Perangkat TV tidak lagi kaku seperti dulu, hanya bisa menerima siaran TV saja. Saat ini perangkat TV sudah mulai bisa mengikuti perkembangan teknologi dengan kemampuannya yang bisa digunakan sebagai media untuk menampilkan konten internet.

Jika anda dihadapkan dengan hasrat untuk menikmati seperti apa internet lewat perangkat TV maka ada baiknya simak dahulu beberapa fakta penting tentang apa itu internet TV.

1. Alasan utama akses internet via TV
TV adalah alat hiburan yang paling sering dinikmati dalam sebuah rumah melebihi media hiburan lainnya. TV sangat mudah untuk dioperasikan, tinggal menekan tombol power pada remote maka TV akan menyala dan langsung bisa dinikmati. Pesatnya perkembangan teknologi menambah kepraktisan penggunaan serta sifat multifungsi dari perangkat TV, mulai dari TV yang hemat listrik sampai TV yang bisa dipakai untuk mengakses konten internet. Kemampuan TV untuk mengakses internet membuat hidup terasa begitu praktis. Bayangkan, cukup dengan menekan tombol remote tv maka pada layar TV terlihat tampilan halaman facebook.

2. Koneksi internet adalah nyawa bagi Internet TV
Sinyal analog TV berupa frekuensi UHF belum bisa untuk dilewatkan data internet. Jadi jika sudah punya TV yang bisa akses internet maka tahap selanjutnya adalah segeralah berlangganan internet. Syarat utama mendapatkan siaran internet TV adalah harus tersedia koneksi internet, tanpa internet maka TV internet tidak bedanya dengan TV biasa.

3. Kualitas Gambar tergantung pada kualitas koneksi internet.
Berapa kecepatan koneksi internet yang diperlukan oleh internet tv untuk menampilkan gambar dengan kualitas HD atau standar? Untuk kualitas HD dibutuhkan kecepatan atau speed internet sebesar 3500 kbps atau 3,5 Mbps dan untuk video streaming kualitas standard dibutuhkan kecepatan internet dengan speed 500kbps.
Di Indonesia mungkin koneksi internet dengan kualitas demikian masih cukup mahal namun sudah ada ISP yang sanggup memberikan layanan internet dengan kecepatan yang tinggi, sebut saja ISP seperti Fasnet yang menggunakan media kabel pada jaringan fisik.

4. Selain nonton film, facebook dan twitter juga bisa, terhubung ke pc atau laptop juga ok.
Selain nonton film, melalui situs-situs yang menyediakan layanan internet TV, aplikasi jejaring sosial seperti facebook dan twitter pun bisa diakses. TV internet juga bisa dipakai untuk mengakses komputer baik desktop maupun laptop.

5. Jika semua orang menonton tv lewat internet tv, apakah kualitas layanan internet akan menurun.
Hal yang paling dikuatirkan adalah menurunnya ketersedian bandwidth karena meningkatnya jumlah pengguna. Seharusnya hal itu tidak perlu terjadi, jika para penyedia layanan internet sudah mengantisipasi hal tersebut.
Bagi para penyedia jasa layanan internet alias ISP, tidak ada pilihan lain, bandwidth harus dinaikan. Teknologi seperti fiber optic diyakini akan semakin murah, namun dengan kecepatan yang semakin tinggi maka ketersedian bandwidth dijamin tidak akan mengecewakan pelanggan karena hal itu adalah tanggung jawab para penyedia layanan internet untuk menyediakan bandwidth semaksimal mungkin bagi pelanggan mereka. Prediksi Cisco bahwa dalam 4 tahun lagi aka nada 15 miliar perangkat yang terhubung ke internet.

6. Biaya untuk langganan internet akan meningkat.
Pertimbangan akhir yang harus dipikirkan adalah paket langganan internet seperti apa yang harus anda ambil dan cocok untuk internet TV. Paket internet yang cocok untuk internet tv adalah unlimited, namun jika pilihannya harus menggunakan paket kuota maka butuh paket dengan kuota minimal 10 GB per bulan. Jika masih menggunakan paket kuota 5 GB maka secepatnya naikan limit kuota itu. Kenaikan paket langganan internet tentunya akan menaikan anggaran bulanan anda.