Salah satu produk atau fitur unggulan dari jaringan komputer yang paling banyak diterapkan dalam praktek sehari-hari adalah berbagi atau sharing informasi di antara sesama komputer yang terhubung pada jaringan tersebut. Sharing folder terdengar sederhana tapi sebelum adanya networking maka setiap komputer layaknya seseorang yang terdampat di sebuah pulau tak berpenghuni.
Sharing, folder printer dan modem atau internet seperti halnya networking memberikan berbagai kemudahan dan manfaat yang begitu besar, mulai dari hemat waktu sampai hemat biaya. Berikut adalah fakta-fakta yang mesti diketahui tentang sharing dalam jaringan komputer.
1.    Alasan utama orang terhubung ke jaringan adalah karena  ingin berbagi informasi dan sumber daya (resources). Dalam networking sumber daya atau resources adalah file, folder, drive, printer, drive CD atau DVD atau drive, modem dan sebagian besar komponen lainnya yang terpasang pada komputer kita.
2.    Berbagi informasi data pada jaringan komputer dikenal dengan istilah file sharing
3.    Meski istilahnya File Sharing namun teknis file tidak bisa langsung di-sharing. Yang di sharing adalah sebuah folder, di dalam sebuah folder terdapat file-file yang hendak dibagikan.
4.    Shared folder hanya terkait dengan pengguna yang mengakses folder melalui jaringan, bukan pengguna  lokal atau  log on ke komputer yang melakukan sharing.
5.    Ketika meng-copy folder yang di-sharing maka hasil dari copy-an tersebut tidak ikut ter-share.
6.    Jika folder yang dishare berpindah lokasi atau berubah tempatnya dalam susunan atau hirarkinya maka hilang juga status sharingnya.
7.    Ada dua jenis file sharing, default share dan restrict share, semua pengguna bisa mengakses file pada default share, sedangkan restrict share hanya user-user tertentu saja yang diperbolehkan mengakses file yang dishare.
8.     Sharing file antar operating system, Windows, Linux dan Mac OS. Masing-masing operating sistem secara default tidak bisa berbagi informasi, untuk saling berbagi atau sharing file maka dibutuhkan program atau software khusus dan harus dilakukan settingan dan juga konfiigurasi tertentu agar bisa saling terkoneksi untuk berbagi informasi.

Demikian fakta-fakta tentang File sharing pada jaringan komputer.