebanyak mungkin gambar photo yang anda sukai.

Gambar-gambar dari website di bawah ini bisa didownload secara gratis. Gambar dan foto benar-benar diberikan secara  gratis, anda tidak perlu khawatir dengan yang namanya hak cipta. 
Jika anda ingin mempublikasikan gambar tersebut melalui blog atau website anda maka ada beberapa website yang mensyaratkan beberapa ketentuan namun ada juga yang tidak mensyaratkan apa-apa sampai anda tidak perlu menyertakan link dari mana sumber gambar tersebut anda dapatkan, benar-benar free, tanpa syarat.

Pexels
Jika anda mendownload foto dan gambar dari website Pexels maka anda akan dikenakan lisensi Common Creative Zero atau CC0, artinya adalah pihak Pexel mengijinkan anda untuk me-copy, memodifikasi, mendistribusikan dan menampilkan foto tersebut.
Foto dan gambar pada Pexel bisa digunakan secara gratis untuk pribadi dan bahkan untuk kepentingan bisnis atau komersial.  Anda tidak perlu menyertakan link ke sumber gambar atau photo. Tidak perlu attribute, semua foto benar-benar bebas untuk digunakan tanpa harus mempertimbangkan masalah hukum.

Wikimedia Commons
Wikimedia Commons memiliki sekitar 25 juta foto dan gambar yang bisa dipakai secara gratis. Namun ada beberapa ketentuan yang mesti anda cek lagi secara lebih detail  terkait dengan ijin penggunaan foto dan gambar milik Wikimedia commons.

Getty Images
Getty Images adalah website yang cukup terkenal, dari motonya “ Embed our Imgage “ sudah bisa dipastikan bahwa website ini rela kalau foto dan gambar mereka dipajang di manapun. Sebanyak 50 juta gambar disiapkan oleh Getti Images untuk anda tempelkan di website anda.

Public Domain Archive
Public Domain Images menyediakan foto yang beragam terutama foto-foto jaman dulu yang unik, salah satunya adalah terntang proses pembangunan menara Eiffel di Paris.  Untuk perijinannya, Public Domain Images menegaskan bahwa semua gambar yang ada di website mereka bisa anda pakai.

Free Images
Meskipun namanya Free Images namun perijinannya agak sedikit ketat dibanding website sejenis.

Open Photo
Open Photo memiliki banyak koleksi foto, vector dan juga video yang siap dibagikan kepada pengunjungnya. Perijinannya bervariasi tidak semua foto boleh secara bebas di-sharing dan digunakan, meskipun secara prinsip boleh digunakan namun ada beberapa ketentuang yang diatur dan mengacu pada standard Common Creative.

New Old Stock
New Old Stock  adalah website yang membagikan foto secara gratis namun dengan beberapa ketentuan, jenis foto-foto yang dibagikan semua adalah foto-foto jaman dulu atau foto lama.

Picography
” Free high resolution photos. Use them however you like” itulah motto Picography

Creative Market
Meski Creative Market merupakan layanan foto berbayar namun ada juga yang photo gratisan yang cukup bagus, yang bisa anda pakai untuk mempercantik blog anda.

Stokpic
Stokpic merupakan website yang membagikan gambar dan foto dengan gratis, tanpa banyak syarat dan bahkan mereka pun setia tiap minggunya untuk mengabari anda tentang stok foto terbaru mereka dan silahkan untuk didownload.

Foodies Feed
Jika anda mencari gambar dan foto tentang makanan di Foodies Feed tempatnya.

Stockvault

Unsplash

Photopin
Photopin cukup bagus, saya sering menggunakannya, sumber gambarnya berasal dari flickr.com. Kelebihannya cukup mudah untuk melakukan pencarian tema foto apa yang anda mau. Ada beberapa foto yang berbayar tapi lebih banyak gratis.

Prettier Web
Prettier Web memiliki banyak gambar bagus yang dibagikan secara gratis.

Picjumbo

SplitShire

Death to the Stock Photo

Gratisography
Jika anda mencari gambar yang unik dan menyenangkan, silahkan kunjungi Gratisography

Morguefile

Dreamstime

Pixabay

FreeFoto

iStock
Bagian dari Getty Images,iStock memiliki foto, illustrasi, video, audio yang dibagikan secara gratis.

Boss Fight
Moto Boss Fight adalah: To be your final “Boss Fight” when it comes to finding completely free (do whatever you want) stock images, photos, and photography. Hmmm sepertinya benar-benar gratis tanpa syarat nih.

Flickr Creative Commons
Flickr adalah salah satu favorit saya, gambar dan fotonya sangat banyak dan bagus bahkan dengan resolusi yang tinggi, ketika menggunakan foto untuk dipasang blog saya, selalu saya sertakan link asal gambar tersebut. Memang gambar-gambar pada flickr.com gratis untuk digunakan namun harus menyertakan link dan ada beberapa yang tidak bisa dibagikan karena adanya persyaratan khusus. 

StockSnap
Foto-foto pada StockSnap bisa dibagikan tanpa harus meyertakan atribut. 

Adalah penting memperhatikan ijin atau lisensi dari foto dan gambar yang anda gunakan. Karena suatu saat jika blog atau produk yang anda miliki sudah terkenal dan bisa saja pemilik foto tersebut mengajukan tuntutan atas penggunaan foto yang tidak sesuai atau melanggar aturan.