Dua faktor utama yang mempengaruhi daya jangkau sinyal wireless adalah transmit power dan jarak antara sumber ke  tujuan.

Tangkapan sinyal yang baik oleh wireless client juga ditentukan oleh posisi dari wireless router atau access point, pertanyaannya di manakah tempat yang ideal untuk menempatkan perangkat wireless router dan AP.

Secara spesifik ada beberapa kondisi lapangan yang dapat mempengaruhi kualitas sinyal pancaran dinyal yang diterima oleh penerima dari pemancar;

1.    Faktor LOS atau line of sight
Line of sight adalah kondisi di mana antara sumber sinyal ( trasnmiter ) dan tujuan ( receiver ) tidak terdapat halangan sama sekali. Pada bagian samping kiri dan kanan dari jalur sinyal tersebut terdapat area terbuka yang tidak akan menghalangi penyebaran sinyal.

2.    Faktor near LOS
Kondisi near los adalah kondisi di mana antara sumber dan tujuan tidak terdapat halangan namun pada sisi kiri dan kanan dari jalur utama jalannya sinyal terdapat penghalang. Pada kondisi Near LOS jalur sinyal tidak selega pada kondisi LOS.

3.    Faktor Non Los
Pada kondisi ini antara sumber dan tujuan terhalang oleh halangan yang menyebabkan pancaran sinyal dari sumber ke tujuan tidak terpancar sama sekali atau sangat minim. Hal ini tergantung dari jenis bahan penghalang, material seperti logam dan beton membuat kualitas sinyal turun secara drastis bahkan sinyak sama sekali tidak bisa sampai ke tujuan. 

Kemampuan sinyal untuk menembus sebuah penghalang ditentukan oleh beberapa faktor antara lain adalah :
1.    Jenis bahan dari material penghalang.
2.    Frekuensi Radio.
3.    Kekuatan daya pancar sinyal.
4.    Metode modulasi.

Dari tiga kondisi di atas, kondisi LOS adalah kondisi yang paling ideal agar sinyal wireless dapat diterima secara maksimal oleh penerima. Pastikan bahwa antara pemancar dan penerima tidak terdapat halangan apapun. 
Untuk memaksimalkan daya jangkau sebuah pemancar wireless maka pastikan bahwa antara pemancar dan penerima tidak terdapat halangan, halangan yang dimaksud adalah material padat  yang sifatnya menghalangi jalannya sinyal.
Cara mudah untuk memastikan bahwa antara pemancar dan penerima tidak terdapat halangan adalah dengan mungunakan indra penglihatan kita.

Berikut tips untuk menentukan lokasi wireless router atau access point yang baik;

1.    Carilah tempat yang paling bisa terlihat dari segala arah.

2.    Usahakan tempat tersebut berada pada ketinggian


3.    Usahakan agar material penghalang tidak terlalu padat. Dinding beton menyebabkan penerima kehilangan sinyal yang besar dibanding dengan dinding kayu atau gypsum atau kaca.


4.     Jika sebagian besar area sudah ter-cover namun masih ada tempat yang belum maka gunakan wi-fi extender atau gunakan wifi dengan power antenna yang besar.

Semoga berguna.